3 Cara Mencari Freelancer yang Cocok untuk Usaha Kamu

cara mencari freelancer

Hi Freebuddies, apakah kamu salah satunya yang sedang mencari jasa freelancer terbaik dengan pengalaman dan keahlian yang spesifik?

Karena saat ini banyak perusahaan startup yang lebih condong untuk mencari freelancer dibandingkan mempekerjakan karyawan atau full-time employee.

Hal ini dikarenakan mencari freelancer atau pekerja paruh waktu lebih cost-effective dibandingkan full-time employee. Belum lagi proses hiring, untuk merekrut karyawan baru kerap kali memakan waktu yang cukup lama.

Namun, mencari seorang freelancer yang cocok bisa menjadi suatu hal yang cukup sulit. Tapi kamu tak perlu khawatir, ada banyak situs penyedia jasa freelance di Indonesia dan salah satu yang terbaik adalah Fastwork.

Fastwork adalah platform freelance no.1 di Asia Tenggara dengan ribuan freelancer terdaftar di dalamnya. Mencari kerja atau jasa freelance semakin mudah, cepat dan gak ribet.

Seperti beberapa langkah sederhana berikut ini.

hire sekarang

1. Kunjungi website Fastwork

Tentu hal pertama yang harus kamu lakukan yakni kunjungi website Fastwork di fastwork.id. Lalu, kamu bisa daftar dengan mudah menggunakan akun Google atau Facebook milikmu.

Untuk mempermudah kamu dalam memilih freelancer di Fastwork, pilih kategori yang berhubungan dengan lowongan kerja freelance yang sedang dicari.

Tersedia banyak freelancer profesional, mulai dari web developer, desainer logo, ilustrasi, penerjemah dokumen, penulis artikel, fotografer, dan masih banyak lagi.

Selain itu, pada bagian kategori kamu bisa memfilter harga sesuai budget. Mulai dari jasa yang termurah sampai yang paling mahal.

Berkaitan dengan itu, Fastwork selalu memberikan promo menarik untuk setiap pengguna pertama. Jadi kamu bisa mendapat diskon atau potongan harga untuk proyek pertama kamu.

2. Lihat portfolio dan profil freelancer

Selanjutnya, kamu bisa langsung mengecek profil para freelancer dengan pengalaman yang berbeda-beda. Jika ada freelancer yang cocok dengan kebutuhanmu, kamu bisa langsung menghubungi mereka melalui fitur chat di website Fastwork.

Atau kamu juga bisa mempelajari portfolio mereka terlebih dulu bila belum yakin untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Artinya kamu dapat meminta freelancer tersebut untuk menjelaskan apa yang dia kerjakan dan pencapaian lainnya.

Paling tidak, kamu juga bisa melihat ulasan atau review dari klien mereka sebelumnya terkait proyek yang telah dikerjakan. Hal ini cukup penting untuk mengetahui kredibilitas atau track record freelancer tersebut.

Tentunya jangan lupa mengecek apakah freelancer tersebut telah terverifikasi, kapan terakhir freelancer tersebut online, dan apakah durasi pekerjaannya cocok dengan timeline yang sudah kamu rancang.

3. Diskusikan pekerjaan dengan detail

Setelah kamu telah berhasil memilih freelancer yang menurut kamu cocok, kamu bisa langsung mulai berdiskusi melalui fitur chat untuk membahas ide, karya, ekspektasi, dan hasil yang kamu inginkan.

Mungkin ada baiknya bila kamu mengadakan interview singkat terlebih dahulu dengan calon freelancer, untuk mengetahui apakah mereka akan cocok dengan pekerjaan yang akan diberikan.

Karena sifat pekerjaan freelance yang fleksibel, carilah freelancer yang menurutmu memiliki rasa disiplin yang cukup tinggi. Setelah itu, kamu bisa melakukan pembayaran ke sistem Fastwork yang sudah pasti aman.

Freelancer akan mulai bekerja, dan setelah hasil karyamu telah diterima, Fastwork Indonesia akan meneruskan pembayaranmu ke freelancer.

Jangan khawatir bila freelancer tidak mengerjakan pekerjaan sesuai dengan kontrak di awal, Fastwork hanya akan meneruskan pembayaran jika kamu sudah puas dengan pekerjaan si freelancer.

Kamu bisa membaca panduan cara menggunakan Fastwork untuk lebih jelas dan membuatmu merasa aman.

Jika semuanya sudah selesai, jangan lupa untuk memberikan review kepada freelancer! Feedback darimu tentu akan membantu pengguna lain dalam mencari freelancer yang tepat.

Kesimpulan

Untuk memastikan semua proyek yang dikerjakan berjalan secara mulus, pastikan komunikasi kamu dengan freelancer juga berjalan dengan baik.

Biasakan untuk memperkenalkan diri, jelaskan kebutuhan bisnismu, dan tujuan dari pekerjaan yang akan diberikan kepada freelancer. Jika memungkinkan, tanyakan juga kapan saja mereka bisa diajak diskusi secara langsung.

Jangan lupa juga untuk memastikan kedua belah pihak mengerti akan deadline dan juga timeline penting dalam pekerjaan.

Komunikasikan juga ekspektasimu kepada freelancer secara lugas dan objektif. Hal ini dilakukan agar mencegah miskomunikasi atau kesalahpahaman kedua belah pihak nantinya.

Gimana, sangat mudah kan? Hanya ikuti langkah di atas dan kamu bisa langsung mendapatkan freelancer pilihanmu. Selamat mencoba ya, Freebuddies!

banner fastwork id

Sumber:
Fastwork.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *