7 Rahasia Menemukan Ide Desain Kaos Keren

Saat ini jasa desain kaos POD (Print On Demand) sedang naik daun. Pasar kaos yang dicetak secara custom tersebut bahkan diperkirakan akan melampaui 10 miliar dolar Amerika pada 2025 mendatang, menurut laporan perusahaan konsultan Credence Research pada 2017 lalu. Bisnis yang sangat menggiurkan bukan?

Namun sebelum berbicara lebih jauh tentang kaos POD ada baiknya untuk mengenal pengertian POD terlebih dahulu. POD atau Print On Demand adalah proses dimana designer bekerjasama dengan supplier untuk mencetak desain mereka pada produk berlabel putih, bisa kaos, mug maupun selimut kapanpun pembeli menginginkannya.

special40

Meski begitu, bisnis kaos POD tidaklah segampang yang terlihat. Hampir mustahil untuk mengetahui desain mana yang akan disukai pembeli. Sebuah desain mungkin terlihat artistik bagi penjual tapi pembeli bisa saja tidak setuju dengan pendapat itu.

Sebaliknya, saat produsen berpikir telah menemukan desain yang menjanjikan, ternyata desain itu telah banyak digunakan dan terlanjur menjadi tren.

Ketidaktahuan tentang target pasar dan penelitian yang tidak tepat dapat berdampak pada pemborosan waktu dan biaya karena menghasilkan merchandise POD yang tidak laku. Hal ini tentu saja bisa dihindari jika mau melakukan riset desain yang sekiranya menguntungkan untuk niche POD yang beragam.

Berikut 7 daftar teratas niche kaos dan ide-ide keren desain POD yang bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Hewan Peliharaan

Ide keren yang pertama ini didasarkan pada kecintaan orang terhadap hewan peliharaan mereka. Di Amerika, bisnis hewan peliharaan bahkan bernilai hingga 72,13 miliar dollar pada 2018 lalu, berdasarkan data dari American Pet Products Association.

Untuk membuat desain kaos POD yang berpotensi laris dipasaran, kamu dapat memilih sub-niche umum seperti anjing, kucing, atau burung, maupun hewan-hewan besar yang tidak biasa yang memiliki segmen pasar tersendiri seperti kuda, landak, kadal, ular, serigala, dan lainnya.

Baca juga:  5 Prinsip yang Harus Anda Tahu dalam Mendesain Logo

Banyak template kaos hewan peliharaan tersedia yang dapat diambil dari Placeit. Kamu bisa memilih beberapa yang sekiranya unik dan bakal disukai oleh pelanggan.

2. Lelucon

Tulisan pada kaos dapat digunakan sebagai awal sebuah percakapan yang bagus. Apalagi jika isi tulisan mengandung selera humor yang baik. Produk dagangan yang bertema guyonan bisa berupa gambar lucu, one-liner yang menohok, lelucon kutu buku, atau bahkan meme.

Jika ingin memberi kesan kepada calon pembeli bagaimana penampilan kaos saat dikenakan, gunakan t-shirt mockup dari Placeit.

3. Profesi

Mungkin ada orang yang begitu membenci pekerjaannya saat ini, namun ada jutaan orang lain yang sangat tergila-gila dengan pekerjaannya sehingga rela untuk bangun di pagi buta dan menempuh jarak ribuan kilometer demi apa yang dicintainya.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua jenis pekerjaan populer, dan ada jenis pekerjaan tertentu yang memiliki penganut setia. Sebagai contoh pengacara atau akuntan tidak begitu populer bila dibandingkan dengan tentara, perawat, guru atau polisi.

Dengan desain kreatif seperti kepala panda yang mengenakan topi perawat, misalnya, akan membuat sepatu atau t-shirt POD diminati banyak pelanggan.

4. Olahraga, Gaya Hidup, dan Hobi

Salah satu alasan orang ingin membeli produk POD adalah karena mereka ingin memamerkan olahraga, gaya hidup atau hobi mereka. Beberapa niche populer untuk desain jersey yang bertema olahraga adalah bola basket, sepak bola, bersepeda, badminton, tenis, hoki, baseball, dan lainnya.

Sedangkan niche untuk hobi yang paling digemari termasuk merajut, berkebun, gamer, memancing, mobil, kutu buku dan manga/anime. Untuk niche gaya hidup yang populer, kamu bisa memilih work-at-home Mom (WAHM), yoga, wisatawan, vegetarian, pengusaha, dan digital nomad.

Baca juga:  7 Makna Psikologi Warna dalam Desain Logo dan Branding

5. Keluarga dan Relationship

Kaos dengan niche yang berkaitan dengan keluarga bisa laris di pasaran pada momen-momen tertentu. Pada peringatan hari ibu, misalnya, orang akan banyak berburu kaos bertuliskan “Worlds #1 Mom,” “Ibu Hebat”, dan desain tulisan lain yang berhubungan dengan ibu, demikian juga saat hari ayah diperingati.

Ada juga banyak barang POD khusus untuk ayah atau ibu tunggal, wanita yang baru bertunangan, saudara kandung, pengantin baru, kakek dan nenek, dan lainnya yang populer di pasaran.

Bahkan ada juga niche kaos yang mencakup hubungan dengan rekan kerja, sahabat, atau komunitas tertentu.

6. Lokasi dan Perjalanan

Hampir semua destinasi wisata memiliki merchandise atau cinderamata yang dibuat berdasarkan daya tarik lokal.

Selain gambar atraksi khas daerah, barang-barang POD paling diminati bisa juga berupa kutipan perjalanan, bentuk arsitektur unik, hidangan khas daerah, dan peta.

7. Desain musiman

Pakaian musim dingin bertema Natal bukanlah satu-satunya produk POD yang bisa dijual saat musim liburan. Ada banyak event lain yang berpotensi menjadi produk kaos POD yang laris di pasaran seperti Valentine, Thanksgiving, Halloween, wisuda, hari kemerdekaan, dan kenaikan kelas.

Liburan keagamaan juga bisa mendapatkan segmen pasaran tersendiri asalkan disertai dengan timing promosi yang tepat.

Hal penting yang perlu kamu ingat dalam penciptaan merchandise atau kaos POD adalah tidak menyalin desain orang lain tapi gunakan itu sebagai inspirasi untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik atau unik.

Tak perlu lagi menunggu! Mulai sekarang dan buat produk-produk desain kaos POD unggulan kamu sendiri. Sekarang tak perlu lagi ribet lagi. Kamu bisa memanfaatkan jasa desain kaos di Fastwork, platform freelance paling terpercaya di Indonesia.

Baca juga:  6 Software Desain Grafis Terbaik untuk Pemula

Jasa desain kaos yang ditawarkan Fastwork mengutamakan profesionalitas tinggi dan garansi harga terjangkau. Tak perlu ragu lagi, untuk kebutuhan jasa desain kaos dan jasa-jasa freelance lainnya kamu bisa langsung mengunjungi Fastwork.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top