5 Ide Bisnis Terbaik untuk Graphic Designers

graphic design bisnis

Bidang desain grafis saat ini begitu banyak diminati. Selain keahlian ini cukup menyenangkan untuk dijalani karena mampu menempa kreativitas, profesi satu ini menjanjikan penghasilan yang lumayan besar.

Hampir semua bidang usaha, baik di dunia offline maupun online, membutuhkan jasa desain grafis, mulai dari pemilik bisnis yang membutuhkan visual menarik untuk feed Instagramnya, sampai marketer yang membutuhkan banner iklan digital.

Bila Anda berminat terjun di bidang desain grafis online dan ingin membangun ide bisnis yang mampu menghasilkan keuntungan, di bawah ini akan dipaparkan lima ide bisnis terbaik yang bisa dijalankan desainer grafis.

Desain Web

Salah satu keahlian yang banyak dicari oleh perusahaan atau pengusaha adalah desain web. Seorang web designer bertugas membuat gambar, menata layout konten, sekaligus membangun tampilan yang memudahkan pengunjung mengakses menu yang tersedia di dalamnya.

Karena itu tak heran bila seorang web desainer dituntut memiliki kemampuan olah grafis dan juga kreativitas yang tinggi. Gambar yang unik dan menarik dipadukan dengan tata letak konten dan layout yang interaktif membantu pengunjung website betah berlama-lama disana.

Desain User Interface & User Experience (UI & UX)

Jika memiliki kemampuan di bidang desain web seperti UI & UX, maka Anda patut berbangga. Skill desain UI & UX juga sangat dibutuhkan dalam proses maupun pengembangan suatu produk, situs web, ataupun aplikasi.

Desainer UI & UX berperan untuk membuat konsep tampilan suatu website ataupun aplikasi sesuai dengan keinginan pemilik bisnis. Ketika tampilan yang diinginkan sudah sudah sesuai, tugas selanjutnya adalah mengimplementasikan desain ke dalam web atau apps.

Untuk itu, keahlian seorang desainer UI & UX cenderung dicari oleh para pebisnis yang bergerak di bidang startup dan pengembangan aplikasi smartphone.

Desain Logo

Logo diperlukan sebagai alat branding. Artinya, keberadaan logo yang ikonik diperlukan agar brand punya daya saing dan mudah dikenali konsumennya. Di zaman sekarang, logo banyak dipakai untuk keperluan pembuatan brosur, kartu nama, maupun kemasan produk.

Bahkan selalu ada perusahaan yang rela mengeluarkan budget besar untuk merombak logo brand, dengan tujuan supaya citra bisnisnya jadi lebih otentik.

Dengan kata lain, celah peluang untuk desainer logo terbuka lebar, karena perusahaan biasanya mencari desainer yang mampu memproduksi logo ikonik dan otentik.

Drafting atau CAD Drawing

Drafting merupakan salah satu skill dalam desain grafis, yang biasanya dipakai untuk mengolah gambar teknik arsitektur, sipil, mekanikal, elektrikal, aeronautical dan lain sebagainya.

Desain drafting mengandalkan penggunaan software AutoCAD dalam proses pengaplikasiannya. Seorang drafter bekerja dengan instruksi dari arsitek, desainer, atau engineer.

Sederhananya, drafter dapat membantu kerja arsitek, desainer atau engineer dalam merancang gambar teknik. Keahlian seorang drafter sangat dibutuhkan dan sering jadi ujung tombak yang menentukan keberhasilan suatu proyek.

Edit Foto

Keahlian editor foto diperlukan untuk membuat hasil foto sesuai dengan kebutuhan klien. Seorang editor foto (biasanya disebut digital imaging artist) biasanya menggunakan software seperti Photoshop, Corel Draw dan aplikasi photo editing lainnya ketika melakukan pekerjaannya.

Sering melihat baliho besar berisi foto produk sebuah brand? Foto yang Anda lihat itu bisa jadi hasil pekerjaan seorang digital imaging artist.

Itulah lima jenis kemampuan yang banyak dicari dari desain grafis. Anda memang tidak perlu menguasai semua jenis bidang keahlian tersebut. Cukup jadi ahli di satu atau dua bidang, Anda berkesempatan untuk sukses di dunia desain grafis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *