5 Cara Membuat Aplikasi Mobile Sendiri dengan Mudah

cara membuat aplikasi mobile

Apakah freebudies pernah terfikirkan untuk berbisnis membuat aplikasi HP, tetapi tidak mengetahui cara mengembangkan mobile apps / Aplikasi Seluler? Dalam artikel ini, fastwork akan menjelaskan bagaimana caranya.

Secara umum, mobile apps dibuat oleh developer (Startup) internal atau eksternal. Developer internal merupakan pencipta platform aplikasi, sedangkan developer eksternal adalah pihak yang melakukan pengembangan agar platform yang sudah diciptakan bisa digunakan.

Keuntungan menjadi developer mobile app

Keuntungan sebagai pencipta / pengembang mobile apps sangat tinggi. Secara umum, pendapatan seorang programmer level junior saja sudah mencapai 8-15 juta rupiah.

Semakin banyak pengalaman, semakin tinggi pendapatan yang diterima. Bila dirincikan, sebenarnya ada tiga sumber utama pendapatan seorang pengembang mobile apps.

Secara umum ada 3 sumber pendapatan utama seorang developer yaitu dari penjualan aplikasi, investor, dan terahir iklan.

Kita mulai saja dari sumber keuntungan developer yang pertama, yaitu penjualan aplikasi. Maksudnya adalah seorang developer menjual aplikasi yang sedang dikembangkanya kepada developer lain sebelum dipublikasikan ke publik.

Biasanya, developer yang membeli aplikasi tersebut akan menambahkan fitur-fitur lain agar lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Nilai jual sebuah aplikasi saja bisa mencapai jutaan atau bahkan ratusan juta. Ini tentu angka yang sangat besar.

Selanjutnya, pemasukan juga bisa berasal dari investor. Jika investor menyetujui proposal aplikasi yang freebudies kembangkan.

Total kucuran dana bisa mencapai ratusan juta rupiah. Dan sumber pemasukan terahir bagi developer mobile apps adalah dari iklan yang dipasang pada aplikasi yang dikembangkan.

Bila aplikasi didaftarkan pada Google AdMob, pemasukan iklan tidak hanya dari pihak pemasang iklan saja, tetapi juga dari pihak Google AdMob sendiri.

Cara membuat mobile app

Potensi pemasukan yang didapat oleh seorang developer aplikasi diatas tentu sangat menggiurkan. Bila freebudies tertarik untuk mengambil kesempatan ini, fastwork membagikan beberapa cara untuk memulai kesuksesan freebudies.

1. Native

Ini merupakan cara yang paling dasar yaitu dengan menulis coding aplikasi untuk setiap perangkat ponsel seperti Java untuk Android dan Swift untuk iOS.

Untuk melakukanya, freebudies tentu harus memahami bahasa pemrograman terlebih dahulu.

2. WebViews

Ini merupakan langkah awal untuk membuat aplikasi hybrid yang pada dasarnya adalah sebuah website yang ada dalam sebuah aplikasi.

Contoh hasil aplikasi dengan cara ini adalah Ionic. Namun cara ini memiliki kelemahan dimana pengalaman pengguna sangat bergantung kepada komunikasi dengan penyedia layanan asli.

3. Flutter

Cara mengembangkan mobile apps dengan metode Flutter adalah dengan membagi runtime JvaScript dan mengkomplikasi kode asli agar kompatibel di berbagai platform. Metode ini akan menghasilkan aplikasi yang ringan dan memiliki kinerja yang optimal.

4. React native

Pada dasarnya, cara ini adalah dengan menggunakan sebuah widget yang membantu freebudies untuk menulis kode Javascript yang sudah disesuaikan dengan sintax coding (aturan penulisan bahasa program).

Sama seperti metode WebViews, metode React native menggunakan runtime JavaScript. Hanya saja, tidak menggunakan protokol HTML ataupun WebViews.

Walaupun metode ini menghilangkan kelemahan utama dari metode WebViews, namun secara prinsip masih bergatung pada Javascript “Bridge”.

5. Progressive web apps

Yang terahir adalah dengan menggunakan aplikasi Web Progresif. Metode ini tergolong berbeda dengan metode selainya.

Aplikasi Web Progresif / Web API memungkinkan jangkauan komunikasi yang lebih luas antara website dengan perangkat daripada sebelumnya.

Hal tersebut memungkinkan aplikasi bisa dijalankan secara offline. Sayangnya, teknologi ini masih berupa keyakinan dari para pengamat yang akan hadir suatu saat nanti sebagai alternatif cara mengembangkan mobile apps yang paling ideal.

banner fastwork id


Dapatkan dan sewa jasa freelancer terbaik yang tersedia di platform marketplace penyedia jasa Fastwork. Temukan jasa terkait lainnya seperti jasa pembuatan aplikasi Androidjasa pembuatan aplikasi IOSjasa pembuatan softwarejasa pembuatan game, dan juga jasa pembuatan website untuk membantu memenuhi kebutuhan Anda. Cari freelance yang sesuai dengan keinginan Anda dan komunikasikan hal-hal yang Anda butuhkan dengan freelancer melalu fitur chat yang sudah terintegrasi di Fastwork!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *