Mengenal Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsinya

jenis jenis website

Seperti yang Freebuddies tahu bahwa kini telah semakin berkembang dunia teknologi. Apalagi penggunaan media online seringkali dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, baik tujuan bisnis maupun sosial.

Salah satunya adalah penggunaan website yang juga turut berkembang sehingga mengintegrasikan dari beragam fitur, jenis dan fungsinya.

Demi memudahkan Freebuddies dalam menentukan website yang dibutuhkan, penting untuk mengetahui jenis website itu sendiri.

Pengelompokkan macam website berdasarkan fungsi atau tujuan hendaknya dipahami betul. Agar lebih jelas, Freebuddies bisa mengenal jenis-jenis website berdasarkan fungsinya terlebih dahulu, seperti ulasan berikut.

Apa itu website?

Website memang kerapkali muncul di linimasa Google, mulai dari website untuk hiburan, website untuk bisnis online, website khusus portal berita dan lain sebagainya.

Mengenali website baik pengertian dan jenisnya wajib Freebuddies ketahui. Jadi, simak terus penjelasan di bawah ini.

Pengertian website

Website atau situs web merupakan sekumpulan halaman-halaman yang saling berkaitan, dan didalamnya terekam informasi seperti konten multimedia.

Biasanya website memiliki karakteristik dengan nama domain dan dipublikasikan pada sebuah web server. Website akan diakses melalui jaringan IP public di seluruh dunia, yakni internet atau jaringan lokal (LAN) dengan penggunaan Uniform Resource Locator (URL) sebagai alamatnya.

Jenis website berdasarkan fungsinya

Website berdasarkan fungsinya secara spesifik maka bisa dibagi ke dalam beberapa jenis, yakni antara lain:

1. Company profile

Company profile adalah website yang bersifat statis, dan biasanya dibuat oleh perusahaan/organisasi untuk menampilkan informasi yang terkait dengan perusahaan, seperti nama perusahaan, produk perusahaan, visi misi, dan halaman kontak.

Karena itu, jenis website ini lebih fokus dengan tampilan desain yang menawan dan informasi tetap jelas ditunjukkan.

2. Government

Website Government memang resmi milik pemerintah nasional, pemerintah lokal, dan departemen pemerintah. Di dalam website ini memberikan informasi mengenai peraturan-peraturan mengenai pemerintahan, serta informasi berita yang terkait.

Salah satu contoh website pemerintah yang update, seperti kemenkeu.co.id, Jakarta.go.id, dan lain sebagainya.

3. eCommerce

E-Commerce merupakan website yang menyajikan fitur untuk melakukan kegiatan jual beli suatu produk barang/jasa melalui portal internet.

Lazimnya website ini menawarkan fitur menarik dan bisa menggantikan fungsi pada toko offline, misalnya tampilan produk, pemesanan barang, pengecekan produk, dan melakukan transaksi online.

E-commerce contohnya, lazada, amazon, tokopedia, shopee, buka lapak, dan lain sebagainya.

4. Archive

Website Archive digunakan untuk menyimpan konten-konten elektronik yang memungkinkan terancam hilang. Dengan begitu, akan bermanfaat jika portal website disadap orang tak bertanggung jawab, karena bisa dikembalikan seperti semula.

Misalnya Internet Archive yang sejak tahun 1996 telah menyimpan miliaran halaman website, dan Google Groups pada awal tahun 2005 telah mengarsip 845 lebih juta pesan yang diposting ke grup-grup diskusi online.

5. Portal berita dan informasi

Website berita dan informasi termasuk situs yang memuat berita atau artikel untuk dibaca para pengunjung. Biasanya berisi opini, dan artikel seputar politik, teknologi, dan lain-lain.

Situs berita layaknya koran, majalah, dan bulletin online. Adapun karakteritik situs berita tentu berbeda antara situs berita satu dengan lainnya. Contohnya: kompas, detik, liputan6, dan lainnya.

6. Blog

Kini banyak para blogger memanfaatkan media blog gratisan untuk menuliskan ide dan ekspresi dengan berbagai konten. Bahkan beberapa bloger professional mendapatkan bayaran saat menulis topic tertentu.

Adapun platform yang biasa digunakan untuk memulai blogging, misalnya blogger.com milik Google dan WordPress milik WordPress Foundation.

Bagaimanan, Freebuddies sudah paham jenis website di atas? Tentunya setelah mengenal jenis-jenis website berdasarkan fungsinya, cobalah memulai membuat website sesuai dengan kebutuhan, bisa blog pribadi, blog e-commerce, atau blog portal berita.

banner fastwork id

6 thoughts on “Mengenal Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsinya

  1. Dari beberapa jenis website di atas, ada beberapa yang saya paling sering gunakan untuk baclink. Ada yang sama?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *