Membuat Banner Ads Kreatif dan Efektif

Banner merupakan salah satu sarana iklan (advertisement atau ads) yang kian diminati banyak orang. Variannya bukan hanya berupa banner cetak, melainkan ada pula yang berformat digital.

Tak mengherankan bila jasa desain banner sekarang makin diburu oleh masyarakat. Ini karena banner ads yang eye catching adalah sarana iklan yang menarik di internet.

Kalau Anda menggeluti bisnis jasa desain banner atau seorang freelance graphic designer, berarti Anda harus memahami cara membuat banner ads kreatif dan efektif berikut ini:

special40

1. Menentukan Ukuran Banner yang Tepat

Ukuran banner adalah salah satu patokan penting di bidang jasa desain banner. Secara garis besar, ada empat ukuran banner ads (dengan satuan pixel) yang biasanya dipasang di website, yaitu:

  • Full banner: 468×60
  • Half banner: 234×60
  • Vertical banner: 120×40
  • Leaderboard: 728×90

Ukuran banner ads yang lebih besar tak selalu lebih baik. Tak jarang pengunjung website merasa terganggu dengan banner ads yang terlalu besar.

Jadi, Anda mesti cermat menentukan ukuran banner sesuai kebutuhan. Agar informasi iklan bisa disampaikan dengan utuh tanpa mengganggu kenyamanan pengunjung website.

2. Ilustrasi Visual Sangat Penting

Otak manusia cenderung lebih tertarik pada gambar dibandingkan kata-kata. Itulah sebabnya banner ads tidak boleh terdiri dari jumlah kata yang berlebihan. Sebagai gantinya, Anda harus menggunakan ilustrasi visual atau gambar-gambar yang menarik dan mudah dimengerti. Ini agar pengunjung website tersebut lekas memahami maksud iklan pada banner. Kata-kata pada banner hanya dibutuhkan secukupnya, misalnya nama produk, penjelasan singkat, dan kontak yang dapat dihubungi.

3. Menciptakan Kesan Visual Dinamis

Kesan visual dinamis akan menampilkan efek berbeda pada banner ads. Sebagai contoh, ilustrasi minuman ringan yang sedang dituangkan ke gelas pasti lebih menarik daripada minuman yang sudah ada di dalam gelas. Efek visual yang dinamis akan menambah kesan dramatis dan membuat iklan lebih hidup. Hasilnya, banner ads akan menggugah keingintahuan banyak orang untuk mengakses informasi lebih lengkap.

Baca juga:  Tugas Marketing Freelance yang Perlu Kamu Ketahui

4. Gunakan Warna Mencolok

Permainan warna juga penting dalam desain banner ads. Biasanya bisnis yang bergerak di bidang jasa desain banner sudah paham betul dengan pemilihan warna yang tepat.

Pada umumnya, banner ads pasti menggunakan warna-warna yang cerah untuk menarik perhatian para pengunjung website. Selain itu, setiap warna dapat memberikan efek psikologis tertentu.

Warna kuning dan orange untuk iklan makanan, misalnya, karena efektif meningkatkan nafsu makan atau warna biru dan hijau yang identik dengan efek relaksasi.

5. Proporsi Huruf dan Gambar yang Ideal

Anda juga wajib memperhitungkan proporsi huruf dan gambar yang ideal pada banner ads. Ini agar gambarnya tampak proporsional dan hurufnya mudah dibaca.

Gambar yang terlalu besar akan terkesan kurang realistis dan membuat tujuan iklan kurang efektif. Jadi, tentukanlah ukuran huruf dan gambar dengan perbandingan yang tepat. Banner ads pun bisa tampak lebih profesional dan meyakinkan.

6. Menampilkan Informasi Diskon atau Promo Menarik Lainnya

Bukan rahasia lagi bila informasi diskon dan promo menarik lainnya adalah salah satu cara jitu untuk menarik perhatian banyak orang. Jadi, banner ads juga harus memuat informasi tentang diskon dan promo istimewa lainnya.

Pengunjung website akan tergugah mengakses banner ads tersebut bila sudah tergiur dengan diskon atau promo lainnya yang ditawarkan. Peluang untuk meningkatkan engagement rate banner ads pun akan semakin besar.

Butuh kreativitas dan tingkat ketelitian tinggi untuk mendesain banner ads yang efektif. Urusan desain banner memang tak boleh sembarangan. Seiring bertambahnya pengalaman, seorang graphic designer tentu bisa membuat desain banner ads yang istimewa dan sesuai kebutuhan klien.

Referensi: adweek.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top