Apa itu Proofreading? Ini Hal yang Perlu Anda Ketahui

Apa itu proofreading? Bagi yang bergelut di dunia tulis-menulis, istilah proofreading tentu bukanlah sebuah hal yang asing. Proofreading merupakan salah satu tahapan dalam penulisan sebelum akhirnya dapat dipublikasikan.

Para penyedia jasa proofreading atau yang terkadang disebut sebagai proofreader memiliki peran krusial bagi para penulis dan karyanya. Untuk lebih memahami tentang proofreading, simak ulasan berikut.

special40

Apa itu proofreading?

Proofreading atau kadang disebut dengan uji-baca adalah membaca ulang sebuah tulisan, tujuannya adalah untuk memeriksa apakah terdapat kesalahan dalam teks tersebut.

Kesalahan yang dimaksud di sini termasuk kesalahan penggunaan tanda baca, ejaan, konsistensi dalam penggunaan nama atau istilah, hingga pemenggalan kata.

Anda mungkin merasa jika tahapan pembacaan ini sama saja dengan editing yang dilakukan oleh para editor. Namun, sebenarnya keduanya berbeda.

Editing lebih fokus pada aspek kebahasaan, sedangkan proofreading selain aspek kebahasaan, juga harus memperhatikan isi atau substansi dari sebuah tulisan.

Jadi, proofreading tidak sekadar menyoroti kesalahan tanda baca atau ejaan, tetapi juga logika dari sebuah tulisan, apakah sudah masuk di akal atau belum.

Tugas seorang proofreader

Dari poin sebelumnya, Anda sudah bisa mengetahui bahwa tugas seorang proofreading bukan hanya membetulkan ejaan atau tanda baca. Seorang proofreader juga harus bisa memastikan bahwa tulisan yang sedang ia uji-baca bisa diterima logika dan dipahami.

Ia harus dapat mengenali apakah sebuah kalimat efektif atau tidak, susunannya sudah tepat atau belum, hingga memastikan jika substansi sebuah tulisan dapat dipahami oleh pembaca.

Katakanlah seorang proofreader mendapatkan tugas untuk menguji-baca sebuah teks terjemahan. Output yang dihasilkannya adalah sebuah teks yang mudah dipahami meski bagi orang yang tidak mengetahui bahasa asal teks terjemahan tersebut.

Baca juga:  Mengapa Desainer Grafis Sangat Penting bagi Bisnis Travel?

Kesimpulannya, tugas seorang proofreader adalah untuk membuat teks mudah dipahami pembaca dan tidak kehilangan substansi awalnya.

Mengapa harus melakukan proofreading?

Proofreading merupakan tahapan penulisan yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. Terutama jika Anda berniat untuk menerbitkan karya tulis kepada khalayak luas. Seorang proofreader akan membantu Anda untuk mengoreksi apakah ada kesalahan dalam tulisan.

Anda mungkin akan kesulitan menemukan kesalahan tersebut karena pada dasarnya memang sulit untuk memisahkan penulis dengan karyanya. Kemungkinan besar Anda akan merasa tulisan tersebut sudah benar dan layak terbit.

Namun, proofreader bersifat netral, ia tentu memiliki pengalaman dan pengetahuan yang berbeda dengan Anda. Seorang proofreader akan menilai karya Anda secara objektif.

Ia akan bertindak sebagai seorang “pembaca” dan menilai apakah karya tulis Anda sudah bisa dimengerti atau justru berbelit-belit. Harapannya, setelah melewati tahapan proofreading, karya Anda bisa lebih mudah dipahami pembaca.

Terhubung dengan penyedia jasa proofreading

Ingin melakukan proofreading untuk tulisan-tulisan Anda? Tidak perlu khawatir, saat ini sudah ada banyak tenaga penyedia jasa proofreading. Ada yang menjadi in-house proofreader untuk perusahaan penerbitan, ada juga yang memilih untuk menjadi freelance proofreader. Bagi Anda yang tidak ingin terlalu terikat, freelance proofreader adalah opsi yang paling tepat.

Freelance proofreader akan membantu Anda dalam melakukan proofreading tanpa harus berhubungan dengan perusahaan penerbitan. Untuk terhubung dengan para freelance proofreader, gunakan Fastwork.id.

Fastwork terhubung langsung dengan ribuan penyedia jasa profesional yang berpengalaman di bidangnya, termasuk untuk urusan proofreading. Tunggu apa lagi, segera bergabung dengan Fastwork.id untuk terhubung dengan proofreader terbaik dan berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top