Cara Membuat Blog di WordPress dengan Mudah

cara membuat blog

Freebuddies yang budiman, kesempatan kali ini kita bakal membahas mengenai cara atau tahapan membuat blog menggunakan WordPress yang mudah.

Banyak juga masyarakat mengeluh karena cara tersebut begitu sulit di mana WordPress sendiri memiliki aturan serta persyaratan rumit dan terkesan merepotkan.

Beberapa pengguna berhasil memiliki sebuah situs sendiri dan membagikan beberapa macam postingan. Akan tetapi masalah terjadi ketika mereka kesulitan mengelolanya dengan baik, seperti menambahkan fitur baru, menghubungkan dengan media sosial, meningkatkan rating, dan lain sebagainya.

Tentu saja hal tersebut tidak akan memberikan perkembangan sama sekali dan blog akan terlihat sama saja bahkan pengunjungnya sangat sedikit.

Ternyata apabila Freebuddies mau belajar dan memahami proses pembuatan blog di WordPress maka tahapannya tak sesulit itu. Hanya saja dibutuhkan waktu serta proses lebih panjang karena terdapat macam-macam hal perlu diurus dari awal hingga akhir.

Dengan begitu blog akan terlihat lebih profesional, menarik dan canggih sehingga mampu memudahkan segala keperluan Freebuddies.

Misalnya seperti dipakai untuk sarana berbagi ilmu atau pengalaman, menghasilkan uang Dollar, berbisnis afiliasi, menjual produk maupun jasa.

Bagaimana cara membuat blog di WordPress?

Supaya lebih paham dan tidak mengalami kesulitan lagi maka sebaiknya Freebuddies perhatikan dulu tips berikut. Di sini akan diberikan tahapan membuat blog menggunakan WordPress yang mudah dan cepat.

1. Install WordPress pada hosting

Terlebih dahulu tentu saja harus menginstal WordPress di paket hosting yang telah dimiliki sebelumnya. Untuk pemasangan secara manual maka unduh file tersebut dan buatlah database sekaligus hak bagi para penggunanya sekaligus.

Upload WordPress yang sudah diekstrak ke akun hosting Freebuddies dengan nama domain sendiri. Jalankan instalasi dengan membuka laman URL dan ikuti saja tahapannya sampai selesai.

2. Pengaturan dasar WordPress

Apabila sudah terinstal dengan baik maka selanjutnya harus melakukan pengaturan terlebih dahulu. Ada begitu banyak menu, tombol serta syarat yang harus dipenuhi agar standarnya sesuai kebutuhan Freebuddies.

Caranya yaitu buka menu setting – general dan masukkan judul, tagline serta data penting lainnya. Cek juga beberapa informasi lain dan tinggal diedit atau diubah saja jika belum sesuai kehendak.

Apabila telah selesai maka klik save changes. Tahapan selanjutnya mengatur bagian kolom komentar dengan cara klik setting – discussion dan centang saja beberapa perintah yang diinginkan.

Mengenai tautan maka Freebuddies dapat memasuki menu dengan memilih setting – permalinks. Sudah terdapat beragam rekomendasi jenis URL sehingga bisa disesuaikan sendiri nantinya.

3. Pilih tema WordPress

Kemudian perhatikan juga tampilan dari blog tersebut dengan memilih tema WordPress menarik sekaligus berbeda dari milik orang lain.

Sudah disediakan beberapa pilihan template gratis tetapi terbatas serta kurang bagus sehingga pengguna bisa mendownload sendiri.

Caranya yaitu membeli tema blog secara online, membayar jasa web developer, dan lain sebagainya.

4. Install plugin yang dibutuhkan

Gunakan plugin WordPress sesuai keperluan saja, jangan terlalu banyak karena dapat menganggu tampilannya. Adapun beberapa diantaranya yang gratis yaitu Jetpack, Akismet, Yoast SEO, Wordfence Security, dan lainnya.

5. Posting tulisan pertama kamu

Selanjutnya atau tahapan akhir adalah mulai menulis postingan pertama. Sebaiknya gunakan topik terbaik atau berdasarkan passion sehingga selalu bersemangat membuat artikel baru serta mengelolanya sendiri.

Caranya mudah saja karena menu disana sudah sangat jelas yaitu klik bagian post – add new dan mulailah membuat tulisan bombastis!

Itulah tahapan membuat blog menggunakan WordPress yang mudah bagi para pengguna pemula. Selain itu Freebuddies juga sebaiknya memperlajari bagaimana cara mengelola blog tersebut sebaik mungkin, mulai dari konten cerita, tema tiap postingan, pengaturan tampilan dan lain sebagainya.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *