Jenis Freelance yang Penting untuk Website Kamu

website bisnis

Website bisnis sangat penting untuk dimiliki bagi Anda yang berkecimpung di bisnis online. Produk yang Anda jual atau jasa yang Anda tawarkan akan lebih meluas persebarannya dengan memiliki website.

Peluang untuk memiliki konsumen di luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri akan terbuka lebar. Website untuk bisnis akan bekerja secara optimal jika dioptimasi secara berkala.

Anda juga tidak semestinya memulai bisnis online dengan membangun situs web untuk sekadar gaya agar terlihat kredibel. Kalau Anda sudah membeli domain atau bahkan hosting sendiri, sebaiknya Anda terus melakukan optimasi website.

Namun, pekerjaan maintain web juga bukan pekerjaan yang mudah. Jika Anda tidak cukup waktu untuk melakukan optimasi website, Anda bisa mengoper pekerjaan ini kepada jasa freelance.

Tentu saja sebelumnya Anda mesti memilih orang yang tepat untuk melakukan pekerjaan itu. Berikut adalah tipe freelancer macam apa yang perlu Anda rekrut untuk membantu melakukan optimalisasi situs Anda.

SEO

Tugas spesialis SEO adalah untuk membuat website Anda muncul di halaman pertama mesin pencari (top search). Seorang freelance SEO harus memiliki kemampuan mengembangkan konten yang relevan dan menarik.

Seorang spesialis SEO akan menguji dan menerapkan pengujian berbagai teknik pemasaran yang cocok dengan website Anda. Ia juga akan mengatur tata letak konten website dan peletakan banner Google Ad yang paling optimal.

SEO Specialist juga tahu pentingnya inbound link dan akan mengatur strategi untuk melakukannya. Jika Anda membutuhkan jasa freelance SEO, pastikan kandidat terpilih memiliki pengetahuan mendalam tentang riset keywords, sekaligus memahami copywriting.

Content Writer

Anda akan membutuhkan jasa content writer untuk optimasi website bisnis online. Content writer memiliki peran yang penting, terutama karena kebanyakan dari mereka punya kemampuan menulis konten unik.

Pekerjaan yang bisa mereka lakukan adalah menulis artikel, bekerja sama dengan graphic designer untuk membuat infografis, press release, menulis liputan jika bisnis Anda melakukan event, dan aktivitas lainnya yang berhubungan dengan kepenulisan.

Web Designer

Tugas seorang web designer mencakup semua aspek yang tampilan visual website. Jika Anda membutuhkan jasa web designer freelance, buatlah rincian tugas.

Misalnya seperti merancang tata letak halaman web, melakukan update pada website, menentukan persyaratan teknis, membuat file back up, dan memecahkan masalah coding bersama web developer.

Bila memungkinkan, pilih web designer yang juga paham tentang pengembangan User Interface & User Experience (UI & UX).

Web Admin

Seorang Admin web sangat penting untuk proses maintenance website bisnis online Anda. Idealnya seorang web admin melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan upload content, mengganti gambar, edit menu, menjaga website dengan mengidentifikasi sistem, menginstal upgrade, dan memantau kinerja sistem yang berlangsung di website.

Jika Anda akan merekrut freelance web admin, pilih orang yang paham tentang manajemen teknis dan penyediaan konten, telekomunikasi. Web admin juga harus memiliki skill programming secara umum, dan merupakan seorang yang melek teknologi internet.

Web Developer

Anda membutuhkan jasa web developer di awal pembuatan website. Mereka akan membantu Anda membangun website yang sesuai dengan bisnis Anda. Fokus pekerjaan web developer lebih ke arah pengkodingan (Back-End), serta bekerjasama dengan web designer untuk membuat website bisnis yang memiliki performa bagus.

Jika Anda akan merekrut seorang Web Developer, beberapa skill dan kualifikasi yang dibutuhkan adalah yang memahami JavaScript, JQuery, HTML, HTML5, CSS, CSS3.

Selain itu, web developer juga harus memahami Web Programming Skills, E-Commerce, Teamwork, Verbal Communication, cross-browser compatibility, UI Design, Security Principles, Object-Oriented Design, Web Services (REST/SOAP), Multimedia Content Development, dan API’s.

Anda tidak harus merekrut semua freelance tersebut dalam satu waktu, tapi sesuaikan saja dengan kebutuhan. Sebagai pemilik bisnis, lebih baik Anda fokus untuk pengembangan bisnis. Anda bisa menyerahkan urusan maintenance atau pengelolaan web pada freelance andalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *