Cari Kerja Freelance Selagi Kerja Kantoran, Kenapa Tidak?

Di era digital dan globalisasi kini, cari kerja freelance menjadi hal yang banyak diminati. Selain dimudahkan karena perkembangan teknologi, kerja sampingan bisa menjadi sumber pemasukan tambahan dari pemasukan utama kamu sebagai pekerja kantoran.

Ya, nyatanya pekerjaan freelance bisa dilakukan siapapun tanpa perlu meninggalkan pekerjaan utama mereka.

Untuk kamu pekerja kantoran yang masih ragu untuk mulai karir sebagai freelancer, berikut adalah alasan mengapa kamu harus memulai kerja freelance selagi masih kerja kantoran!

1. Jam kerja freelance yang fleksibel

Dari berbagai peluang pekerjaan sampingan untuk menambah pemasukan tambahan, menjadi freelancer adalah salah satu pilihan pekerjaan sampingan yang memiliki jam kerja yang paling fleksibel sehingga tak akan mengganggu pekerjaan kantoran utamamu.

Hal ini dikarenakan kamu adalah bos untuk pekerjaanmu sendiri, dan kamulah yang mengatur bobot pekerjaan serta hal-hal lain yang ingin kamu lakukan.

Untuk itu, saat mulai freelancing sebagai sampingan, ketahuilah kapasitas pekerjaan dan juga durasi yang kamu butuhkan sehingga kamu bisa memilah-milah kerja freelance yang paling tepat dengan jam dan kapasitas kerja paling sesuai dengan bobot yang sudah kamu miliki di kerja kantoran milikmu sekarang.

Namun, tetaplah berhati-hatilah untuk tidak mengambil terlalu banyak bobot pekerjaan yang akhirnya justru mengganggu jam kerja kantor kamu.

2. Sebagai platform baru latih keterampilan

Siapa sangka, jika kerja sampingan yang kamu miliki dijalani dengan serius, tentu hal ini bisa bantu kamu mengasah keahlian dan keterampilan yang kamu miliki.

Tentu keahlian ini tak hanya akan membantu memberikan lebih banyak proyek yang potensial, tapi juga bisa saja diaplikasikan pada pekerjaan utama yang sedang kamu jalani bersamaan.

Bertambahnya keahlian dan kemampuan kamu di kantor bisa menjadi peluang pertumbuhan karir kamu di perusahaan.

Baca juga:  7 Cara Membuat Portfolio Online yang Menarik Minat Klien

3. Menjadi hobi yang menghasilkan!

Apakah kamu memiliki hobi yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan utamamu di kantor? Kerja freelance bisa jadi salah satu cara menyalurkan hobi tersebut dan tetap menghasilkan hal yang produktif.

Kini, hobi seperti menulis, edit video, membuat desain logo, hingga sesederhana membuat konten media sosial bisa jadi peluang kerja sampingan yang cukup menjanjikan dan bisa dilakukan sembari tetap bekerja kantoran, lho.

Untuk kamu yang memiliki banyak sekali waktu luang, kini waktu luangmu bisa diubah menjadi lebih bermanfaat dengan bekerja sebagai freelancee dan tetap menyenangkan karena kamu mengerjakan hobi yang kamu sukai.

4. Bantu perluas koneksi & buka peluang baru

Banyak yang meremehkan pekerjaan freelance dan dianggap sebagai pekerjaan sampingan belaka. Padahal, menjalani pekerjaan sampingan dengan kerja freelance di sela-sela kerja kantoran, justru akan membantu kamu memperluas koneksi dan membuka peluang-peluang untuk bertemu orang baru.

Koneksi dan orang-orang baru ini tentu tidak hanya akan memberikan kesempatan untuk pekerjaan lainnya dan pemasukan tambahan untukmu, tapi mungkin juga pekerjaan tetap dengan karir yang mungkin lebih baik daripada pekerjaanmu sekarang.

Atau, paling tidak portofolio-portofolio terbaik dari hasil freelance yang telah kamu kerjakan bisa menjadi senjata untuk mencari pekerjaan tetap yang lebih baik.

Di antara semua alasan kerja sampingan sembari bekerja kantoran tersebut, tentu pemasukan tambahan adalah keuntungan utama yang bisa kamu dapatkan tanpa perlu takut mengorbankan pemasukan tetap yang kamu miliki sekarang.

Meskipun sangat mungkin memulai kerja freelance tanpa meninggalkan kerja kantoran, untuk mampu menjalankan kedua pekerjaan ini, kamu harus memiliki manajemen waktu yang baik agar baik pekerjaan freelance ataupun pekerjaan kantor dapat terpenuhi dengan kualitas yang sama-sama baik.

Baca juga:  7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Freelancer! Download Sekarang!

Sudah tak ragu untuk mulai kerja freelance pertamamu, bukan?

banner fastwork id

Sumber
4 Reasons Why You Should Do Freelancing Even If You Have a Day Job

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top