Kemampuan Dasar Marketing yang Harus Dimiliki Seorang Freelancer

Menjadi seorang pekerja freelance cukup menyenangkan. Mungkin bagi beberapa kalangan masih merasa aneh dan asing dengan sebutan pekerja freelance.

Apa itu yang dimaksud dengan pekerja freelance? Jadi mereka adalah pekerja yang di bawah sebuah perusahaan tertentu tetapi mereka tidak terikat dengan kontrak dan perjanjian.

Istilahnya mereka ada saat dibutuhkan dan apabila tidak dibutuhkan maka mereka bukan bagian dari perusahaan tersebut.

Misalkan sebuah perusahaan mempunyai stok barang yang melimpah atau merupakan satu merek terbaru yang belum dikenal masyarakat. Maka untuk memasarkannya dibutuhkan para pekerja freelance sebagai tenaga marketing.

Setelah produk yang ditawarkan laku atau dikenal masyarakat maka pekerja freelance sudah tidak dipekerjakan lagi. Atau bisa juga pekerja freelance hanya digunakan saat ada event-event tertentu.

Sistem pembayarannya pun berbeda-beda, ada yang dihitung per hari atau ada juga yang diberikan berapa persen dari laba penjualan, disebut dengan komisi penjualan.

Freebuddies tertarik menjadi pekerja freelance? Ada beberapa skill sebagai marketing freelancer yang harus dikuasai. Simak caranya untuk bisa sukses.

Berikut di Bawah Ini Tips Menjadi Marketing Freelance yang Sukses

Kenali diri Freebuddies

Saat ini banyak yang meraih kesuksesan dengan bekerja sebagai freelance atau tenaga lepas. Banyak yang menyukai pekerjaan ini karena mempunyai waktu yang tidak terikat namun masih bisa mendapatkan pundi-pundi penghasilan.

Sebaiknya sebelum memilih sebuah pekerjaan, walaupun itu sebuah pekerjaan freelance, namun freebuddies tetap menyesuaikan dengan diri freebuddies.

Jangan sampai salah memilih sebuah pekerjaan karena freebuddies tidak akan merasakan nyaman walaupun bayaran atau gajinya menggiurkan.

Ingat di saat freebuddies merasa nyaman maka akan prestasi akan mudah diraih dan didapatkan. Misalkan freebuddies menyukai segala hal yang berkaitan dengan riasan wajah.

Baca juga:  Gemar Kerja di Cafe? Pahami Dulu Etikanya Berikut Ini

Saat freebuddies mendapatkan tawaran untuk memasarkan produk kosmetik maka freebuddies akan sangat nyaman dan bisa memberikan penawaran ke konsumen dengan baik bahkan sangat menguasai produk yang dipasarkan tersebut.

Olah kemampuan berkomunikasi

Dalam dunia marketing yang paling utama adalah freebuddies harus pandai menjual. Cara menjual yang paling jitu adalah menggunakan komunikasi yang intent.

Skill sebagai marketing freelancer yang harus dikuasai paling utama adalah kemampuan berbicara.

Terus olah kemampuan berbicara freebuddies dengan berbagai cara. Misalnya dengan semakin sering berinteraksi dan berbincang-bincang dengan orang lain.

Semakin sering freebuddies berinteraksi maka cara mengolah kata dan juga rasa percaya diri akan terasah dengan seiring berjalannya waktu.

Pusatkan fokus freebuddies

Biasanya saat awal-awal menjadi pekerja freelance, freebuddies akan menerima semua penawaran pekerjaan yang didapatkan. Sebaiknya freebuddies jangan menerima semua tawaran dengan mentah-mentah.

Freebuddies harus selektif dalam memilih produk-produk atau jasa yang akan freebuddies pasarkan.

Misalkan freebuddies sedang menekuni penjualan kosmetik maka usahakan untuk beberapa waktu tersebut freebuddies tidak menerima job atau pekerjaan di bidang yang bersebarangan.

Misalkan penjualan rokok dan sebagainya. Fokus dalam satu produk yang ditawarkan akan membuat freebuddies lebih nyaman dan mudah dalam menguasai pengetahuan produk atau product knowledge.

Bekal diri

Sebelum terjun ke lapangan, dalam memasarkan produk saat freebuddies bekerja sebagai marketing freelance, freebuddies harus membekali diri terlebih dahulu.

Ada beberapa skill sebagai marketing freelancer yang harus dikuasai yang merupakan skill pribadi freebuddies.

Yakni freebuddies harus jujur yang menjadi kunci utama meraih kesuksesan. Saat bisa menerapkan kejujuran dalam berbagai hal maka kesuksesan akan sangat dekat.

Selain kejujuran, freebuddies juga harus disiplin dan juga tanggung jawab.

Baca juga:  Tugas Marketing Freelance yang Perlu Kamu Ketahui

Seberat apa pun pekerjaan yang freebuddies ambil, saat sudah menyepakati kerja sama maka freebuddies harus menyelesaikannya dengan baik.

Selain itu freebuddies harus berani. Saat di lapangan menawarkan produk-produk yang di jual freebuddies harus punya keberanian saat bertemu dengan masyarakat luar.

banner fastwork id

Sumber:
Freelancersunion: Marketing basics for freelancers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top