Cara Menjadi Penulis Lepas Profesional yang Sukses

cara menjadi penulis lepas

Hampir setiap freelancer ingin menjadi penulis. Namun sebenarnya tidak semua orang sanggup mewujudkan cara menjadi penulis lepas agar bisa kerja dari mana saja.

Freebuddies juga bebas memilih pekerjaan freelance selain menulis yang sesuai dengan keahlian.

Namun, menulis lepas memang menjadi karier menjanjikan bagi yang berminat. Ada banyak penulis berbakat yang menjadikan pekerjaan freelance menulis sebagai sumber penghasilan utama.

Dan mereka bisa hidup dengan nyaman dari pendapatan tersebut.

Memahami dunia penulis lepas

Apa itu penulis lepas?

Penulis adalah seseorang yang mengolah kata-kata menjadi sesuatu yang bermakna, menghibur, mendidik dan informatif.

Penulis lepas adalah seorang penulis yang menulis untuk proyek secara kontrak maupun proyek lepas untuk perusahaan atau pribadi.

Penulis lepas bebas bekerja untuk siapa saja dan berapapun kliennya, baik itu pribadi maupun perusahaan. Penulis lepas juga memilih sendiri proyek yang ingin dikerjakan.

Serta bebas mengerjakannya dari mana saja. Bisa di rumah ataupun sambil traveling ke seluruh dunia.

Keahlian Dasar yang Harus Dimiliki Penulis Lepas

Paham tata bahasa dan ejaan

Ini adalah keahlian wajib untuk seorang penulis lepas. Bahkan tulisan yang bagus sekalipun bisa jadi kacau bila ada kesalahan dalam tata bahasa dan ejaannya. Freebuddies akan kesulitan menjadi penulis jika tidak menguasai tata bahasa serta ejaan dengan baik.

Menguasai proofreading

Freebuddies perlu memastikan bahwa tulisan yang dibuat sudah tepat tata bahasa dan ejaannya. Jadi perlu untuk selalu mengoreksinya kembali setelah menulis.

Bila perlu seorang penulis lepas bisa menggunakan jasa khusus seorang proofreader. Namun akan lebih baik jika memiliki kemampuan ini sendiri.

Memahami tentang riset

Penulis diharapkan tahu akan segala hal. Asumsinya mereka menjadi orang yang paling mengerti tentang topik yang dibahas dalam tulisan.

Ini menjadi tanggung jawab besar bagi penulis. Sehingga kemampuan untuk meneliti dan memahami sumber referensi sangat dibutuhkan.

Komunikasi

Sebagai penulis lepas Freebuddies harus berkomunikasi secara intens dengan klien, editor, dan orang lainnya setiap hari.

Termasuk memberikan pengertian kepada keluarga dan orang terdekat saat Freebuddies disibukkan dengan aktivitas menulis. Sehingga komunikasi menjadi suatu keterampilan yang harus dimiliki.

Bersikap profesional

Selalu profesional termasuk cara menjadi penulis lepas agar bisa kerja dari mana saja. Profesionalisme adalah bagian penting dalam kesuksesan berkarier.

Saat dihadapkan pada klien Freebuddies perlu bersikap profesional setiap saat. Yang terpenting ialah mampu mematuhi tenggat waktu atau deadline jangan sampai telat.

Cara menjadi penulis lepas untuk pemula

Memilih jenis tulisan yang dikuasai

Tulisan ada banyak jenisnya. Mulai dari konten situs web, artikel blog, copywriting yang persuasif, ghostwriting menulis untuk orang lain, berita, dan majalah.

Setiap platform tersebut memiliki gaya tulisan yang berbeda-beda. Setelah memahaminya, sesuaikanlah pilihan dengan keahlian Freebuddies.

Membuat website pribadi

Setiap penulis lepas profesional sudah seharusnya memiliki situs web pribadi. Karena sekaligus menjadi media untuk portofolio Freebuddies.

Selain itu situs web pribadi membuktikan Freebuddies adalah penulis yang kredibel dan terpercaya.

Menentukan tarif dan mencari Klien

Freebuddies bisa mencari tahu di internet berapa kisaran tarif penulis lepas, bisa berdasarkan jam kerja atau jumlah kata. Kemudian, mulailah mencari klien.

Langkah awalnya bisa melalui kenalan terlebih dulu. Seperti teman, saudara dan relasi kerja. Tanyakan apakah mereka membutuhkan penulis untuk company profile, konten situs web, dan sebagainya.

Bergabung dengan komunitas

Bergabunglah dengan komunitas penulis untuk terus belajar meningkatkan kualitas tulisan. Freebuddies bisa berbagi pengalaman dengan penulis lain.

Serta jika beruntung bisa mendapatkan proyek menulis dari klien yang juga tergabung dalam komunitas tersebut.

Demikianlah cara menjadi penulis lepas agar bisa kerja dari mana saja. Good luck!

banner fastwork id

Sumber:
Fulltimenomad: How to Become a Freelance Writer & Travel The World

1 thought on “Cara Menjadi Penulis Lepas Profesional yang Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *