Cara Membuat Aplikasi Mobile dengan Mudah

cara membuat aplikasi mobile

Meningkatnya penggunaan smartphone di tanah air membuat para pengembang atau developer kini berlomba-lomba untuk menciptakan mobile app terbaik.

Bahkan bisa dibilang hampir setiap bulan selalu ada aplikasi baru yang bermunculan. Bagi Anda yang ingin membuat mobile app, setidaknya ada beberapa cara membuat aplikasi mobile yang perlu diperhatikan berikut ini.

Aplikasi apa yang akan Anda buat?

Sebagai langkah awal cara membuat aplikasi mobile, Anda harus menentukan dahulu siapa segmentasi pengguna dari mobile app yang akan diciptakan. Termasuk pula mengenai penggunaannya. Apakah itu untuk aplikasi perusahaan, situs e-commerce, hingga mobile app untuk game.

Begitu juga dengan apa hasil yang ingin dicapai, apakah untuk memudahkan transaksi, mendekatkan brand pada konsumen, atau lainnya. Anda pun bisa melakukan riset untuk mengetahui segmentasi tersebut dan apa yang sebenarnya diinginkan maupun dibutuhkan oleh audiens.

Rancang aplikasi dengan baik

Untuk merancang aplikasi mobile app, terbaik diperlukan sebuah kejelian dan bagaimana para kreator memaksimalkan kreativitas mereka agar memudahkan pengguna. Anda pun bisa menggunakan software terbaik dalam merancang aplikasi tersebut. Contohnya saja kalau Anda menggunakan software dari ShoutEm.

Software tersebut memudahkan Anda untuk membuat aplikasi mobile app dengan sederhana. Keunggulan lainnya dari ShoutEm juga bisa dijadikan perantara, terutama bila ingin mempublikasikan mobile app Android ke fitur iPhone.

Perhatikan perangkat lunak apa yang akan Anda pakai

Menyambung dari poin sebelumnya, Anda pun harus memperhatikan perangkat lunak apa yang sesuai dengan kebutuhan. Sebab, membuat mobile app kadang membutuhkan coding yang rumit. Adanya perangkat lunak ini akan memudahkan Anda dalam membuat aplikasi terbaik.

Software dalam membuat mobile app ada yang berbayar dan gratis. Adapun keunggulan kalau Anda menggunakan aplikasi berbayar adalah fitur yang ditawarkan lebih lengkap. Di sisi lain, Anda juga bisa menghasilkan uang dari aplikasi yang sudah dibuat. Selain ShoutEm, software seperti Appery, Mobile Roadir, dan AppMakr juga layak untuk Anda pilih.

Uji coba juga perlu dilakukan

Uji coba menjadi hal mutlak yang harus dilakukan dalam cara membuat aplikasi mobile. Tujuannya untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi. Kasus seperti ini bisa ditemukan pada mobile app untuk Android, misalnya untuk memeriksa adanya bug atau hal lainnya. Masa uji coba ini memang tidak bisa dilakukan sekali dua kali.

Lakukanlah uji coba berkali-kali agar hasil yang diharapkan maksimal dan sudah layak untuk digunakan. Anda juga harus memastikan kalau mobile app buatan Anda memiliki tanda akurat dan ini bisa memudahkan pengguna nantinya ketika melakukan pencarian pada browser.

Pasang aplikasi di Playstore

Terakhir, setelah cara membuat aplikasi mobile di atas Anda terapkan dengan baik, kini saatnya memasang mobile app hasil ciptaan Anda ke Playstore, Google Store, dan sebagainya. Akan tetapi, dalam mengunggah mobile app tersebut, pastikan semua fitur yang ada sudah terlengkapi, diuji coba, dan mendapatkan respon yang baik dari sebagian besar orang.

Selain itu, untuk meyakinikan banyak orang agar menggunakan mobile app tersebut, sertakan pula hal lainnya. Contohnya sematkan logo dari aplikasi tersebut, deskripsi singkat yang mudah dimengerti, dan link untuk mengunduh aplikasi tersebut agar memudahkan pengguna. Jangan lupa juga memasukkan testimoni terbaik dari pengguna.

Setidaknya itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebagai cara membuat aplikasi yang baik. Apabila Anda ingin memilih mitra dalam membuat aplikasi tersebut, bisa dengan menggunakan jasa freelancer berpengalaman melalui marketplace online terpercaya.


Dapatkan dan sewa jasa freelancer terbaik yang tersedia di platform marketplace penyedia jasa Fastwork. Temukan jasa terkait lainnya seperti jasa pembuatan aplikasi Androidjasa pembuatan aplikasi IOSjasa pembuatan softwarejasa pembuatan game, dan juga jasa pembuatan website untuk membantu memenuhi kebutuhan Anda. Cari freelance yang sesuai dengan keinginan Anda dan komunikasikan hal-hal yang Anda butuhkan dengan freelancer melalu fitur chat yang sudah terintegrasi di Fastwork!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *