Apa Itu Print Design dan Jenis-jenisnya yang Paling Banyak Digunakan

apa itu print design

Memiliki acara atau akan menjual produk tentunya akan bersentuhan dengan marketing atau pemasaran. Salah satu istilah yang bakal sering didengar adalah desain cetak atau print design. Istilah ini biasanya mengacu pada hasil desain yang dimaksudkan untuk dicetak.

Hasil print design yang disediakan jasa digital printing online biasanya digunakan untuk berbagai keperluan, tapi fungsinya adalah untuk menopang pemasaran dan meningkatkan kesadaran merek.

Biasanya print design diaplikasikan pada media iklan luar ruang dan jenis cetakan lain. Berikut beberapa macam penerapan print design yang umumnya dilakukan oleh pengiklan.

Desain Iklan Cetak

Desain yang menarik perhatian jadi hal terpenting dalam materi cetak. Seorang desainer memang akan merancang desain lewat komputer, meski bisa saja hasilnya akan dicetak di beberapa jenis barang cetakan seperti brosur, selebaran, label, tas belanja, kartu nama, poster, sampul buku, bahkan kaos.

Kebanyakan desainer grafis yang bekerja menawarkan jasa print design akan mengerjakan tata letak majalah, sampul buku dan tata letak, katalog, kartu ucapan, pengemasan, cetakan tekstil, dan banyak lagi. Sama seperti desain banner iklan digital, misalnya, print design tetap berfungsi untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa.

Desain Kemasan dan Produk

Pernahkah Anda memperhatikan sebuah desain kemasan produk yang menarik mata, baik dari segi warna kemasan, huruf yang digunakan, maupun bentuknya? Kalau Anda jeli memperhatikannya, desain kemasan macam itu digarap untuk kepentingan pemasaran.

Desainer print akan menggunakan serangkaian stok gambar, kemudian menata komposisi layout untuk membuat kemasan jadi semenarik mungkin.

Inovasi dalam desain kemasan diharapkan dapat membantu konsumen untuk mengenal sebuah produk dengan baik. Sederhananya, kemasan produk berfungsi seperti sampul buku, yang mampu menarik konsumen untuk membelinya hanya dengan komposisi warna, objek, garis, dan lain sebagainya.

Desain Banner

Desain banner atau spanduk dirancang untuk keperluan luar ruang, dan biasanya menggunakan lembar kain, vinyl, terpal, bahkan kertas mengkilap. Pernah melihat poster produk tertempel di sebuah spot banner di pinggiran perempatan jalan? Itulah salah satu jenis penerapan desain banner.

Jenis macam itu tidak hanya digunakan untuk tujuan branding atau promosi produk, tapi juga untuk keperluan iklan layanan masyarakat dan informasi tentang sebuah event.

Banner luar ruang awalnya dibuat menggunakan teknik yang menggunakan tulisan tangan atau dilukis menggunakan cat. Namun sekarang semua proses produksi desain dilakukan secara digital, yang mempercepat proses dan memungkinkan layanan desain spanduk profesional dan hasil kualitas terbaik.

Brosur dan Flyer

Perusahaan sering membutuhkan brosur tercetak untuk menyajikan informasi tentang layanan dan produk yang dijual ke konsumen. Desain brosur dicetak pada lembaran kertas yang dilipat, dan biasanya digunakan untuk mempromosikan bisnis/event/produk langsung ke target audiens.

Brosur dan selebaran jadi sejenis print design konvensional dan masih digunakan sampai sekarang. Selain itu biaya produksinya relatif murah namun cukup efektif karena dapat langsung dibagikan di jalan, sehingga jangkauan pemasarannya bisa jadi lebih luas.

Desain Baju

Desain pada baju dapat dicetak untuk tujuan apapun, mulai dari produk souvenir band, cinderamata pertunjukan musik, kaos band, souvenir wisata, hingga kaos untuk perusahaan. Desain kaos biasanya dicetak di sisi depan, tapi juga dapat dicetak di bagian depan dan belakang atau di lengan melalui printer tekstil.

Demikianlah jenis-jenis print design yang masih kerap digunakan di era digital seperti sekarang. Untuk keperluan tertentu seperti pembuatan company profile tercetak untuk dibagikan ke calon klien, jenis jasa desain macam ini tentu masih dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *