Apa itu FTP dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Pengertian FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol internet yang digunakan untuk melakukan transfer informasi, data, maupun file yang terdapat pada satu komputer ke komputer lain dalam satu jaringan yang sama.

Karenanya FTP harus terdiri dari minimal 2 buah perangkat komputer yang saling terhubung dalam jaringan, yaitu server & client. Dalam proses kerjanya, FTP menggunakan koneksi TCP/IP menggunakan jalur komunikasi port 21.

Server berfungsi sebagai pusat data, sedangkan client merupakan perangkat yang bisa mendownload data pada server. Berdasarkan hak aksesnya, FTP dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu FTP user dan FTP anonymous.

Pada FTP user, client yang bisa mengakses server hanyalah yang sudah terdaftar saja. Sedangkan FTP anonymous memungkinkan semua user client bisa mengakses file-file yang disediakan server, asalkan terdaftar pada jaringan yang sama.

Alasan menggunakan FTP

Dari pengertian FTP diatas, kita tahu bahwa FTP memiliki fungsi untuk melakukan pertukaran file antara komputer server dan client.

FTP mendukung proses pertukaran data dengan ukuran sebesar apapun. Karena berada pada satu jaringan lokal, proses transfer data akan berjalan dengan sangat cepat, berbeda bila dengan proses download atau upload di internet.

Jalur komunikasi pada FTP tidak hanya 1 arah, tetapi mendukung komunikasi dua arah. Selain client bisa mengakses data yang disediakan oleh server, PC server juga bisa mengakses data yang di share oleh client.

Ini akan memudahkan proses komunikasi dan sharing data. Resiko kehilangan file bila gagal ditengah transaksi download/upload tidak akan dirasakan bila menggunakan FTP karena otomatis ter-back up.

Freebudies tidak usah risau tentang keamanan data. FTP server memiliki domain, ID user dan password bagi client yang harus diketahui client untuk bisa mengakses server.

Baca juga:  Cara Meningkatkan Domain Authority Website

Sederhananya, user harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari server bila ingin mengambil data dari server. Adanya tahap verifikasi tersebut, memberikan jaminan keamanan lebih dalam melakukan file sharing.

Untuk bisa menikmati berbagai manfaat FTP diatas, terlebih dahulu freebudies harus tahu cara menggunakan FTP.

Cara menggunakan FTP

Untuk bisa menikmati layanan FTP, freebudies harus menggunakan aplikasi FTP client. Ada berbagai aplikasi FTP client yang bisa digunakan freebudies secara gratis diantaranya Filezilla, Winscp, GFTP, dan lain sebagainya.

Diantara berbagai aplikasi FTP yang ada, Filezilla merupakan yang paling familiar. Filezilla terkenal dengan fiturnya yang lengkap, support pada berbagai sistem oprasi seperti linux dan windows, serta proses transisi data yang simultan.

Untuk dapat menggunakan FTP melalui aplikasi Filezilla, terlebih dahulu download aplikasi filezilla yang banyak tersedia baik di situs resmi, blog, ataupun website-website internet.

Bila sudah anda dapatan, kemudian install aplikasi Filezilla pada PC anda. Bila langkah tersebut telah dilakukan, freebudies bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Buka menu “Site Manager” yang berada di pojok atas sebelah kiri aplikasi filezilla.

Agar website atau situs freebudies bisa terdaftar pada filezilla, maka terlebih dahulu daftarkan situs freebudies ke “Site Manager” pada filezilla. Pilih menu “New Site”, kemudian isi identitas site sesuai dengan spesifikasi situs freebudies.

Bila konfigurasi telah selesai, kini filezilla freebudies siap untuk dihubungkan. Terlebih dahulu pastikan server dan client sudah terhubung jaringan. Pastikan juga pengaturan IP antara server dan client sudah benar sehingga saling terhubung.

Bila sudah kembali ke aplikasi Filezilla, pilih connect / OK untuk menghubungkan ke server FTP freebudies.

Masukan username dan password FTP sesuai dengan yang dimasukan pada konfigurasi sebelumnya. selamat freebudies sudah masuk kedalam Filezilla dan sudah tahu bagaimana cara menggunakan FTP server.

Baca juga:  Cara Install Theme Baru pada WordPress

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top