4 Hal Penting yang Harus Diketahui Terkait Logo Bisnis Anda

Keberadaan logo bukan hanya berfungsi sebagai pemanis visual. Lebih dari itu, logo adalah penanda identitas sebuah perusahaan, yang di dalamnya mengandung filosofi dan visi perusahaan. Karena alasan itulah keberadaan desain logo jadi penting bagi kebanyakan perusahaan.

Bagi pemilik bisnis kecil yang baru saja merintis usaha baru, logo jadi prioritas utama yang keberadaannya mesti diperhatikan sejak awal. Ketika pasar sudah penuh sesak oleh jutaan produk dan merek, identitas korporat jadi faktor pertama yang mesti diperhatikan.

Identitas berfungsi untuk menegaskan keunikan bisnis Anda dibanding yang lain. Dalam hal itulah desain logo jadi tambah penting. Logo menegaskan identitas bisnis Anda! Kalau Anda sedang merintis bisnis baru, ini dia empat hal penting yang mesti diketahui terkait dengan persiapan membuat logo untuk bisnis.

special40

Tipe dan Model Logo

Pada dasarnya logo bisnis tidak perlu dibuat rumit. Sebaliknya, logo bisnis sebaiknya dibuat sesederhana mungkin. Artinya, logo yang sederhana mesti mudah diingat dan bisa terbaca.

Setidaknya ada tujuh jenis logo yang umum dipakai oleh berbagai brand. Ketujuh jenis itu adalah pictorial mark, abstrak, maskot, kombinasi, lambang, wordmark, dan lettermark.

Pilihlah satu jenis logo dari ketujuh yang ada, dan kembalilah ke rumusan tentang logo yang sederhana. Anda bisa meminta bantuan pekerja lepas jasa desain logo untuk membantu membuatkan logo yang sesuai dengan misi dan filosofi merek yang sedang Anda bangun.

Pemilihan Warna dan Huruf

Berapa banyak warna yang mesti dimasukkan pada sebuah desain logo? Tidak perlu banyak-banyak. Logo Apple, misalnya, hanya memakai dua pilihan warna, antara hitam atau abu-abu.

Contoh logo lain seperti yang digunakan Microsoft, misalnya, malah hanya menggunakan kombinasi antara tile dengan empat warna dan tulisan ‘Microsoft’ yang diletakkan bersebelahan dengannya. Jadi Anda sebaiknya menggunakan kombinasi dua sampai empat warna untuk logo bisnis.

Baca juga:  Tips untuk Membuat Website Bisnis Ecommerce yang Menarik

Untuk perkara pemakaian huruf, pilihlah satu jenis huruf yang unik. Anda sebaiknya tidak memilih huruf pasaran yang mudah ditemukan. Keunikan huruf pada desain logo akan membantu bisnis terlihat lebih profesional.

Mengandung Pesan Terkait Brand Anda

Bisnis Anda harus mampu menyuarakan pesan ke publik, dan logo merupakan salah satu sarana untuk menyuarakan visi dan misi perusahaan. Kalau Anda membangun perusahaan yang fokus pada penyediaan streaming musik, misalnya, logo perusahaan Anda mesti memiliki personalitas yang berbeda dengan perusahaan penyedia jasa pendidikan.

Pendek kata, logo perusahaan Anda sebaiknya memiliki personalitas yang membuatnya terlihat unik dan berbeda dibanding yang lain.

Fokus pada Target Pasar

Siapkan gambaran tentang siapa konsumen bisnis Anda. Dengan mengetahui latar belakang target konsumen, entah itu dari sisi pendidikan, sosial, maupun ekonomi, logo perusahaan Anda bisa dibuat dengan warna, huruf, dan simbol yang sesuai untuk konsumen produk Anda.

Membuat logo tidak semudah kelihatannya, apalagi bila logo itu digunakan untuk membangun bisnis. Karena itu luangkan lebih banyak waktu untuk berdiskusi dengan pekerja jasa desain logo guna mendapatkan hasil visualisasi logo yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Sebelum mulai mengeksekusi pembuatan desain logo, Anda sebaiknya menyewa desainer profesional yang berpengalaman menangani proyek pembuatan logo korporat.

Dengan begitu, Anda akan memperoleh logo yang sesuai kepentingan bisnis. Jadi walau tidak mudah, bukan berarti mustahil. Logo yang ciamik bisa didapatkan hanya bila Anda memahami apa yang dibutuhkan untuk membuat desain logo terunik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top