Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat untuk Pemula

Ada banyak cara untuk membuat hidup Anda menjadi lebih praktis. Salah satunya adalah dengan mengetik 10 jari. Dengan mengetik 10 jari, Anda bisa menghasilkan tulisan lebih cepat karena tidak harus melihat keyboard lagi.

Namun, kemampuan ini sayangnya tidak dimiliki semua orang. Ingin memiliki kemampuan ini? Berikut cara mengetik 10 jari dengan cepat khusus untuk para pemula.

special40

Atur postur tubuh saat mengetik

Sebelum Anda belajar mengetik 10 jari, aturlah postur tubuh dengan tepat. Postur tubuh akan sangat memengaruhi Anda saat mengetik. Postur tubuh yang salah hanya akan membuat Anda tidak nyaman dan kesulitan mengetik.

Jika dijadikan kebiasaan, postur tubuh yang salah saat mengetik bahkan berpotensi menimbulkan cedera, seperti cedera pada otot punggung.

Postur tubuh yang tepat saat mengetik adalah duduk tegap. Pastikan punggung Anda ada dalam posisi lurus. Usahakan siku tangan tertekuk dalam sudut 90°.

Jangan lupa juga untuk mengatur jarak antara mata dengan layar komputer. Jarak yang disarankan adalah antara 45-70 cm. Jangan terlalu dekat atau jauh karena bisa membuat mata lelah.

Posisi jari yang tepat

Langkah awal mengetik 10 jari adalah dengan mengatur posisi jari. Pastikan jari-jari Anda berada pada posisi yang tepat sebelum mengetik. Letakkan jemari tangan kanan di key J, K, dan L dengan urutan jari telunjuk, tengah dan manis.

Sedangkan jemari tangan kiri di key A, S, D, dan F dengan urutan jari kelingking, manis, tengah, dan telunjuk. Posisi ini disebut dengan home row atau baris rumah. Ini karena baris tersebut merupakan posisi awal dalam teknik mengetik 10 jari.

Untuk memudahkan Anda, biasanya pada bagian F dan J keyboard ada sebuah garis timbul. Gunakan tanda tersebut untuk menempatkan jemari Anda sebelum mengetik tanpa harus melihat keyboard.

Gerakan jari saat mengetik

Teknik typing 10 jari memang unik. Cara ini akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih cepat selesai, tetapi cukup sulit untuk dijadikan kebiasaan. Walaubegitu, bukan berarti Anda tidak bisa melatihnya.

Baca juga:  4 Cara Menjadi Penerjemah Freelance yang Handal

Kuncinya adalah selalu memperhatikan gerakan jari saat mengetik. Usahakan jari Anda selalu bergerak sesuai dengan tempatnya dan tidak berlebihan.

Dalam teknik typing 10 jari, setiap jari punya tugasnya masing masing. Misalnya, jari telunjuk sebelah kanan bertugas untuk menekan key J, M, U, Y, H, dan N. Sedangkan kedua jempol tangan bertugas untuk menekan key Spasi. Jadi pastikan gerakan jemari Anda terbatas pada key yang memang menjadi bagiannya saja, ya.

Jangan berhenti berlatih

Saat awal belajar mengetik 10 jari, Anda mungkin akan merasa kesulitan. Hal tersebut wajar karena cara mengetik Anda selama ini sudah menjadi sebuah kebiasaan. Untuk mengubah kebiasaan yang sudah mengakar jelas bukanlah sebuah perkara yang mudah.

Anda sebaiknya rutin berlatih. Ambil sebuah teks untuk diketik ulang. Tingkatkan level kesulitannya saat Anda sudah merasa bisa. Latihan seperti ini akan membiasakan otot tangan Anda untuk bergerak sesuai dengan teknik 10 jari saat sedang mengetik.

Itulah beberapa cara mengetik 10 jari yang bisa Anda coba. Masih kesulitan mempraktikkan teknik 10 jari saat mengetik padahal Anda sedang membutuhkan jasa ketik yang cepat?

Fastwork.id akan menghubungkan Anda dengan penyedia jasa ketik/typing yang andal. Kami memfasilitasi Anda untuk dapat merekrut langsung tenaga penyedia jasa pengetikan independen yang sudah berpengalaman. Tunggu apa lagi? Segera terhubung dengan Fastwork.id!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top