8 Alasan Mengapa Bisnis UKM Perlu Membuat Website

Jika kamu adalah pemilik bisnis dan berencana untuk membuat website tapi masih ragu-ragu dalam memilih jasa pembuatan website, maka artikel ini sangat tepat untuk kamu.

Berikut beberapa alasan mengapa situs web yang baik, dirancang secara profesional, menarik perhatian, meningkatkan penjualan, dan mampu membedakan merek dagang sangat penting artinya untuk kemajuan bisnis kamu di era digital.

special40

1. Konsumen tidak akan melirik perusahaan tanpa adanya website

Di era digital seperti sekarang ini, website menjadi aset pemasaran nomor satu bagi para pelaku bisnis. Berdasarkan data yang dikutip dari laman Blue Corona, Inc, rata-rata orang Amerika menghabiskan 23,6 jam online per minggu dan menggunakan perangkat seluler mereka hingga lima jam per hari.

Itulah mengapa konsumen saat ini mengharapkan perusahaan untuk menunjukkan keberadaannya secara online, salah satunya dengan menggunakan website.

Untuk masa yang akan datang, konsumen bisa saja menganggap perusahaan yang tidak memiliki situs web sebagai perusahaan yang tidak profesional. Meski terbilang kecil tentunya kamu tidak ingin bila bisnis yang sedang kamu geluti dianggap kurang profesional karena tidak memiliki situs web bukan.

2. Konsumen mencari bisnismu via online

Salah satu manfaat memiliki website untuk bisnis kecil adalah perusahaan bisa menjangkau konsumen di mana mereka berada. Saat ini, sekitar 97 persen orang menemukan bisnis lokal dengan online, dan 93 persen pengalaman online dimulai dari mesin pencari.

Itulah sebabnya banyak pelaku bisnis merasa perlu untuk berinvestasi di situs web dengan SEO (search engine optimization).

Percaya atau tidak, ada sekitar 3,5 milyar pencarian di Google setiap harinya, dan saat ini ada seseorang di wilayah kamu yang sedang online dan mencari layanan persis seperti yang kamu tawarkan. Jika tidak memiliki website, sudah bisa dipastikan mereka bukan konsumen kamu.

Baca juga:  10 Hal yang Harus Dimiliki Website eCommerce

3. Konsumen menggunakan situs web untuk menemukan dan kemudian terlibat dalam bisnis

Menurut laporan LSA (Local Search Association) pada April 2017 terkait “The Digital Consumer Study,” 63 persen konsumen terutama menggunakan situs web perusahaan untuk menemukan dan terlibat dengan bisnis.

Angka yang terbilang besar ini bila digabungkan dengan fakta bahwa 93 persen pengalaman online dimulai dari search engine maka kamu bisa mengkalkulasi sendiri jumlah konsumen yang akan terjaring oleh bisnismu.

4. Transaksi komersial dalam setiap bidang industri dipengaruhi oleh oleh konten situs web digital

Sebagian besar perusahaan yang tidak memiliki situs web menyebutkan bahwa industri mereka tidak online sebagai alasan pembenaran. Alasan klasik ini terutama sering dijumpai pada pemilik bisnis di bidang B2B, pabrik dan manufaktur.

Apa yang selama ini mereka yakini sebagai alasan yang benar nyatanya sangat menyesatkan. Tahukah kamu jika 75 persen konsumen B2B mengakui bahwa konten situs web digital sangat mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli, dan 62 persen menyebut mereka bisa menyelesaikan kriteria seleksi pembelian hanya dari konten digital situs web tersebut. Fakta yang tak kalah mencengangkan, sekitar 67 persen pembelian di industri pabrik dan manufaktur dipengaruhi oleh digital.

5. 75 persen konsumen mengaku membuat penilaian tentang kredibilitas sebuah perusahaan berdasar pada desain situs web

Tidak memiliki situs web akan membuat konsumen tidak mempercayai bisnis kamu. Hal ini diperkuat dengan fakta 2018 lalu yang menyebut 75 persen orang mengaku membuat penilaian atas kredibilitas perusahaan berdasarkan desain situs web.

Orang lebih cenderung melakukan bisnis dengan perusahaan yang mereka percayai, dan situs web adalah tempat pertama yang mereka kunjungi untuk memeriksa kredensial, ulasan, dan penghargaan.

Baca juga:  Apa itu FTP dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Meski demikian, desain situs web yang buruk sama sekali tidak akan menarik minat konsumen untuk bertransaksi.

6. Keperluan menjawab pertanyaan dasar dengan cepat

Siapa kamu? Apa yang kamu tawarkan? Bagaimana saya bisa menghubungi kamu?

Tiga pertanyaan dasar ini harus bisa terjawab dalam tiga detik setelah konsumen mendarat di situs web kamu. Itu artinya, situs web perusahaan kamu harus bisa menjawab setiap pertanyaan tersebut tanpa membiarkan pengguna menggulir ke bawah halaman sama sekali.

Seperti diketahui, konsumen di zaman sekarang ini menginginkan informasi yang bisa mereka dapatkan dengan cepat dan situs web kamu harus bisa memenuhi harapan mereka.

7. Situs web membantu mengalahkan “Goliath” dalam bisnis

Tahukah kamu bahwa memiliki situs web dapat membantu kamu untuk mengalahkan para Goliath dalam persaingan bisnis? Semua hal mungkin saja terjadi terutama jika kamu mampu mengoptimal situs web untuk pencarian.

Sebagai contoh Villa Lagoon Tile yang tidak memiliki public showroom namun nyatanya mampu bersaing ketat dengan toko-toko besar dan bertahan berkat situs web mereka dan posisi mereka yang menonjol di halaman hasil pencarian.

8. Pamor media sosial yang semakin merosot

Jika kamu berpikir tidak perlu memiliki situs web karena perusahaan sudah ada di Facebook, maka anggapan ini mesti secepatnya dirubah. Memiliki halaman Facebook memang perlu tapi setiap bisnis harus memiliki situs web agar lebih mudah dijangkau konsumen.

Saat ini, semakin sulit bagi bisnis untuk terhubung dengan pengguna sosial media tersebut. Selain jangkauan organik yang turun drastis setelah pembaruan algoritma Facebook, orang-orang menghabiskan 50 juta jam lebih sedikit di platform tersebut pada 2018 dibandingkan tahun sebelumnya.

Sosial media memang dapat membantu bisnis untuk tumbuh, tapi jangan menggunakannya sebagai saluran pemasaran tunggal bisnis kamu, terutama di masa depan. 

Baca juga:  8 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Pengembangan Aplikasi Mobile

Sosial media memang dapat membantu bisnis untuk tumbuh, tapi jangan menggunakannya sebagai saluran pemasaran tunggal bisnis kamu, terutama di masa depan. 

Tidak ada kata terlambat. Jika butuh jasa pembuatan website untuk bisnis, saat ini juga kamu bisa menghubungi Fastwork. Sebagai platform jasa freelance terbaik di Asia Tenggara yang mampu menghubungkan konsumen dengan freelancer yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Tentunya jasa pembuatan website yang ditawarkan oleh Fastwork dikerjakan oleh developer freelance yang sudah berpengalaman di bidang desain web. So, jangan tunda lagi! Segera wujudkan impianmu untuk memiliki website yang profesional dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top