7 Hal yang Diperhatikan saat Memilih Tempat Kerja

memilih tempat kerja

Freebuddies, ternyata ada begitu banyak faktor yang harus diperhatikan sebelum menentukan tempat kerja. Hal ini jangan sampai dikesampingkan atau diabaikan begitu saja karena memengaruhi jenjang karier di masa depan.

Sudah banyak masyarakat Indonesia mengalami masalah sampai stress karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan.

Dari sebagian besar kasus terjadi karena mereka lebih dahulu tergiur dengan uang gaji atau pendapatan bulanan yang diberikan sebuah perusahaan.

Padahal akan lebih baik kalau calon pegawai memperhatikan beberapa macam hal terlebih dahulu. Pasalnya tiap kantor dan perusahaan tempat bekerja tentu memberikan keuntungan berbeda-beda.

Ketika satu tempat berani memberikan gaji tinggi maka Frebuddies harus rela bekerja seharian penuh bahkan sampai lembur atau di hari libur sekalipun.

Sebaliknya, pihak mereka akan banyak memberi masa luang bekerja tetapi bayarannya standar saja. Lalu pilih mana?

Karyawan Seringkali Merasa Tak Cocok dengan Tempat Kerja

Di zaman modern seperti sekarang ini, lapangan pekerjaan memang tersebar hampir setiap daerah. Tak hanya kawasan perkotaan melainkan pinggiran ataupun masuk kawasan pedesaan.

Ini menunjukkan jika pembangunan negara cukup bagus dan berkembang dengan pesatnya sehingga masyarakat tidak terlalu kesulitan dalam mencari pekerjaan.

Namun pada kenyataannya masih banyak orang mengeluh karena tak juga mempunyai gaji tetap, meskipun mereka termasuk golongan Sarjana.

Banyak hal yang memicu timbulnya masalah tersebut, salah satunya karena merasa tak cocok dengan tempat kerja, entah kurang mendukung passion, jenjang karier buruk, tidak ada jaminan hari tua, minim fasilitas, gaji kecil dan tak sesuai gelar pendidikan, tekanan di kantor, persaingan antar karyawan dan lain sebagainya.

Masalah memang selalu ada dan sifatnya kompleks karena dapat muncul dari dalam diri sendiri ataupun dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya.

Perhatikan 7 hal ini saat memilih tempat kerja

Tiap orang pasti menginginkan pekerjaan yang menyenangkan, bergaji tinggi dan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Akan tetapi masyarakat lebih fokus pada besarnya gaji tanpa memikirkan persoalan lain.

Oleh sebab itulah untuk menghindari rasa tidak cocok atau tidak betah di tempat kerja, sebaiknya Freebuddies memertimbangkan berbagai faktor terlebih dahulu.

Berikut ini ada 7 hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan atau memilih tempat kerja:

1. Sesuai dengan keahlian

Sebenarnya, kamu tak harus selalu fokus pada besarnya gaji kalau nyatanya bidang pekerjaan tersebut tak sesuai dengan keinginan Freebuddies.

2. Pertimbangan gaji

Meskipun lebih mengutamakan pekerjaan yang sejalan dengan passion tetapi tanyakan juga besarnya gaji. Pastikan pendapatan tersebut bisa dipertanggung jawabkan dengan kontribusi serta kemampuan bekerja Freebuddies.

3. Reputasi perusahaan

Jangan lupa melihat reputasi perusahaan dan company profiles, mulai dari riwayat, sejarah berdiri, bidang yang

4. Lokasi kantor

Selanjutnya adalah mengenai lokasi kantor atau perusahaan yang jauh atau malah dekat dengan tempat tinggal.

5. Fasilitas yang sesuai

Lihat juga fasilitas yang diberikan oleh perusahaan tersebut, mulai dari tunjangan atau bonus di luar gaji, jaminan kesehatan dan hari tua, serta sebagainya.

Kemudian cari tau mengenai fasilitas ekstra para karyawan, contohnya kantin, taman, perpustakaan, gym, dll.

6. Kesempatan mengembangkan diri

Tak hanya bertujuan mencari uang saja melainkan tempat kerja digunakan untuk meningkatkan kemampuan diri. Pastikan apabila kantor dapat dijadikan tempat mengembangkan diri, menambah wawasan, pengalaman, meningkatkan karakter, dll.

7. Lingkungan kerja yang positif

Lingkungan kantor juga merupakan faktor dan hal paling penting diperhatikan. Bahkan banyak orang rela melepas pekerjaan karena kurang betah dengan persaingan para karyawannya.

Akan lebih baik kalau Freebuddies memilih tempat kerja dengan suasana nyaman, teman-teman suportif, dan saling membantu.

Itulah 7 faktor yang harus diperhatikan sebelum menentukan tempat kerja agar Freebuddies betah dan dapat mengejar karier masa depan.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *