10 Cara Efektif Atasi Manajemen Stres Bagi Pekerja Freelance

mengatasi manajemen stres

Freebuddies, kali ini Fastwork ingin membahas tentang manajemen stress yang sadar tidak sadar, pasti pernah kamu rasakan selama lalang melintang di dunia freelancer.

Baik itu karena ketemu pemberi proyek yang memiliki banyak permintaan, atau mungkin kamu terlalu sering menerima pekerjaan sampai tidak memiliki waktu istirahat?

Tak perlu khawatir, akan ada pembahasan mengenai cara untuk mengurangi tekanan sebagai solusi untuk mengatasi tingkat stres kamu.

Kenapa manajemen stres itu penting untuk dibahas? Karena stres itu seperti racun atau penyakit yang dapat membuat kualitas kerja sahabat freelancer menurun.

Stres yang ringan mungkin hanya akan membuat kamu tidak fokus dalam bekerja, tetapi apabila sudah menjadi stres berat ini akan berdampak juga bagi kesehatan sahabat freelancer.

Dengan penjelasan diatas tentang efek dari stres yang tinggi, diharapkan kamu mengerti pentingnya mengatur tingkat stres.

Sekarang kita akan merekomendasikan saran kepada sahabat bagaimana cara kamu bisa mengatur manajemen stres sebagai freelancer.

1. Tarik napasmu sedalam mungkin

Hal sederhana yang bisa dilakukan semua orang adalah bernapas. Seringkali ketika kita sedang emosi, depresi dan tegang dalam menghadapi sesuatu.

Kami menyarankan kepada sahabat untuk menarik napas dalam dalam. Hal ini terbukti efektif untuk mengurangi tingkat stres yang sedang melanda dirimu.

Sebagai catatan, saat stres atau tegang, tubuh kamu secara otomatis memproduksi adrenalin. Dan hal ini tidak baik untuk tubuh dan membuat kamu gelisah secara psikologis.

Dengan menarik napas dalam dalam tubuh akan kembali relaks dan memberikan kamu ketenangan kembali.

2. Rajin olahraga

Olahraga selain memiliki fungsi untuk menyehatkan badan juga punya fungsi untuk menghabiskan adrenaline yang diproduksi oleh badan saat sobat sedang stres. Jadi selain menyehatkan badan kamu juga menjadi lebih relaks dari aktivitas ini.

3. Tamasya ke daerah pedesaan

Selain hal diatas, aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah bertamasya ke daerah pedesaan. Udara segar yang berbeda dari udara di perkotaan dapat membuat sobat freelance lebih tenang.

Dan pemandangan yang menyejukan tentu menjadi nilai tambah untuk aktivitas ini, karena hal ini akan memacu kreativas kamu sebagai freelancer.

4. Hindari minuman beralkohol

Banyak masyarakat Indonesia bila sudah dirundung stres, memilih untuk minum bir sebagai obat penghilang stres.

Alkohol memang bisa membuat stres kamu hilang, tapi bila terus sering dikonsumsi, alkohol ini memilik efek samping yang membuat kamu menjadi mudah gelisah dan akan berujung pada peningkatan stres.

5. Matikan semua gadget

Ya, semua gadget yang mengisi kehidupan kamu seperti smartphone dan laptop. Tanpa sadar karena kamu sering memeriksa gadget apalagi untuk keperluan kerja, hal ini secara tidak langsung hal ini menimbulkan stres yang tidak kamu sadari.

6. Batasi diri untuk perkembangan saat Ini

Setiap otak kamu menerima informasi baru tanpa kita sadari akan memiliki dampak pada peningkatan stres. Freelancer yang selalu melakukan penilitian dalam melakukan proyeknya contohnya, selalu menerima informasi baru.

Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang sering membuat para freelancer memiliki tingkat stres yang tinggi .

7. Baca atau nonton cerita fiksi

Tidak semua orang suka membaca atau menonton. Akan tetapi, dengan membaca atau menonton cerita fiksi, kita dapat memberikan istirahat pada otak dan ini berdampak pada penurunan tingkat stres kamu.

8. Susun secara rapih jadwal kerjamu

Pekerjaan yang tidak terjadwal rapih akan terlihat sulit untuk diselesasikan, hal ini tentunya akan berdampak pada tingkat stres kamu.

Susunan jadwal kerja yang rapih dan teratur akan membuat pekerjaan tampak lebih mudah dikerjakan dan secara tidak langsung juga mengurangi tingkat stres kamu.

9. Nikmati kegiatan sehari hari

Tanpa sadar, ketika kamu melakukan kegiatan sehari hari yang normal seperti mencuci baju, makan dan sebagainya dapat membuatmu lebih tenang.

Semua hal yang sering kamu lakukan sehari hari membuat perasaan kamu tenang dan merasa aman dan hal ini lah yang membuat otak kamu tenang.

10. Minum teh

Minum secangkir teh saat sedang stress diketahui bisa berdampak menurunkan tingkat stres dan membuat kamu menjadi lebih tenang.

Walaupun kopi juga memiliki efek yang sama dengan teh, kami tetap menyarankan kamu untuk minum teh, dikarenakan kopi memiliki cafeine yang akan membuat kamu tidak bisa tidur.

Diatas adalah tips bagaimana cara mengatur manajemen stres untuk freelancer, sekarang adalaha saatnya kamu untuk coba menjalankan saran diatas.

Sahabat freelance akan merasakan peningkatan terhadap kualitas kerja kamu dan dampaknya terhadap kesehatan tubuh kamu. Semoga saran ini bermanfaat untuk sahabat freelancer.

banner fastwork id

Sumber:
Creativeboom: Stress Management: How to deal with stress and be a happier freelancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *