Cek Hal Berikut saat Menentukan Konsep Cafe yang Menarik

Cafe kini tidak hanya menjadi tempat melepas penat atau bercengkrama dengan teman-teman dekat. Cafe juga telah berkembang menjadi tempat para mahasiswa mengerjakan tugas kuliah atau bahkan bekerja bagi para pekerja lepas.

Mengingat hal tersebut, tak mengherankan banyak orang yang memutuskan membuka bisnis cafe dengan desain produk makanan unik hingga eksentrik. Agar cafe yang didirikan ramai dikunjungi, Anda harus menentukan konsep yang cukup menarik.

special40

1. Identifikasi Jenis Makanan dan Minuman yang Menjadi Keahlian Anda

Sama seperti restoran, pemasukan cafe berasal dari penjualan makanan dan minuman. Karena itu, makanan dan minuman harus tetap menjadi perhatian para pemilik cafe. Dari sini jugalah, nantinya Anda bisa mengembangkan desain produk makanan seperti apa yang disukai pasar.

Cari tahu makanan atau minuman apa yang menjadi keahlian Anda. Buat resep yang sedikit berbeda dari yang sudah ada. Rasa makanan atau minuman itulah yang nantinya akan membawa pengunjung untung datang kembali ke cafe yang Anda miliki.

2. Tentukan Ciri Khas Cafe

Ada banyak cafe di luar sana yang menjadi kompetitor Anda. Jika ingin ada orang yang mengunjungi cafe Anda, Anda harus menawarkan sesuatu yang berbeda dari cafe-cafe yang sudah ada.

Tentukan ciri khas dari cafe yang akan dibuat nanti. Apakah ciri khas tersebut terletak pada menu makanan dan minumannya, dekorasi cafe, atau hal lainnya. Cari tahu apa yang belum ada dan buat itu jadi milik Anda. Meski demikian, ciri khas tersebut hendaknya tetap disesuaikan dengan selera pasar.

3. Riset Basis Konsumen Anda

Anda mungkin memiliki ide akan konsep cafe yang menarik dan unik. Namun, jika tidak ada orang yang tertarik dengan konsep tersebut, bisnis cafe yang Anda geluti tidak mungkin bisa meraih profit.

Baca juga:  Cara Menulis Deskripsi Produk Agar Menarik Minat Pembeli

Riset basis konsumen untuk cafe yang akan Anda buka. Cari tahu apakah ada orang yang menginginkan makanan dan minuman yang akan Anda tawarkan nanti atau tertarik dengan konsep cafe Anda. Untuk membantu mengetahui selera konsumen, Anda bisa belajar dari cafe-cafe yang sudah lebih berkembang dan selalu mengikut tren pasar.

4. Kembangkan Menu yang Unik

Orang mungkin datang ke sebuah cafe karena dekorasinya yang menarik atau sesuai selera mereka. Namun, pada akhirnya alasan mereka datang kembali adalah makanan dan minuman yang disajikan. Untuk itu, kembangkan menu yang unik namun memiliki rasa yang enak menurut lidah orang Indonesia.

Selain fokus pada rasa, perhatikan juga tampilan dari makanan dan minuman yang disajikan. Jika tampilan makanan dan minuman Anda menarik, orang dengan senang hati akan membagikannya ke media sosial. Hal ini tentu sangat membantu promosi bisnis.

5. Gaya Pelayanan

Bisnis cafe lebih dari sekadar bisnis makanan atau bisnis tongkrongan. Bisnis cafe juga merupakan bisnis pelayanan sehingga pelayanan juga harus menjadi perhatian. Tentukan gaya pelayanan seperti apa yang akan ditawarkan nanti.

Gaya pelayanan sendiri harus disesuaikan dengan menu yang ditawarkan dan konsep cafe secara umum. Perpaduan antara desain produk makanan dan gaya pelayanan akan membentuk pengalaman konsumen. Pengalaman inilah yang nantinya akan membekas.

Untuk membuat konsep cafe yang menarik, Anda jelas perlu melakukan riset untuk membuat sebuah konsep. Untuk mengeksekusi konsep tersebut, Anda akan membutuhkan sumber daya manusia.

Namun, untuk beberapa hal seperti membuat desain produk makanan, Anda bisa sedikit berhemat. Alih-alih merekrut desainer tetap, Anda bisa menggunakan jasa desainer freelance untuk mengerjakannya.

Referensi: thebalancesmb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top