Tips Efektif dalam Membuat Deskripsi Produk yang Mampu Meningkatkan Penjualan

Cukup banyak orang yang langsung memutuskan untuk membeli sebuah produk saat melihat foto dan judulnya yang menarik. Namun bagi pembeli yang kritis, mereka juga akan membaca deskripsi produknya dan mempertimbangkan dengan lebih matang.

Inilah saat di mana hasil kerja penulis deskripsi produk akan terlihat. Demi menghasilkan deskripsi produk yang mampu meningkatkan konversi penjualan, penulis profesional banyak yang menerapkan tips berikut ini.

Memahami Audiens

Sangat tidak dianjurkan memulai menulis deskripsi produk tanpa mengetahui audiens. Siapa saja yang membutuhkan produk tersebut? Apa saja pertimbangan mereka dalam mengambil keputusan?

Jawaban dari pertanyaan diatas akan memberi gambaran mengenai bagaimana kamu akan menulis deskripsi produk nantinya. Berangkat dari sini juga, kamu bisa mengetahui apa saja yang perlu ditulis dan gaya bahasa seperti apa yang tepat untuk menyampaikan spesifikasi produk yang hendak dijual.

Jangan Hanya Memberi Spesifikasi, Sampaikan juga Nilai dari Produk

Sebenarnya deskripsi produk memang berbeda dengan copywriting untuk tujuan iklan. Meski demikian, ada satu hal yang sama. Saat seorang penulis deskripsi produk melakukan pekerjaannya, mereka tidak hanya akan menuliskan spesifikasi dari produk tersebut. Lebih jauh lagi, mereka juga menunjukkan nilai dari produk yang mereka tawarkan.

Ingat, tidak semua konsumen mengerti bahasa teknis. Mereka hanya peduli dengan bagaimana produk yang kamu tawarkan mampu menjawab masalah yang sedang mereka hadapi.

Jika mereka merasa bahwa produk tersebut memang mampu menjawab masalah tersebut dan nilai yang dimiliki juga sepadan dengan harga yang ditawarkan, mereka tidak akan segan-segan untuk mengikut harga yang kamu tawarkan.

Gunakan Foto Berkualitas Tinggi

Hal pertama yang dilihat oleh pembeli adalah foto produk. Setelah itu, barulah mereka membaca judul dan deskripsi produk untuk mengenal produk tersebut lebih jauh.

Baca juga:  Tips Menentukan Desain Logo untuk Bisnis Anda

Jadi jika kualitas foto yang ditampilkan rendah, sulit untuk memikat pembeli. Foto berkualitas tinggi tidak hanya detail dan beresolusi tinggi. Pencahayaan dan sudut pengambilan gambar juga perlu diperhatikan. Penggunaan model terkadang juga dibutuhkan.

Meski demikian, terkadang ada juga calon pembeli yang menginginkan foto yang diambil apa adanya tanpa bantuan pencahayaan khusus. Untuk itu, ada baiknya jika kamu juga menampilkan foto-foto yang murni mengandalkan detail dan sesuai dengan produk asli.

Untuk memudahkan calon pembeli melihat semua foto produk yang dimiliki, kamu bisa bekerja sama dengan web developer.

Pilih Kata yang Tepat

Inilah saat di mana copywriting memegang peran kunci. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jangan hanya menuliskan spesifikasi produk ke dalam kolom deskripsi.

Buat deskripsi produk menjadi lebih kuat dengan kata-kata yang kuat, mampu memberi gambaran jelas kepada calon pembeli bahkan mendorong mereka untuk membeli produk yang ditawarkan.

Copywriting menjadi sangat vital di sini. Meski demikian, hindari penggunaan kalimat yang sulit dipahami. Buat semuanya sederhana. Kamu bisa meniru penulis deskripsi produk profesional untuk itu.

Jangan Lupakan Search Engine Optimization (SEO)

Setiap halaman website bisa masuk ke dalam database mesin pencari. Ini juga berlaku untuk halaman detail produk yang kamu jual. Jadi jika ingin halaman detail produk tersebut tampil di halaman hasil pencarian, buatlah halaman tersebut agar lebih SEO friendly.

Pastikan untuk mengoptimasi judul produk dan deskripsinya dengan keywords. Selain itu, gunakan juga hashtag untuk membantu meningkatkan nilai SEO-nya.

Untuk membuat halaman detail produk yang menjual, kerja sama antara web developer dan copywriter sangatlah penting, karena berkat keduanyalah, halaman detail produk menjadi lebih menarik dan SEO friendly.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top