Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Seorang Programmer

kerja programmer

Pekerjaan Freelance di bidang teknologi sedang banyak diburu. Mulai dari bisnis startup hingga perusahaan besar bernilai milyaran rupiah, mereka semua mencari programmer mumpuni untuk merealisasikan ide-ide khusus.

Jika anda adalah orang yang seringkali takjub dan mencintai cara kerja sebuah aplikasi maupun program komputer yang canggih, dan tentang bagaimana itu semua dibangun berdasarkan deret kode program, kamu mungkin akan tertarik untuk mengejar karir sebagai seorang programmer.

Kenapa programmer? Sampai Maret 2019 ada sekitar 2100 startup yang muncul di Indonesia, karena kebanyakan startup mengandalkan teknologi, pekerjaan sebagai programmer jadi salah satu yang paling relevan di era ini.

Tentu ada banyak pekerjaan yang berkait dengan programming, seperti yang bisa Anda simak penjelasannya di bawah ini:

Web Developer

Web development atau pengembangan website merupakan posisi yang cukup unik dan menarik dalam bidang kerja programming. Namun dibanding profesi lain dalam bidang yang sama, pekerjaan sebagai web developer diperlakukan sebagai kerja sampingan.

Jika anda tertarik untuk mengejar profesi ini, anda perlu tahu bahwa web developer umumnya dibagi menjadi 3 jenis, yakni front-end developer, back-end developer, serta full-stack developer.

Front-end developer biasanya menentukan desain atau tampilan sebuah website dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti JavaScript, HTML, maupun CSS. Programmer yang menempati posisi ini biasanya bertugas mengimplementasikan fungsi website agar tampak lebih interaktif dan berfungsi sepenuhnya.

Lain halnya dengan front-end, seorang back-end website developer lebih bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi ketika sebuah situs mulai bekerja.

Jika dianalogikan layaknya sebuah mobil, seorang front-end developer bertanggung jawab atas tampilan mobil tersebut mulai dari body, hingga warna mobil; sedangkan, back-end developer bertanggung jawab atas mesin yang ada di balik kap mobil tersebut.

Sedangkan full-stack developer bertanggung jawab di kedua bidang yang disebut di atas. Artinya selain bertugas mengurus front-end, dia juga bertanggung jawab sebagai back-end developer.

Membuat Aplikasi untuk PC ataupun Desktop

Seorang programmer biasanya punya banyak “julukan” di kantor. Mulai dari software developer, computer programmer, hingga app developer. Semua jabatan ini bisa mengacu ke satu profesi yang sama.

Namun di sisi lain, software developer di satu perusahaan bisa memiliki job description yang berbeda dengan software developer di perusahaan lainnya.

Computer programmer biasanya menghabiskan waktu mereka menulis dan menulis ulang kode pemrograman untuk sebuah aplikasi sampai siap digunakan.

Perhatian yang besar terhadap detail terkecil sangat penting bagi seorang computer programmer atau software developer.

Mengembangkan Aplikasi untuk Smartphone

Mobile app developer bertanggung jawab menciptakan, mengembangkan, dan memperbaharui aplikasi untuk telepon seluler, tablet, dan smartphone lainnya.

Bisa dibilang pekerjaan satu ini merupakan pilihan karir yang sangat baik di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini.

Menjadi Tech Support

Posisi sebagai technical support mewajibkan anda untuk mengetahui cara kerja sebuah software, sehingga anda bisa menawarkan solusi yang dibutuhkan oleh konsumen. Kriteria seperti solutif dan cekatan jadi ukuran kualitas yang penting dimiliki oleh seorang tech support.

Menjadi seorang tech support akan memberi anda pengalaman tentang berbagai jenis masalah yang dihadapi para pengguna software. Pemahaman mendasar akan berbagai macam potensi masalah yang terjadi, dan kemampuan mencari solusinya, merupakan kemampuan yang mesti dimiliki seorang tech support.

Manapun pekerjaan yang anda pilih, ketahuilah bahwa keahlian sebagai programmer sedang banyak dicari. Kalau Anda bisa mengembangkan kemampuan programming dan membawanya sampai ke puncak, terbuka kesempatan besar untuk mengembangkan karir.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *