5 Cara Terbaik Meningkatkan Efektivitas Banner Ads

Desain banner yang kreatif dan menarik lebih berpotensi menggiring orang untuk melakukan klik. Dari semua pengunjung yang melakukan klik tersebut, setidaknya 70% diantaranya akan memutuskan untuk melakukan pembelian.

Respond rate banner digital yang mencapai 33% lebih tinggi dibandingkan billboard juga menjadi alasan lain kenapa alat pemasaran ini begitu diminati. Namun tentu saja, efektivitas seperti ini hanya dapat diperoleh jika banner ads dimanfaatkan dengan cara yang tepat.

Sertakan Branding dalam Banner Ads

Banner ads yang efektif mampu menyampaikan apa yang dipromosikannya dengan jelas. Misalnya saja jika banner ads tersebut digunakan untuk mempromosikan sebuah produk, pastikan bahwa orang yang melihatnya memahami itu.

Namun jika yang ingin dipromosikan adalah merek, buat merek tersebut agar terlihat paling menonjol. Tentu saja, akan lebih menguntungkan jika desain banner online lebih menonjolkan merek dibandingkan produk yang dijual. Cara ini juga lebih menguntungkan untuk jangka panjang.

Desain Menarik adalah Daya Tarik Utama Banner Ads

Iklan banner adalah iklan yang lebih menonjolkan desain grafis atau dengan kata lain gambar. Karena itu, desain menarik adalah unsur penting yang harus ada di dalamnya.

Meski demikian, desain banner tetap harus disesuaikan dengan produk, layanan atau merek yang dipromosikan. Lebih jauh lagi, desain tersebut juga harus terlihat serasi dengan website tempat banner tersebut akan dipasang dengan tetap membuatnya terlihat menarik.

Buat Konten Teks yang Menarik dengan Pesan yang Jelas

Meski gambar mampu menyampaikan banyak hal, ada beberapa hal lain yang tidak bisa dipahami hanya dengan gambar saja. Konten teks di dalamnya juga turut melengkapi desain banner sekaligus membantu menjelaskan hal-hal yang perlu dijelaskan secara lebih detail.

Baca juga:  Apa Itu Print Design dan Jenis-jenisnya yang Paling Banyak Digunakan

Konten teks dari banner ads harus dibuat sesingkat dan sejelas mungkin. Masukkan unsur persuasif di dalamnya. Dengan cara ini, orang yang melihatnya akan lebih terdorong untuk melakukan apa yang menjadi tujuan dibuatnya banner ads tersebut.

Sesuaikan dengan Audience dan Konteks

Iklan yang bagus adalah iklan yang tertarget. Ada audience spesifik yang diincar di sana. Banner ads juga demikian. Agar iklan banner lebih efektif, desain banner juga harus disesuaikan dengan audience yang menjadi target.

Sangat penting bagi pelaku bisnis untuk memahami apa yang menjadi pertimbangan dari audience. Tetapkan juga konteks dari iklan banner tersebut. Dengan cara ini, tingkat konversi banner ads juga akan meningkat.

Buat Desain Banner yang Konsisten dengan Aset Marketing Lainnya

Dalam memasarkan produk, layanan ataupun merek, pelaku bisnis tentu tidak hanya bergantung pada satu alat marketing. Sangat bisa dimaklumi jika pelaku usaha menggunakan beberapa cara untuk meningkatkan awareness target pasarnya, karena banyaknya cara yang digunakan, terkadang ada yang terlupa. Karena itu konsistensi aset marketing kerap kali terabaikan.

Setiap aset marketing yang digunakan harus terhubung antara satu dengan yang lain. Harus ada konsistensi di dalamnya. Misalnya saja terkait dengan penggunaan warna ataupun gaya bahasa. Pembuatan desain banner online harus dilakukan dengan memperhatikan itu semua.

Efektivitas banner ads sangat ditentukan oleh desain banner dan pesan yang terkandung di dalamnya. Sayangnya, tidak mudah untuk membuat banner seperti ini. Setidaknya butuh kemampuan desain dan copywriting yang baik.

Sebagai pelaku bisnis, Anda tentu tidak harus melakukannya seorang diri. Anda bisa memesan desain dari jasa desainer profesional. Namun jika Anda mencari layanan yang lebih terjangkau, ada juga freelancer yang mampu memberikan desain banner yang Anda inginkan.

Baca juga:  5 Cara Membangun Brand Bisnis yang Kuat dan Efektif

banner fastwork id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top