Apa Saja yang Bisa Kamu Buat dengan Adobe Illustrator?

adobe illustrator

Bagi penggiat desain grafis, nama Adobe Illustrator tentu bukan nama yang asing lagi. Software yang satu ini kerap menjadi andalan para desainer untuk membuat gambar ilustrasi bahkan gambar 3D.

Meski identik dengan ilustrasi, software desain grafis satu ini juga bisa digunakan untuk membuat jenis desain lainnya. Berikut beberapa jenis desain yang bisa dibuat dengan Adobe Illustrator.

special40

1. Logo

Alasan kenapa banyak desainer grafis yang menggunakan Adobe Illustrator untuk membuat logo unik bukan semata-mata karena berbagai fitur yang tersemat di dalamnya. Software ini juga memungkinkan para desainer untuk membuat logo dalam format vektor.

Keuntungan terbesar dari gambar grafis yang dibuat dalam format vektor terletak pada resolusinya yang tidak banyak terpengaruh bahkan meski diperbesar atau diperkecil sebanyak apapun. Jadi meski diperbesar hingga berkali-kali, resolusi gambar takkan terpengaruh.

2. Infografis

Dibandingkan dengan konten tulisan, konten gambar memang lebih mudah dicerna audience. Hanya saja saat harus menyampaikan informasi dan data-data, gambar saja tidaklah cukup.

Untuk itulah dibuat infografis. Bisa dibilang infografis adalah perpaduan antara konten artikel dan gambar. Konten ini dibuat untuk memaparkan informasi kepada audience dengan cara yang lebih ringan tanpa mengurangi muatan informasi di dalamnya.

Infografis seperti ini pada dasarnya dapat dibuat dengan software desain grafis apapun. Meski demikian, cukup banyak desainer grafis yang lebih suka menggunakan Adobe Illustrator untuk membuatnya.

3. Print Ads

Meski saat ini adalah eranya pemasaran digital, pemasaran offline melalui poster, brosur, baliho dan spanduk tidak bisa sepenuhnya ditinggalkan. Pada bisnis dengan pasar lokal, pemasaran offline seperti ini justru dinilai lebih efektif.

Perlu diketahui, beberapa print ads memiliki ukuran yang sangat besar. Jadi jika resolusi desainnya kecil, besar kemungkinan hasil cetaknya akan pecah.

Hal seperti ini tidak akan dijumpai jika membuat desain dengan Adobe Illustrator, karena format desainnya adalah vektor, resolusi gambarnya tidak akan mengalami banyak penurunan meski dicetak di atas media yang cukup besar.

4. Desain Kemasan

Adobe Illustrator juga kerap digunakan untuk membuat desain kemasan. Kapasitas software ini dalam membuat gambar 3D ditambah dengan format vektor yang menjadi salah satu keunggulannya membuat banyak desainer kemasan menjadikan Adobe Illustrator sebagai salah satu senjata andalan mereka.

Fitur yang ada di dalamnya sudah sangat cukup untuk membantu para desainer bebas berkreasi.

5. Gambar 3D

Sebagian besar software desain grafis kini sudah dilengkapi dengan efek 3D. Akan tetapi saat berbicara tentang membuat gambar 3D, tidak banyak software desain grafis yang mampu mengerjakannya dengan sempurna. Keterbatasan fitur kerap menjadi kendalanya. Namun dengan Adobe Illustrator, Anda bisa membuatnya.

Adobe Illustrator sendiri memang cukup sering digunakan untuk membuat gambar 3 dimensi. Meski demikian, jangan dibayangkan bahwa software ini bisa digunakan untuk membuat desain arsitektur rumah. Jika ingin membuat objek 3D ataupun tulisan 3D, Adobe Illustrator bisa melakukannya.

6. Presentasi

Jika ingin membuat presentasi yang lebih dari biasanya, Adobe Illustrator memungkinkan Anda untuk melakukannya. Ada banyak pilihan font dan efek yang tersedia. Selain itu, fitur-fitur yang ada di dalamnya juga memungkinkan untuk berkreasi lebih jauh.

Meski Adobe Illustrator memiliki banyak keunggulan dan telah dibekali dengan berbagai macam fitur, menggunakannya adalah cerita yang berbeda. Butuh kreativitas dan kemampuan desain grafis yang memadai untuk menghasilkan desain yang bagus.

Namun jika Anda menginginkan solusi yang lebih mudah untuk membuat logo unik atau desain lainnya, masih ada desainer grafis lepas yang siap membantu Anda.

banner fastwork id

1 thought on “Apa Saja yang Bisa Kamu Buat dengan Adobe Illustrator?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *