Apa itu User Interface? Ini Pengertian Lengkapnya

Apakah Freebuddies penasaran mengapa web atau blog terlihat sepi pengunjung? Selain itu rating di mesin pencarian juga buruk sehingga tidak dapat diketahui dengan mudah oleh masyarakat luas.

Mungkin bukan karena kontennya buruk, pembahasan kurang lengkap atau masalah lainnya melainkan karena pengelolaan User Interface yang kurang maksimal.

Jika ingin tau lebih lengkap tentang apa itu User Interface, ini pengertian lengkapnya!

Apa Pengertian dari User Interface?

Banyak orang belum tau, sebetulnya apa yang dimaksud dengan User Interface atau UI? Jika Freebuddies tertarik dengan bidang programming maka UI merupakan salah satu hal yang penting dipelajari.

Bagian ini menjadi salah satu bentuk dari visual website, device hardware, ataupun aplikasi software dengan tujuan memastikan user melakukan interaksi secara online.

Kemudian mengecek bagaimana penyampaian informasi dari web kepada pengguna, mulai dari tampilan, fitur, navigasi, dll.

Fungsi dan tujuan dari User Interface

Secara garis besar tujuan atau fungsi penggunaan User Interface yaitu mengembangkan usability dan meningkatkan traffic website.

Ketika Freebuddies mengelola blog atau situs tertentu maka ingin sekali menarik perhatian pembaca bukan? Terlebih lagi jika digunakan sebagai sarana bisnis, terutama kegiatan marketing sehingga sebaiknya mencari calon konsumen sebanyak mungkin.

Dari situlah UI sangat diperlukan supaya masyarakat luas tertarik melihat dan mengakses situs tersebut.

Salah satu bagian dari UI paling utama yang wajib diperhatikan adalah desain situs. hampir semua orang pertama kali melihat tampilan luar terlebih dahulu, jika menarik mereka akan lanjut membaca informasi tersedia.

Namun apabila dirasa kurang bagus, desainnya buruk serta tidak menarik sama sekali maka akan ditinggalkan begitu saja.

Alhasil web Freebuddies menjadi sepi serta ratingnya sangat rendah sehingga tidak memenuhi ekspektasi sebelumnya.

Desain dalam bagian User Interface akan menentukan bagaimana pengguna internet melakukan interaksi dalam aplikasi maupun suatu situs.

Selain itu juga menentukan tingkat kepuasan mereka, apakah sudah memenuhi standar penggunaan, navigasinya mudah, fitur lengkap atau sebagainya.

Fungsi lain dari UI adalah untuk memilih jenis customer base agar mengetahui kualitas dari website yang dikelola, apakah sudah baik atau harus diperbaharui kembali.

Bagaimana menentukan User Interface yang baik?

Frebuddies dapat mengetahui UI tersebut sudah memenuhi standar atau tidak dengan memahami karakteristiknya.

Ada beberapa macam hal harus diperhatikan apabila ingin memiliki User Interface yang bagus untuk menaikkan traffic sekaligus kualitas suatu web.

Adapun beberapa karakteristik tersebut akan dijelaskan sebagai berikut!

1. Harus jelas

Apabila mempunyai UI dengan penjelasan lengkap dan detail maka memudahkan pengguna internet ketika mencari informasi sesuai kebutuhan.

Proses interaksi terhadap web tersebut meningkat setiap harinya karena banyak masyarakat tertarik mengunjunginya.

2. Konsisten

Sulit rasanya menemukan situs online dengan informasi konsisten sehingga membantu pembaca menjelajahi segala informasi di dalamnya.

Contoh saja seperti program pada Microsoft dimana perusahaan tersebut menciptakan berbagai jenis aplikasi dan software namun navigasi serta elemennya tetaplah konsisten.

3. Singkat dan padat

Tidak sedikit pengguna web dan blog memberi penjelasan sangat panjang sampai beberapa halaman. Tujuan mereka ingin mengupas tuntas suatu konten serta informasi tetapi beberapa pembaca menganggapnya berlebihan dan sedikit membingungkan.

Terlebih lagi jika menggunakan kalimat panjang, berbelit-belit, tidak langsung pada inti permasalahan sehingga akan membuang banyak waktu untuk membacanya.

4. Bersifat responsif

Dalam hal ini UI mempunyai dua macam tujuan berbeda yaitu responsif berarti memberikan akses cepat saat akses ke website.

Kemudian memberikan pemberitahuan pada user mengenai hal-hal yang ada dalam laman tersebut, seperti teks yang muncul otomatis ketika mereka gagal mengklik tombol tertentu.

Itulah informasi singkat mengenai apa itu User Interface dan pengertian lengkapnya sehingga Freebuddies bisa memahami dengan baik.

Setiap website tentu menerapkan UI berbeda-beda, ada yang lengkap dan memenuhi standar namun beberapa diantaranya berpenampilan buruk.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *