Gemar Kerja di Cafe? Pahami Dulu Etikanya Berikut Ini

Freelancer, baik itu penyedia jasa desain grafis maupun penyedia jasa artikel SEO memiliki kebebasan menentukan kapan mereka dan di mana akan mengerjakan project-project-nya.

Mereka juga bisa mengerjakan pekerjaannya di rumah jika itu yang mereka mau. Namun, ada kalanya seorang freelancer ingin merasakan suasana baru dan memilih cafe sebagai tempat menyelesaikan project-nya.

Hanya saja jika ini yang diinginkan, setidaknya Anda harus tahu etika bekerja di cafe terlebih dahulu.

special40

1. Beli Minuman Setiap 2-3 Jam Sekali

Cafe sudah menyediakan tempat yang nyaman untuk bekerja. Sebagai ucapan terima kasih, ada aturan tak tertulis yang mengharuskan Anda untuk membeli minuman ataupun makanan yang mereka jual. Meski demikian, jangan hanya membeli minuman di awal saja. Setiap 2-3 jam, sebaiknya Anda juga memesan minuman tambahan.

Membeli minuman tambahan bisa diibaratkan seperti memberi kompensasi atas lamanya waktu yang Anda habiskan untuk menikmati fasilitas yang disediakan oleh penyedia cafe. Selain itu, Anda tidak akan dipandang negatif oleh pemilik cafe ataupun karyawannya.

2. Beli Makanan jika Mengunjungi Waktu Makan

Sebenarnya memang tidak ada aturan yang mengharuskan Anda untuk membeli makanan di cafe. Namun, jika Anda berkunjung waktu jam makan siang atau jam makan malam, sebaiknya pesan juga makanan. Ini juga sebagai bentuk penghargaan dan etika menggunakan cafe sebagai tempat untuk menyelesaikan project jasa artikel SEO ataupun project lainnya.

3. Beri Tip jika Tidak Membeli Banyak Makanan atau Minuman

Memesan minuman dan makanan memang menjadi salah satu etika saat bekerja di cafe. Namun, kalau Anda tidak bisa sering memesan minuman atau memesan banyak makanan, berilah tip yang sepadan.

Memberi tip juga merupakan salah bentuk ucapan terima kasih karena telah diperbolehkan untuk menyelesaikan pekerjaan di cafe.

Baca juga:  5 Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Pendidik

4. Pilih Meja Paling Kecil

Ini berlaku jika Anda berkunjung sendirian dan memang berniat mengerjakan project di cafe. Sebisa mungkin, jauhi pusat keramaian dan jangan menghabiskan tempat melebihi kebutuhan Anda. Jangan biarkan dokumen atau kertas-kertas berserakan. Cafe adalah tempat umum, Anda juga harus menghargai pengunjung lain dan ikut menjaga kerapian cafe tersebut.

Menjauhi keramaian atau menghindari tempat yang banyak diincar pengunjung cafe juga merupakan salah satu bentuk menghargai bisnis cafe. Selain itu, bekerja di sudut cafe juga memungkinkan Anda untuk lebih fokus pada pekerjaan.

5. Jangan Menghabiskan Waktu Seharian di Cafe

Sebanyak apapun project jasa artikel SEO atau project lain yang Anda kerjakan, jangan habiskan waktu terlalu lama di cafe. Jika memang belum selesai padahal deadline project sudah mepet, sebaiknya pindah ke cafe lain. Jangan menghabiskan waktu seharian di cafe yang sama. Ini jelas akan mengganggu bisnis cafe tersebut.

Kalau karena beberapa hal Anda belum bisa pindah ke cafe lain, pastikan memesan minuman atau minuman tambahan. Jika cafe tersebut memang sudah sangat ramai, ada baiknya Anda segera pindah. Selain itu, mengerjakan project di tempat yang ramai biasanya sudah tidak efektif lagi.

Cafe bukanlah satu-satunya tempat yang bisa dituju untuk mengerjakan project jasa artikel SEO atau desain grafis. Freelancer juga bisa bekerja di tempat lain seperti co-working space. Suasana di tempat ini juga cukup nyaman. Hanya saja, memang ada kompensasi yang harus dibayarkan freelancer jika ingin bekerja di tempat seperti ini.

Referensi: lifehacker.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top