Cara Bekerja Sama dengan Influencer untuk Bisnis Anda

jasa influencer

Semakin banyak brand memanfaatkan jasa influencer untuk mempromosikan bisnis mereka. Sesuai namanya, influencer adalah orang yang dapat mempengaruhiorang lain agar tertarik dengan suatu brand. Caranya dengan mengunggah konten di media sosial atau blog tentang brand tersebut.

Para influencers ini memiliki hubungan yang cukup spesial dengan para followers mereka. Dengan memanfatkan jasa influencer, Anda pun berkesempatan untuk tambah follower dan meningkatkan penjualan. Agar kerja sama dengan influencer bisa berjalan baik, pastikan hubungan Anda dan influencer tersebut juga baik. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan!

Sejumlah tips mencari jasa influncer yang sesuai bisnis

Agar digital marketing atau campaign berjalan sesuai ekspektasi, terlebih dulu Anda harus mencari influencer yang tepat. Jadi, ke depannya nanti kerja sama pun bisa berjalan lebih lancar. Ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Tentukan target audiens Anda, coba segmentasikan berdasarkan beberapa kategori seperti usia, jenis kelamin, lokasi tempat tinggal, lifestyle, dan ketertarikannya.
  • Riset influencer, pastikan audiens atau followers mereka juga sejalan dengan demografi yang ingin Anda jangkau. Caranya bisa dengan menggunakan hashtag, mengetikkan keywords di Google, atau bertanya pada rekan-rekan yang sebelumnya pernah menggunakan jasa influencer.
  • Cek kualitas konten dan feed yang dibagikan oleh influencer, apakah sesuai dengan tone dan pesan yang ingin Anda sampaikan. Cari tahu juga bagaimana engagement influencer selama ini, apakah mereka sering berinteraksi dengan followers atau tidak.

Hindari menghubungi secara tiba-tiba

Sudah mengantongi nama influencer yang akan Anda ajak kerja sama? Jangan terburu-buru menghubunginya melalui e-mail atau direct message (DM). Sebaiknya Anda follow dulu semua akun media sosialnya dan sesekali meninggalkan komentar pada postingan mereka.

Ingatlah bahwa influencer bekerja keras menyediakan konten menarik, sama seperti bisnis Anda. Jadi, jika Anda ingin influencer mengetahui bisnis Anda, maka Anda juga harus memiliki ketertarikan yang sama terhadap hal-hal yang ia lakukan. Bahkan jika perlu, Anda juga bisa datang ke salah satu event yang dihadiri oleh influencer untuk “mengenal” dia lebih dalam.

Dalam memilih media untuk menghubungi influencer pun tidak boleh sembarangan. Setiap influencer pasti memiliki preferensi masing-masing. Coba cek kembali profil media sosialnya. Jika ia mencantumkan alamat e-mail, kemungkinan besar melalui media itulah ia paling merasa nyaman menjalin komunikasi terkait penawaran bisnis.

Biarkan influencer mempertimbangkan keputusannya dulu

Setelah menghubungi influencer, biarkan saja ia mempertimbangkan keputusannya. Jangan berulang kali menghubunginya kembali untuk follow-up, apalagi jika Anda melakukannya setiap hari. Niat Anda mungkin baik, yakni untuk mengingatkan influencer, tetapi hal tersebut justru malah akan membuat influencer merasa dikejar.

Berikan saja waktu selama beberapa hari agar influencer dapat berpikir matang. Jika memang ia tertarik dengan penawaran dan ingin bekerja sama dengan Anda, ia pasti akan kembali menghubungi Anda. Dengan begini pula, Anda juga telah menciptakan hubungan yang bersifat human dengan influencer, bukan hanya sekadar hubungan brand dan klien yang ingin menggunakan jasa influencer. Mereka juga pasti akan merasa lebih dihargai.

Berikan kebebasan pada influencer untuk berkarya

Last but not least, berikan kebebasan kepada influencer untuk berkarya. Saat Anda memilih jasa influencer dari orang tertentu, artinya Anda percaya kepada orang tersebut untuk memberikan konten tentang bisnis atau brand Anda. Perlu diingat kembali bahwa setiap influencer pasti memiliki gaya tersendiri dalam menyampaikan konten. Jadi, biarkan perbedaan tersebut menjadi keunikan positif untuk bisnis Anda.

Bukan berarti Anda lepas tangan begitu saja. Tentu Anda juga wajib memberikan brief sebelum influencer membuat konten. Lalu, beri waktu yang masuk akal kepada influencer untuk meracik kontennya. Sebelum diunggah, coba lakukan pengecekan terakhir untuk memastikan konten tersebut sudah sesuai brief.

Lebih dari sekadar cara untuk tambah follower, jasa influencer membantu Anda menjangkau audiens dengan cara yang lebih personal dan interaktif. Berbekal cara-cara di atas, semoga Anda bisa menjalin kerja sama yang baik dengan influencer pilihan Anda. Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *