Jenis Pekerjaaan Freelance Apa yang Cocok untuk Kamu?

jenis pekerjaan freelance

Dengan majunya perkembangan teknologi zaman ini, kini kamu dapat dengan mudah dan praktis menawarkan berbagai jenis jasa freelance di Internet untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

Banyak jenis jasa yang dibutuhkan tergantung dari skill atau kemampuan setiap orang. Penasaran dengan jenis freelance apa yang cocok untukmu? Yuk simak bahasan dibawah

1. Jenis Freelance teknologi

Jenis freelance programming kerap mendatangkan penghasilan yang cukup besar. Skill yang dibutuhkan juga cukup sangat teknis dan tinggi permintaannya.

Kini di pasar pun banyak dibutuhkan freelance di bidang pemrograman, dengan bayaran yang cukup mahal.

Contoh jenis freelance programming yang dicari adalah developer aplikasi, jasa pembuatan website wordpress atau website dengan coding language HTML/CSS, freelance pembuatan e-Commerce, Web Development, sampai pembuatan aplikasi desktop maupun ponsel.

Kalau kamu memiliki skill teknis programming, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan lho, selain itu juga nambah portfolio mu, lagi.

2. Jenis Freelance Kreatif

Bagi kamu yang suka menggambar, desain grafis dan sejenisnya, jangan sia-siakan talenta mu! Dengan semakin berkembangnya dunia Internet, maka kebutuhan untuk membuat konten grafis pun semakin banyak.

Contoh pekerjaan yang biasanya dibutuhkan untuk jenis freelance desain dan kreatif ini adalah seperti mendesain logo, banner, flyer, pembuatan presentasi, sampai jasa edit foto di Photoshop.

Kalau kamu hobi foto dan video, permintaan freelance fotografi juga nggak sedikit, lho! Jenis freelance yang ini pun juga cocok buat mahasiswa yang mempunyai hobi memotret atau videografi.

Biasanya dalam freelance pemotretan, kamu bisa dibayar per jamnya atau per proyek/sesi, tergantung dari permintaan klien.

3. Macam-macam Freelance di bidang penulisan dan penerjemahan

Kamu hobi menulis? Jadikan hobi mu sebagai pendapatan tambahan! Banyak sekali freelance menulis, copywriting maupun penerjemahan. Bentuk tulisan juga dapat berupa novel, cerpen, penulisan artikel, sampai proofreading.

Untuk kamu yang fasih berbahasa asing, kamu juga dapat menerjemahkan dokumen dan tulisan lainnya. Freelance copywriting dan menulis juga cocok dikerjakan oleh semua orang dari berbagai macam background seperti mahasiswa atau pekerja paruh waktu.

Banyak juga perusahaan penerbit yang membutuhkan freelance proofreading. Biasanya, freelancer akan diminta untuk mengecek penggunaan bahasa di dalam sebuah dokumen atau naskah.

Ada juga job yang tidak membutuhkan skill teknis yang terlalu tinggi, contohnya seperti freelance pengetikan umum. Dalam pekerjaan ini yang dibutuhkan adalah kesabaran, ketelitian dan juga ketelatenan mu.

4. Jenis Pekerjaan freelance di bidang online marketing

Apakah kamu seorang online marketer atau mempunyai pengalaman di bidang ini? Saat nya kamu menambah portfolio dan jam terbang kamu!

Tidak sedikit perusahaan dan individu yang membutuhkan bantuan freelance pemasaran dan periklanan, baik offline maupun online.

Jenis jasa freelance marketing yang di biasanya di butuhkan adalah marketing consultant, branding consultant, riset pemasaran, SEO content creator, dan masih banyak pekerjaan freelance online marketing lainnya yang sering di cari.

Banyak juga jenis freelance yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa seperti jasa penulisan review maupun jasa freelance admin.

Banyak sekali macam pekerjaan freelance yang bisa dilakukan, tergantung dari kemampuan dan juga skill dari setiap orang.

Selain waktu kerja yang fleksibel, pekerjaan freelance juga dapat dikerjakan dimanapun secara online, memungkinkan semua orang untuk menguangkan passionnya. Penasaran? Yuk, langsung daftarkan diri kamu di Fastwork Indonesia!

banner fastwork id

Sumber
Forbes: Here’s How To Decide Whether Freelancing Is Right For You

1 thought on “Jenis Pekerjaaan Freelance Apa yang Cocok untuk Kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *