5 Cara Terbaik dalam Menggunakan Video untuk Bisnis

edit video bisnis

Salah satu masalah utama pelaku bisnis adalah menciptakan buzz di awal kemunculan bisnis, terutama ketika kompetisi bisnis online semakin ketat. Walau sulit, bukan berarti tidak ada cara menaikkan valuasi bisnis.

Memanfaatkan video marketing jadi salah satu cara yang bisa dipilih. Pemilik bisnis bisa menggunakan jasa freelancer untuk memperoleh video marketing yang diinginkan. Kalau punya kemampuan dalam video, beberapa aplikasi edit video online seperti Animatron, WeVideo, dan Kizoa juga bisa dipilih.

Rasanya lebih mudah menyewa jasa freelancer guna membantu melakukan edit video bisnis. Lagipula, ada banyak freelancer yang bisa Anda manfaatkan jasanya untuk itu. Namun terkait dengan video marketing, ada lima jenis video biasanya digunakan untuk kepentingan marketing.

Company Profile

Company profile atau company story video adalah jenis video yang bagus untuk memperkenalkan tim, budaya, dan filosofi bisnis kepada calon pelanggan.

Umumnya video company profile digunakan untuk menciptakan kepercayaan, pertimbangan pembelian, serta loyalitas. Jadi pastikan Anda mampu menawarkan video yang mampu menyentuh perasaan calon pelanggan.

Video Tutorial

Video tutorial diperlukan jika produk atau layanan yang Anda jual masih terlihat asing di konsumen sehingga mereka butuh penjelasan lebih tentang bagaimana menggunakannya.

Jenis video satu ini umumnya digunakan untuk menarik perhatian pada calon konsumen baru, menjelaskan produk atau layanan, atau menjelaskan fitur baru dari sebuah aplikasi.

Pelaku bisnis di bidang industri apps, blockchain, education, healthcare, dan fintech biasanya kerap membuat video macam ini.

Video Testimoni

Video testimoni umumnya berisi pendapat konsumen atas sebuah produk. Banyak contoh brand yang melakukan edit video cut-to-cut per adegan kemudian menggabungkan hasilnya menjadi satu, namun tidak jarang juga ada video yang hanya merekam testimoni satu konsumen dan mengisahkan momennya.

Video macam ini biasanya jadi semacam studi kasus yang menunjukkan pengalaman pengguna ketika memakai produk tertentu. Video testimoni biasanya berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan atas sebuah produk.

Animated Explainer Video

Animasi biasanya digunakan untuk menjelaskan latar belakang sebuah produk, keunggulannya, fitur-fiturnya, dan bagaimana konsumen bisa bereksperimen langsung dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Jadi fungsinya relatif sama seperti jenis video live-action, namun penyajiannya menggunakan gambar animasi.

Video jenis ini sangat populer digunakan di negara-negara maju. Animated explainer video merupakan metode visual yang kerap digunakan untuk menjelaskan bagaimana kerja layanan cloud computing, bagaimana sebuah aplikasi bekerja membantu konsumen memesan makanan, dan lain sebagainya.

Walau biasanya video animasi membutuhkan budget yang lebih besar, namun efek jangka panjangnya pun lebih bagus, terlebih untuk kepentingan branding.

Video Komersial

Video komersial memuat konten iklan untuk mendorong konsumen melakukan pembelian. Video jenis ini harus sesingkat mungkin atau berdurasi kurang dari 30 detik, dengan konten yang tidak bertele-tele. Video iklan atau komersial biasanya ditempatkan pada iklan di TV, videotron, Youtube Ads, FB Ads, atau Instagram Ads.

Mengonsep video komersial butuh tema yang cepat dan fokus, sebab kalau bertele-tele, konsumen tidak segan untuk memencet tombol skip. Video jenis ini bagus untuk meningkatkan daya tawar produk yang dihasilkan bisnismu.

Demikianlah lima jenis video marketing yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan valuasi bisnis yang sedang Anda jalankan. Jangan lupa bahwa Anda tidak perlu menggunakan semua jenis video yang ada.

Alih-alih melakukan itu, Anda bisa memilih satu jenis video yang paling sesuai dengan kebutuhan marketing Anda.


Dapatkan dan sewa jasa freelancer terbaik yang tersedia di platform marketplace penyedia jasa Fastwork. Temukan jasa terkait lainnya seperti jasa freelance voice overfreelance sound engineer, freelance video editorjasa video shooting, dan juga jasa viral tiktok untuk membantu memenuhi kebutuhan Anda. Cari freelance yang sesuai dengan keinginan Anda dan komunikasikan hal-hal yang Anda butuhkan dengan freelancer melalu fitur chat yang sudah terintegrasi di Fastwork!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *