7 Tips Memilih Jasa Penerjemah Bahasa Inggris Berkualitas

penerjemah bahasa inggris

Jika pernah menggunakan jasa penerjemah bahasa Inggris untuk pekerjaanmu sebelumnya maka kamu tentu memahami bagaimana sulitnya untuk menemukan seseorang yang bisa bekerja secara profesional dan memenuhi segala kriteria yang telah kamu tetapkan sebelumnya.

Tapi pekerjaan rumah akan lebih mudah bila kamu tahu apa yang harus dicari. Sangat penting untuk memilih jasa yang tepat bila reputasi perusahaan kamu sangat tergantung pada kualitas bahan tertulis yang akan diterjemahkan.

Coba bayangkan bagaimana pamor perusahaan bisa merosot saat brosur, buletin, presentasi, dan situs web perusahaan tidak diterjemahkan secara akurat. Untuk itulah, kamu perlu memperhatikan beberapa petunjuk penting untuk memilih agen terjemahan yang tepat dalam artikel berikut ini.

special40

Pahami apa yang kamu butuhkan

Ketika harus berurusan dengan promosi materi tertulis, kamu membutuhkan agen terjemahan yang mampu secara akurat menyampaikan manfaat produk dan ajakan untuk bertindak.

Di sisi lain, agen terjemahan perlu memahami secara teknis bagaimana tepatnya ketika harus menerjemahkan informasi untuk manual operasional. Jangan malas untuk membaca contoh terjemahan saat mencari agen. Selain itu, cari tahu apakah mereka mampu mengekspresikan esensi pesan secara akurat.

Kenali agensi dengan lebih baik

Saat melakukan evaluasi, tanyakan metode penerjemahan apa yang dipergunakan agensi. Apakah mereka termasuk agensi “tradisional” yang semata-mata bergantung pada terjemahan manual ahli bahasa manusia ataukah mereka menggunakan perangkat lunak terkomputerisasi untuk membantu dalam proses penerjemahan bahasa Inggris.

Teknik terjemahan dengan bantuan komputer (CAT) bergantung pada memori terjemahan perangkat lunak dan sistem manajemen terminologi / glosarium untuk membantu melakukan pekerjaan itu.

Jika menginginkan akurasi dan kelancaran pekerjaan terjemahan yang lebih baik, maka pilih terjemahan yang dilakukan manusia. Setiap penerjemah bahasa Inggris atau multibahasa adalah pakar dalam satu atau lebih pasangan bahasa, dan juga harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang istilah bisnis, hukum, atau medis yang sulit.

Cari tahu kualitas kerja

Masing-masing agensi akan memberikan kualitas hasil terjemahan yang berbeda tergantung interpretasi mereka tentang apa yang dimaksud dengan “pekerjaan berkualitas”. Misalnya, apa ukuran kontrol kualitas yang mereka terapkan.

Ada agen yang memiliki editor untuk merevisi hasil terjemahan, ada juga yang tidak. Ada pula yang menyertakan tone teks asli dalam terjemahan dengan harapan pembaca nantinya dapat menghargai karya asli tapi ada juga yang tidak. Kamu bisa memilih agen berdasarkan kualitas kerjanya.

Mempunyai spesialisasi bidang

Jika memungkinkan pilih layanan terjemahan yang memiliki keahlian vertikal di berbagai bidang industri. Pendekatan yang memperlakukan satu cara untuk semua bidang tidak akan mampu memenuhi tujuan komunikasi yang ingin disampaikan dan dicapai.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua agen mampu menerjemahkan dokumen hukum atau medis yang rumit atau bahkan konten IT dan keuangan yang membingungkan.

Temukan agensi yang bekerja dengan penerjemah bahasa Inggris yang memiliki pengetahuan mendalam tentang topik yang ada sehingga bagian komunikasi yang ingin kamu sampaikan bisa beresonansi dengan target yang ingin dicapai.

Kecepatan kerja yang baik

Cari tahu waktu penyelesaian kerja dan apakah agensi tersebut bisa melakukan pesanan di luar jam kerja yang biasa. Ketika agensi bekerja dengan penerjemah yang tinggal di zona waktu lain, mereka dapat secara konsisten memenuhi waktu dan menghormati jadwal kerja klien. Bila agensi menjalin kerja sama dengan tenaga internasional maka bisa dipastikan termasuk perusahaan yang solid.

Kerahasiaan dokumen terjamin

Jika kerahasiaan dokumen sangat penting bagi perusahaan maka pilih agen yang tidak main-main dalam menerapkan prosedur keamanan dokumen dari klien-klien mereka.

Jangan ragu untuk menyampaikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui cara mereka menjaga kerahasiaan dokumen, seperti di mana mereka menyimpan dokumen, apakah mereka telah menandatangani perjanjian kerahasiaan dengan jaringan editor dan penerjemah mereka, apakah mereka menandatangani perjanjian kerahasiaan untuk proyek khusus, apakah mereka sesuai dengan HIPAA, atau apakah mereka diasuransikan.

Layanan pelanggan yang baik

Perhatikan pertanyaan yang diajukan oleh agen terjemahan saat kamu meminta penawaran dan cobalah untuk menggali informasi seberapa konsisten mereka dalam melayani klien.

Misalnya, demi menjaga tone dan isi yang konsisten dalam bahan tulisan, apakah mereka menetapkan penerjemah yang sama untuk semua proyek? Atau apakah mereka menawarkan revisi untuk bahan yang telah diterjemah jika klien merasa tidak puas?

Pilih jasa penerjemah bahasa Inggris yang menawarkan layanan pelanggan yang baik. Ternyata agen penerjemah yang baik tidak hanya memiliki tenaga penerjemah yang handal tapi juga harus memiliki ciri-ciri lain, seperti mampu menjaga kerahasiaan, totalitas pelayanan kepada pelanggan, spesialisasi bidang, kecepatan kerja, dan lainnya.

Bagaimana sudah siap untuk mencari penerjemah yang sesuai dengan kriteria di atas? Penyedia penerjemah bahasa memang mudah ditemukan di pasaran tapi apakah mereka bisa menawarkan harga yang bersaing?

Nah, jika dana mepet menjadi kendala utama dalam memilih agen penerjemah, kamu bisa beralih untuk mencari jasa penerjemah freelance yang terjangkau.

Untuk kebutuhan jasa penerjemah bahasa Inggris, kamu bisa mengunjungi Fastwork.id, situs jasa freelance paling populer di Indonesia. Fastwork akan membantu menemukan tenaga penerjemah bahasa Inggris yang sesuai dengan yang kamu inginkan dan jaminan harga yang terjangkau.

Cara menggunakan Fastwork cukup gampang. Pertama cari translator freelance yang sesuai dengan ide bisnis kamu. Dalam hal ini Faswork menyediakan lebih dari 5000 pilihan freelancer di lebih dari 50 kategori pekerjaan. Setelah itu diskusikan pekerjaan yang kamu inginkan kepada freelancer dan dapatkan penawaran.

Baru kemudian kamu bisa melakukan pembayaran dan menerima hasilnya. Semua proses memulai diskusi, penawaran harga dan pembayaran dilakukan dengan Faswork sebagai fasilitator sehingga terjamin aman.

Freelancer tidak akan menerima bayarannya sebelum klien menerima hasil kerja mereka. Mulai sekarang, pilih Fastwork untuk memenuhi segala kebutuhan tenaga freelancer untuk kemajuan bisnis kamu.


Dapatkan dan sewa jasa freelancer terbaik yang tersedia di platform marketplace penyedia jasa Fastwork. Temukan jasa terkait lainnya seperti jasa translate jurnal, translate perancis ke indonesia, dan juga terjemahan jepang indonesia untuk membantu memenuhi kebutuhan Anda. Cari freelance yang sesuai dengan keinginan Anda dan komunikasikan hal-hal yang Anda butuhkan dengan freelancer melalu fitur chat yang sudah terintegrasi di Fastwork!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *