Cara Membuat Voice Over Menjadi Lebih Profesional

Voice over adalah teknik produksi audio yang terpisah dari narasi awalnya. Umumnya, voice over digunakan untuk menekankan unsur nuansa nada serta emosi. Anda bisa menemukan penggunaan voice over pada beragam konten audio visual seperti film hingga tayangan dokumenter.

Para content creator yang menghasilkan karya audio visual pun banyak yang memanfaatkan voice over. Apakah Anda salah satunya? Berikut ini beberapa cara membuat voice over agar terdengar lebih profesional.

special40

Atur volume dan kejelasan suara

Anda tentu ingin para pendengar dapat mendengarkan dan memahami informasi yang Anda berikan melalui voice over. Agar suara Anda benar-benar dapat didengar, aturlah volume serta kejelasan suara sebelum melakukan voice over.

Pastikan Anda tidak mengeluarkan suara yang terlalu pelan sehingga terdengar seperti gumaman. Hindari juga bersuara terlalu lantang karena bisa menimbulkan kesan berisik dan mengganggu.

Coba tanyakan pendapat orang di sekitar Anda, seperti apa volume yang nyaman didengar. Berlatihlah dengan ukuran tersebut. Di samping itu, Anda juga sebaiknya mengatur jarak antara posisi Anda dengan microphone. Jangan mendekat ke arah microphone saat bersuara keras. Sebaliknya, mendekatlah ke microphone saat bersuara pelan.

Perhatikan pelafalan kata

Selain dipengaruhi faktor volume suara, kejelasan voice over Anda juga dipengaruhi oleh pelafalan kata atau pronunciation. Pastikan Anda melafalkan kata per kata dalam voice over dengan tepat. Jika merasa ragu, Anda dapat bertanya atau mengecek langsung pelafalan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Sedikit tips, sebaiknya Anda membuat script atau naskah saat akan melakukan voice over. Naskah tersebut akan berfungsi sebagai sebuah pedoman. Dengan adanya naskah, Anda juga bisa melatih pelafalan kata sebelum melakukan voice over. Cara seperti ini selalu dilakukan oleh para voice over profesional.

Baca juga:  Cara Membuat Video Animasi dalam 6 Langkah

Hindari berbicara terlalu cepat

Beberapa orang berbicara dengan cepat saat mereka sedang merasa antusias. Akibatnya, saat mereka bercerita justru sulit untuk dipahami. Apakah Anda salah satunya? Maka cobalah untuk menghilangkan kebiasaan tersebut.

Tentu akan membingungkan pendengar jika tiba-tiba Anda berbicara cepat saat menyampaikan informasi yang menarik. Untuk itu, pastikan Anda mengatur tempo bicara saat melakukan voice over.

Anda juga sebaiknya memperhatikan intonasi bicara. Gunakan naskah yang sudah dibuat untuk menandai seberapa cepat tempo yang harus diambil dan intonasi seperti apa yang dibutuhkan. Dengan begitu, suara Anda bisa terdengar lebih teratur saat melakukan voice over.

Pilih lokasi yang tepat sebelum melakukan voice over

Lokasi juga menentukan kualitas voice over Anda. Pilihlah lokasi yang sunyi atau tidak terlalu bising. Tujuannya tidak lain adalah supaya voice over Anda benar-benar tertangkap microphone dan alat perekam. Jika memungkinkan, lakukanlah voice over di sebuah ruangan yang kedap suara.

Namun, jika tidak, ruangan yang tenang seperti kamar tidur saja sudah cukup. Pastikan juga lokasi yang Anda pilih akan minim gangguan. Voice over akan terdengar kacau jika di tengah-tengah sesi tiba-tiba ada gangguan suara lain.

Itulah beberapa cara membuat voice over menjadi terdengar lebih profesional. Namun, jika masih merasa belum percaya diri dengan kemampuan sendiri, Fastwork.id siap menghubungkan Anda dengan tenaga penyedia voice over profesional.

Fastwork.id terhubung langsung dengan para tenaga penyedia jasa voice over independen yang berpengalaman di bidangnya. Tingkatkan kualitas konten audio visual Anda bersama voice over dari Fastwork,id!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top