Cara Membuat Desain Kemasan Produk yang Menarik

desain kemasan produk

Desain kemasan produk merupakan salah satu faktor penting yang dapat menguatkan branding bisnis dalam persaingan yang semakin ketat. Desain kemasan yang menarik dan berkualitas menjadi pembeda antara brand kamu dengan kompetitor.

Melalui desain kemasan produk, kamu dapat menyampaikan informasi mengenai identitas bisnismu seperti logo, kualitas produk, dan sebagainya. Hal seperti ini tentu bisa menarik perhatian pelanggan untuk jatuh cinta pada produkmu.

Setelah itu, pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat desain kemasan produk yang bagus tanpa perlu menambah biaya produksi? Jawabannya adalah kamu bisa menggunakan jasa desain kemasan produk di Fastwork.

Penting untuk diketahui, sebuah kemasan produk yang menarik tak harus mahal dan juga tak harus rumit, kamu hanya perlu menjadi kreatif dan mengerti keseimbangan antara efisiensi dan efektivitas.

Dengan begitu, produk kamu akan lebih stand out serta menarik perhatian orang yang melihat. Artinya, kesempatan konsumen untuk terlibat pada produkmu akan semakin besar.

Desain kemasan produk yang menarik dan unik tentu mempunyai karakter yang akan membedakan dengan produk serupa lainnya.

jasa desain kemasan produk

Apa fungsi desain kemasan produk yang menarik?

Perlu Freebuddies ingat bahwa sebuah desain yang menarik harus dapat merefleksikan nilai-nilai dari produk itu sendiri dan juga bisnis kamu. Bagi pelaku bisnis yang sudah berpengalaman, tentu hal ini sangat diperhatikan karena dapat membantu proses pemasaran.

Lantas, apa fungsi desain kemasan produk yang menarik?

  • Membantu pemasaran, karena dalam desain kemasan tersebut tercantum informasi penting seperti merek bisnis, jenis produk, label produk, expire date, kandungan gizi, serta alamat dan keterangan produsen.
  • Meningkatkan brand awereness dan kualitas produk tersebut, karena makin dikenal sekaligus dipercaya oleh konsumen dan juga calon konsumen baru.
  • Menjaga kualitas barang di dalamnya, untuk makanan maka menjadi lebih awet, pakaian menjadi tidak kusut, alat elektronik tetap aman terjamin dan bisa digunakan.

Rahasia desain kemasan produk yang menarik

Desain packaging unik dan menarik tentunya menerapkan beberapa hal penting yang bisa memengaruhi sukses atau tidaknya sebuah bisnis. Untuk itu, Fastwork akan memberikan tips rahasia membuat desain kemasan menjadi lebih menarik yang bisa kamu coba.

1. Pilih warna yang tepat

Warna kemasan suatu produk sangat penting, hampir 90% dari pembelian didasarkan hanya pada warna. Jadi, kamu harus mengetahui peran dan arti warna dalam desain kemasan, misalnya:

  • Merah melambangkan hasrat, kekuatan, cinta dan keberanian
  • Kuning melambangkan energi, serta kebahagiaan
  • Oranye melambangkan kesan senang, kehangatan, atau tekad
  • Hijau melambangkan kesegaran, alam, atau uang
  • Biru melambangkan ketenangan, otoritas, atau maskulinitas
  • Ungu melambangkan kreativitas, royalti, atau misteri
  • Merah mudah melambangkan rasa ramah, feminitas

2. Pilih bentuk kemasan yang sesuai

Freebuddies mungkin pernah memperhatikan bahwa kemasan untuk produk “maskulin” sering memiliki bentuk persegi panjang, seperti kotak, sementara banyak produk “feminim” seringkali lebih melengkung, ternyata itu bukanlah kebetulan.

Ada pertimbangan psikologi dalam bentuk kemasan tersebut, tersembunyi di balik target pasar kamu, untuk itu kamu bisa membuat desain kemasan sesuai dengan itu.

Meskipun desain yang menonjol itu penting, namun perlu juga diingat bagaimana produk kamu dapat bersaing di industri ritel. Kamu bisa berkonsultasi dengan beberapa desainer kemasan untuk membuat bentuk kemasan yang tepat sesuai dengan bisnis dan target pasar.

3. Buat agar mudah dimengerti

Pelanggan kamu perlu “mengerti” produk kamu dengan cepat. Kamu hanya memiliki beberapa detik untuk membuat produkmu dapat dipahami oleh pelanggan saat pertama kali melihatnya.

Salah satu cara yang bisa kamu coba yakni menggunakan bahasa yang sederhana, cara ini sangat penting untuk meningkatkan kemungkinan seseorang akan memahami apa yang kamu jual dan membuat mereka lebih cenderung untuk membelinya.

4. Gunakan kalimat sederhana

Pada desain kemasan makanan, seringkali ditemukan berbagai tulisan selain komposisi ataupun identitas barang itu sendiri. Misalnya saja kalimat slogan, kata-kata persuasif, nama brand, dan lainnya.

Meskipun ingin dibuat menarik tetapi hindari penggunaan kalimat berlebihan, alay, atau kurang penting yang mampu membuat bingung para konsumen.

Pakailah gaya bahasa sederhana, mudah diingat tetapi mampu mengintepretasikan tujuan maupun barang tersebut.

Dengan mengetahui rahasia membuat desain packaging produk yang bagus maka keuntungan bisnis bertambah besar.

Cobalah untuk berkonsultasi pada ahli bisnis berpengalaman atau browsing internet agar Freebuddies mendapatkan inspirasi baru.

banner fastwork id

Sumber:
Fiverr: The Five Secrets of Great Packaging Design

2 thoughts on “Cara Membuat Desain Kemasan Produk yang Menarik

  1. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di jos.co.id. Sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *