Tips Tepat Posting Instagram untuk Bisnis Kamu

instagram untuk bisnis

Dari berbagai media sosial yang ada saat ini, tak bisa disangkal bahwa Instagram adalah platform ideal untuk pemasaran bisnis. Banyak bisnis yang beralih dari offline ke online menggunakan Instagram untuk menjangkau para pelanggannya.

Namun demikian, kamu harus memahami bahwa Instagram untuk bisnis tentu berbeda dengan Instagram untuk individual. Jadi, mari kita simak beberapa tips yang efektif untuk mendukung bisnis melalui postingan via Instagram berikut ini.

Gunakan Foto yang Bagus

Foto yang berkualitas tinggi tidak selalu membutuhkan perlengkapan fotografi mahal atau fotografer profesional. Memakai kamera smartphone biasa pun dapat meningkatkan kualitas foto produk kamu.

Pastikan kamu memperhatikan komposisi cahaya alami yang ada di luar ruangan. Misalnya, seperti pagi hari atau sore hari. Cahaya lembut di luar ruangan akan membuat foto tampak lebih hidup dan jernih.

Gunakan kamera belakang smartphone dengan resolusi tinggi, lalu gunakan aplikasi seperti Adobe Photoshop untuk edit foto agar foto–foto produk lebih berkualitas layaknya diambil oleh jasa fotografer profesional.

Video yang Kreatif

Seperti yang diketahui, Instagram adalah media visual yang sangat hebat. Tetapi, jika kamu memakai video untuk promosi bisnis, kamu berpotensi mendapatkan 3x lipat lebih banyak tautan ketimbang hanya memposting teks.

Selain itu, Instagram memiliki fitur edit video yang sangat mudah digunakan. Para pengguna Instagram juga bisa membuat berbagai jenis video untuk bisnis. Contohnya untuk menjawab pertanyaan atau membuat video tutorial cara melakukan sesuatu.

Ada juga beberapa selebgram yang menampilkan video lucu atau membuat vlog ketika sedang berlibur atau hadir di acara – acara istimewa.

Caption dan Hashtag yang Menarik

Di Instagram, foto atau video yang unik belum sempurna tanpa adanya caption dan hashtag yang menarik. Hashtag memainkan peran penting dalam kesuksesan Instagram untuk bisnis. Ada beberapa jenis hashtag yang bisa digunakan untuk brand bisnis.

Antara lain: hashtag yang relevan dengan lokasi (#jakarta #indonesia #semarang) dan hashtag yang terkait dengan brand/merek. Pemakaian caption dan hashtag ini akan membantu mempromosikan brand secara efektif di Instagram.

Sebaiknya, hashtag unik dan menarik. Nantinya, hashtag dipakai pelanggan untuk mencari brand kamu di kolom penelusuran. Apa pun jenis bisnis kamu, manfaatkan beberapa alat seperti Hashtagify untuk meneliti dan menentukan tagar terbaik yang bisa dipakai oleh bisnis dan membidik audiens target kamu. Gunakan 3–5 hashtag per postingan agar terlihat lebih profesional.

Bermitra dengan Selebgram atau Influencer

Temukan selebgram atau influencer untuk turut membantu mempromosikan produk kamu dengan cara yang menyenangkan dan inovatif. Ada puluhan ribu influencer di Instagram yang semuanya mencakup semua lini bisnis.

Seperti fashion, kecantikan, makanan, kesehatan, dekorasi rumah, dan masih banyak lagi. Influencer Instagram adalah selebgram yang menciptakan konten digital berkualitas tinggi. Selebgram ini memiliki komunitas dan jumlah pengikut yang banyak hingga jutaan.

Setiap saran atau rekomendasi para influencer tentang produk atau tren terbaru akan mendapat kepercayaan yang tinggi dari para pengikutnya. Itulah sebabnya, influencer sangat efektif memperluas kesadaran merek untuk promosi bisnis yang masih baru.

Minta influencer untuk membuat kontes viral yang mengharuskan peserta kontes menandai/tag 3–5 temannya. Dengan menambahkan selebgram atau influencer ke dalam strategi pemasaran, kamu akan menemukan pengguna baru dan mengubahnya menjadi pelanggan bisnis kamu.

Sekarang eranya media sosial, jadi jangan lupa manfaatkan Instagram dengan maksimal.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *