Apa Itu Web Hosting dan Mengapa Kamu Membutuhkannya

apa itu web hosting

Web hosting penting untuk mengembangkan situs agar peformanya lebih bagus. Melalui sistem ini, ratusan jenis informasi akan tersimpan seperti artikel, produk jualan, video atau gambar, dan lain sebagainya.

Tak sampai disitu, media tersebut akan memengaruhi kualitas dan tingkat kebutuhan website yang dikelola, apakah sudah memenuhi standar atau masih perlu dikembangkan lagi.

Agar lebih paham, perhatikan penjelasan apa itu web hosting dan mengapa Freebuddies membutuhkannya.

Apa itu web hosting?

Pengertian dari web hosting belum terlalu dipahami oleh sebagian besar masyarakat. Padahal jika ingin membuat suatu situs besar untuk kegiatan bisnis sebaiknya mempelajari tentang hal tersebut agar mampu mengetahui apa saja kegunaannya.

Jadi hostingan merupakan sebuah tempat menyimpan berbagai jenis data online, seperti kode CSS, script PHP, atapun halaman website lainnya.

Setiap pengguna dunia maya diperbolehkan mengakses jaringan internet secara bebas melalui komputer atau smartphone.

Sementara itu media penyimpanan hostingan tadi disediakan oleh perusahaan dengan jasa khusus. Pihak tersebut memberikan server untuk menampung semua data dengan berbagai ketentuan atau kebijakan, salah satunya membayar biaya jasa dalam jangka waktu tetentu.

Freebuddies dapat menyimpan data-data penting dengan kapasitas sangat besar dengan praktis, nyaman dan aman. Ditambah lagi jika perusahaan tersebut berkualitas dan memberi beragam pelayanan maksimal.

Mengenai jenisnya sendiri ada beberapa macam dimana punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jadi pengguna dapat menentukan hosting website berdasarkan kebutuhan sehari-hari, untuk berbisnis, mengelola laman pribadi, atau sekedar menyebarkan informasi.

Adapun jenis yang sering ditawarkan oleh penyedianya seperti free hosting, VPS web hosting, cloud hosting, colocation dan dedicated server, managed web hosting, dan colocation web hosting.

Fungsi penting web hosting

Ketika Freebuddies mempelajari perihal web hosting maka nanti bisa memahami secara pasti kebutuhan dalam penggunaan website.

Terlebih lagi jika tujuannya untuk mengelola situs resmi sebagai media marketing atau transaksi bisnis online. Ada berbagai macam fungsi utama hosting dan alasan mengapa Frebuddies sangat membutuhkannya ketika ingin mengelola web untuk beragam kepentingan.

Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Menyimpan Data dalam Kapasitas Besar

Tahukah Freebuddies berapa besar kapasitas ruang penyimpanan data pada sistem hosting? Ukurannya bisa berbeda-beda bergantung pada permintaan klien saja, mulai dari hitungan Giga sampai ribuan Terabytes atau mungkin lebih.

Itulah alasannya kenapa bagian tersebut seringkali disebut sebagai perpustakaan data online karena digunakan untuk menyimpan website milik perusahaan, organisasi, individual atau pengguna lain.

2. Membuat Web Selalu Online

Apa jadinya kalau website yang Freebuddies kelola untuk kebutuhan bisnis, pekerjaan atau hal penting lainnya mati begitu saja?

Bukan hanya resiko data-data akan menghilang melainkan masyarakat luas kehilangan akses mencari informasi di dalamnya sehingga membuat target tidak juga tercapai.

Dengan menggunakan web hosting maka website tersebut selalu aman karena senantiasa dalam keadaan online selama perusahaan atau penyedia servernya tidak mengalami kendala.

3. Mudah Mencari Informasi

Masyarakat atau pengguna web lebih dimudahkan ketika melakukan kegiatan browsing dan mencari informasi yang diperlukan.

Bahkan Freebuddies dapat berbagi macam-macam jenis data kepada pengguna lain, contohnya seperti gambar, artikel, video, link, berita, dan sebagainya.

Itulah tentang pengertian apa itu web hosting dan mengapa Freebuddies membutuhkannya Tips paling utama adalah mencari perusahaan penyedia server tersebut yang sudah berpengalaman dan berkualitas agar resiko kerusakan data bisa diminimalisir.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *