5 Cara Mengelola Tim Kerja Freelance Secara Remote

cara mengelola tim kerja freelance

Dewasa ini sistem kerja yang dimiliki oleh seroang freelancer adalah sistem kerja jarak jauh atau biasa dikenal dengan istilah remote. Keuntungan menjadi freelancer adalah ia dapat bekerja di mana saja dan kapan saja.

Lalu bagaimana jika kamu adalah pemiliki perusahaan yang mengelola tim kerja freelancer dari jarak jauh? Tidak perlu khawatir pada kesempatan kali ini kami akan membantu freebuddies untuk bisa melakukannya.

Silahkan simak informasi mengenai 5 cara efektif untuk mengelola tim kerja freelance secara remote di bawah ini.

1. Hati-hati dalam merekrut freelancer

Freebuddies harus berhati-hati dan teliti dalam merekrut freelancer untuk dapat bergabung dengan tim. Pastikan terlebih dahulu biografi freelancer tersebut, apakah benar sesuai dengan perusahaan kamu atau tidak.

Pastikan pula kemampuan yang ia miliki sesuai dengan kualifikasi yang kamu harapkan dari para pekerja freelancer yang kamu miliki. Inilah satu dari 5 cara efektif untuk mengelola tim freelance jarak jauh yang perlu kamu lakukan.

2. Perkenalkan semua hal tentang perusahaan

Cara yang selanjutnya adalah jika sudah bergabung kamu harus membuat freelancer tersebut mengenal perusahaan kamu lebih dalam. Beritahu semua hal tentang syarat dan ketentuan yang dimiliki perusahaan.

Lalu mulailah untuk memberikan pengenalan terhadap sistem kerja yang kamu inginkan. Beritahu juga hak dan kewajiban apa saja yang akan didapatkan oleh para freelancer tersebut.

Setelah kamu memastikan bahwa freelancer sudah mengerti semua hal tentang perusahaan yang kamu miliki maka mulailah untuk memberikannya job pertama untuk melihat kualitas dan kuantitas yang dimiliki oleh pekerja tersebut.

3. Buat deadline yang masuk akal

Seorang freelancer biasa bekerja dengan deadline. Namun cara lainnya dari 5 cara efektif untuk mengelola tim freelance jarak jauh yang paling tepat adalah memberikan deadline yang masuk akal.

Jangan terlalu membebani para freelancer atau membuat freelancer terlalu santai. Kamu harus membuat deadline yang paling sesuai dan tentunya masuk akal.

Hal ini bertujuan agar freelancer juga tidak akan merasa terlalu terbebani dengan pekerjaan yang kamu berikan. Beri jarak deadline yang sesuai dengan kemampuan atau ketentuan yang diberikan oleh perusahaan kamu.

4. Manfaatkan kecanggihan teknologi yang ada

Kecanggihan teknologi saat ini bisa memperpendek jarak yang freebuddies miliki dengan para freelancer. Kamu bisa memanfaatkan media komunikasi yang telah disediakan oleh interner.

Apakah itu menggunakan e-mail, atau sosial media lain yang memiliki fungsi yang sama. Kamu bisa menjaga komunikasi secara tidak langsung dengan para freelancer yang kamu miliki.

Jika ada yang tidak dipahami oleh para freelancer kamu dapat menjelaskannya dengan mudah. Kamu juga dapat bertanya mengenai progress pekerjaan yang sedang dikerjakan oleh freelancer tersebut.

Menjaga komunikasi adalah langkah paling penting untuk megelola freelancer yang bekerja dengan jarak yang jauh.

5. Buat mereka merasa dihargai dan didukung

5 cara efektif untuk mengelola tim freelance jarak jauh yang terakhir adalah kamu harus membuat semua freelancer merasa bahwa pekerjaan yang sudah ia selesaikan itu baik.

Kamu juga harus menyampaikan dukungan pada para freelancer dengan bahasa yang baik. Bahkan jika memang ada freelancer yang berkualitas kamu dapat memberikan pujian atau bahkan hadiah yang sesuai dengan prestasi atau pekerjaan yang telah ia kerjakan dengan sempurna.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 5 cara efektif untuk mengelola tim freelance jarak jauh. Semoga bermanfaat untuk para freebuddies yang membutuhkan.

banner fastwork id

Sumber:
99designs: 9 steps to managing a remote freelance team effectively

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *