Kemampuan Desain Grafis yang Bisa Kamu Pelajari Secara Otodidak

belajar desain grafis

Jika Anda sering membayangkan menciptakan sebuah desain visual di waktu luang anda, mengapa tidak mencoba berkarir di industri desain grafis dengan coba-coba mempelajari motion graphic?

Supaya bisa menjadi seorang desainer grafis handal, Anda bisa mempelajarinya secara formal. Akan tetapi kini ada juga pilihan dimana Anda bisa mempelajari desain grafis secara otodidak.

Di era teknologi informasi yang mutakhir ini, anda bisa mempelajari desain grafis dari media manapun, mulai dari situs-situs yang fokus pada tema “how to” hingga video tutorial di YouTube.

Berikut ini adalah beberapa kemampuan desain grafis yang bisa anda pelajari sendiri tanpa mesti mengikuti pendidikan formal dan bisa menjadi usaha sampingan yang menguntungkan untuk Anda.

Mengedit Gambar atau Foto dengan Photoshop

Fakta bahwa seluruh dunia sedang bergerak ke arah digitalisasi kehidupan tidak bisa dipungkiri. Para desainer tergantung pada teknik-teknik manual untuk memanipulasi gambar atau foto.

Tapi sekarang kehadiran aplikasi seperti Photoshop offline dan Photoshop online mempermudah segalanya. Anda bisa mempelajari cara kerja aplikasi tersebut dengan menonton video tutorial Photoshop yang sekarang sangat mudah ditemukan.

Setelah merasa bisa, coba manfaatkan skill satu ini untuk mengedit gambar apapun yang Anda miliki. Kalau Anda bisa menaikkan kemampuan Photoshop sampai tingkat mahir, pintu pekerjaan sebagai digital imaging artist terbuka lebar.

Menciptakan Ilustrasi atau Karakter Visual

Kemampuan melukis atau menggambar dengan kreatif pun juga termasuk dalam ranah pekerjaan sebagai desain grafis. Jika anda merasa memiliki potensi yang cukup tinggi di bidang menggambar, mengapa tidak mencoba menciptakan ilustrasi orisinil anda sendiri?

Untuk mengasah kemampuan ilustrasi, Anda tidak perlu mengambil pendidikan formal. Anda bisa mengikuti workshop menggambar yang berkala diadakan oleh komunitas seni. Atau kalau Anda tidak punya waktu mengikuti workshop, tutorial dasar menggambar bisa ditonton dengan mudah melalui kanal Youtube.

Apa untungnya bagi Anda? Saat ini banyak industri game mencari ilustrator berbakat untuk membantu menciptakan karakter game yang dibutuhkan industri. Perbanyak portofolio ilustrasi Anda dan jangan pernah berhenti menggambar.

Mendesain Baju atau Kaos dengan Keahlian Desain Grafis

Desain produk seperti baju atau kaos juga termasuk dalam ranah desain grafis. Anda bisa melakukannya dengan cara menciptakan desain kaos langsung dengan tangan atau menggunakan aplikasi seperti Corel Draw maupun aplikasi lain.

Nah, hasil gambar itu nantinya akan dicetak ke atas kaos menggunakan teknik sablon! Apabila desain kaos Anda menarik, Anda bisa mulai membuka bisnis clothing line dengan menggunakan brand fashion baju anda sendiri.

Mendesain Logo

Mendesain sebuah logo membutuhkan trik tersendiri. Untuk mendesain sebuah logo memang anda tidak memerlukan pendidikan secara formal, namun di sisi lain anda memerlukan sense yang tinggi akan identitas dari brand yang akan anda buat logonya.

Jadi yang perlu Anda latih adalah kepekaan untuk mengolah dan menampilkan segala jenis informasi ke dalam logo brand yang biasanya sederhana dan tidak rumit. Dan satu lagi, Anda juga mesti berlatih membuat logo yang ikonik dan mudah diingat.

Kemampuan-kemampuan desain grafis yang disebutkan di atas tadi merupakan kemampuan yang penting diasah dan harus terus diasah. Kalau Anda berhasil mengasah dan meningkatkan kemampuan desain, Anda bisa mulai bekerja sebagai desainer grafis.

Pada akhirnya keahlian seseorang terkadang tidak cuma bisa dibangun lewat pendidikan formal. Kalau bisa otodidak, kenapa tidak?

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *