Tips Tepat Memulai Bisnis Secara Online

cara memulai bisnis secara online

Memulai bisnis secara online bisa dilakukan kapan saja. Akan tetapi Anda sebaiknya memperhatikan beberapa fondasi penting yang mesti dibangun agar bisnis bertahan lama di masa depan.

Sebab sebagai seorang pebisnis, sejumlah kiat-kiat atau tips dapat membantu memperkokoh fondasi bisnis agar berjalan lancar tanpa adanya kendala.

Sudahkah Anda memahami cara berbisnis secara online? Jika tidak, Anda bisa belajar beberapa hal yang mula-mula diperlukan untuk menjalankan bisnis di era digital.

Memulai Bisnis secara Online

Bisnis menggunakan sistem online memang tidak bisa dibilang mudah. Apalagi bisnis macam itu sangat erat kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi.

Tanpa belajar banyak perkembangan teknologi informasi, seseorang yang menjalankan bisnis online malah akan menemui banyak hambatan nantinya.

Rasanya sudah banyak contoh orang yang menyerah berbisnis dengan sistem online karena tidak menerapkan strategi khusus untuk menjalankan bisnis di tengah percepatan teknologi dan informasi.

Pada dasarnya menjalankan bisnis apapun, baik dengan sistem online maupun offline, pasti memerlukan sebuah strategi dan tips khusus untuk menjalankannya.

Memang pada dasarnya tidak setiap strategi cocok diterapkan dalam semua kasus bisnis. Sederhananya, Anda tidak bisa menerapkan taktik pemasaran offline untuk jenis bisnis yang bekerja secara online. Baik offline maupun online memerlukan penanganan berbeda sesuai dengan jenis bisnisnya.

Memang pada zaman sekarang bisnis online sedang marak dibangun di sana-sini. Cakupan bisnis online yang lebih luas mempermudah pebisnis untuk menjaring lebih banyak konsumen.

Meski terbilang menjanjikan, setiap pebisnis yang menjalankan aktivitas online membutuhkan teknik dan strategi pemasaran yang cocok untuk diterapkan dalam lingkungan tersebut. Terdengar mudah diucapkan, bukan? Namun disinilah masalah muncul.

Para pemula dalam bisnis online akan merasa kesulitan ketika memulai bisnis online. Umumnya pelaku bisnis online pemula tidak tahu dari mana dia mesti memulai bisnis, dan strategi bisnis macam apa yang perlu dilakukan.

Beruntung ada banyak hal yang bisa dipelajari untuk membangun sikap dan mental yang baik dalam mengelola bisnis; misalnya seperti bekerja keras, pantang menyerah dan berani mengambil resiko.

Jadi kalau Anda siap bekerja keras membangun bisnis online, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami produk atau jasa yang ditawarkan ke calon pelanggan. Dengan memahami benar produk yang dijual, seorang pebisnis online pemula bisa tahu kualitas barang yang akan ditawarkan ke calon pelanggan.

Kemudian dalam berbisnis, tekad dan niat yang benar-benar serius sangatlah dibutuhkan. Apakah Anda sudah benar-benar yakin ingin memulainya? Kalau Anda baru saja memulai bisnis secara online, berikut beberapa tips sebaiknya dicermati.

Menentukan Model Bisnis yang Akan Dijalankan

Penentuan model bisnis adalah langkah awal Anda untuk memulai berbisnis. Anda harus tahu rencana bisnis macam apa yang ada di dalam kepala Anda, dan apakah rencana itu bisa dijalankan atau tidak. Bersikaplah realistis terhadap rencana bisnis yang akan Anda jalankan.

Ketika Anda memulai bisnis online, pastikan Anda bisa mengambil keputusan terkait model bisnis yang akan dijalankan ke depannya. Beruntung ada banyak ide bisnis online yang bisa dijadikan inspirasi, dan beberapa diantaranya mungkin cocok dengan Anda:

Model freemium adalah model yang sangat digemari oleh startup atau usaha rintisan di berbagai macam industri. Jadi istilah freemium berasal dari kata “free” dan “mium”.

Freemium merupakan gabungan dari model free dan premium yang bermakna akan menyediakan layanan baik secara gratis maupun berbayar kepada pelanggan. Model ini bisa diterapkan bila Anda berniat membangun aplikasi mobile phone.

Dengan model freemium, Anda bisa memberi akses gratis ke pelanggan yang mau menggunakan aplikasi; namun mereka mesti membayar ketika ingin menambah layanan atau fitur khusus.

Model berlangganan atau subscription. Keunggulan dari model ini adalah memberikan kenyamanan untuk pelanggan dan pemilik bisnis. Pelanggan tidak perlu khawatir lagi tentang pembelian yang sama dalam berulang-ulang setiap bulannya. Mereka dapat menikmati layanan dengan jangka waktu tertentu.

Bila layanan tidak sesuai kebutuhan, pelanggan dapat memutuskan untuk menggantinya. Kalau Anda berminat menjalankan bisnis model ini, pastikan untuk menawarkan beragam layanan berbayar yang bisa dinikmati pelanggan.

Dengan begitu pelanggan bisa memilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja pebisnis juga perlu menyediakan layanan berlangganan produk atau jasa yang memang benar-benar berkualitas.

Model permintaan khusus atau on-demand. Model ini pada dasarnya menawarkan produk atau jasa spesifik yang membutuhkan penanganan khusus, misalnya jasa desain grafis, jasa editing video, jasa konsultasi tugas akhir, jasa konsultasi perpajakan, dan lain sebagainya.

Model custom atau barang yang bisa dikostumisasi. Model bisnis online seperti ini menyediakan produk yang kemudian dapat diubah sesuai dengan keinginan pelanggan. Model bisnis satu ini bekerja dengan cara menyediakan benda atau produk yang bisa diubah sesuai keinginan konsumen atau pelanggan.

Model pasar atau marketplace. Ini adalah model bisnis yang mempertemukan penjual dan pembeli dalam satu website. Mirip dengan mall fisik atau swalayan di dekat rumah Anda; hanya saja bisnis marketplace mengandalkan penjualan dan pembelian barang secara online.

Dari kelima model bisnis tersebut, model bisnis ala marketplace sedang naik daun di Indonesia, dengan volume transaksi yang sangat besar. Sebagai gambaran, pertumbuhan ecommerce di Indonesia pada 2017 mencapai 78% per tahun dengan nilai penjualan mencapai US$7,62 miliar.

mengenal fastwork

Membangun Website untuk Bisnis

Karena Anda akan menjalankan bisnis online, maka keberadaan website untuk bisnis jadi penting. Tujuannya supaya Anda memiliki ruang bisnis yang digunakan untuk menawarkan produk atau layanan ke konsumen atau calon pelanggan. Dan membuat website bisnis sebetulnya jadi pekerjaan yang relatif mudah dilakukan.

Saat ini Anda bisa dengan mudah menyewa jasa website developer atau pengembang yang menyediakan jasa pembuatan situs atau website. Tapi sebelum menyewa jasa developer, Anda sebaiknya memikirkan nama yang cocok untuk website.

Setelah menentukannya berdasarkan banyak pertimbangan (misalnya, namanya mudah diingat), mulailah membeli sebuah domain. Domain itulah yang nantinya akan diisi dengan halaman situs yang berisi keterangan dan informasi mengenai produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan ke konsumen.

Buatlah situs dengan tampilan yang berorientasi pada pengguna (artinya: pengguna dengan mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan). Dengan membangun sebuah website yang sesuai dengan visi bisnis, Anda akan lebih mudah membayangkan seperti apa website akan berjalan nantinya.

Misalkan saja Anda berniat membangun marketplace, maka yang dibutuhkan adalah bekerjasama dengan web developer untuk menyediakan menu dan tampilan situs yang memudahkan calon pelanggan menemukan produk atau jasa yang dibutuhkan.

Optimasi Website

Setelah website selesai dibuat dan mulai diisi dengan kontan, langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan website Anda. Sekilas pandang mudah dilakukan, meski praktiknya cukup sulit dilakukan.

Namun pada intinya optimasi situs web bertujuan supaya mesin pencari tidak hanya menemukan situs Anda, namun supaya situs Anda menempati peringkat teratas pencarian.

Yang juga perlu diingat adalah proses optimasi konten tidak hanya sekali dilakukan, melainkan dilakukan berkali-kali, sekaligus melibatkan perawatan, tes terus-menerus, pengawasan, dan tuning.

Guna membantu bisnis Anda berkembang, dan website Anda dioptimalkan dengan baik, Anda perlu bekerjasama dengan tim SEO yang memiliki pengetahuan dasar serta keterampilan yang cukup dalam bidang tersebut.

Dengan bantuan tim SEO yang cakap dalam hal perawatan serta optimasi konten website, Anda bisa memastikan kesehatan website Anda, sekaligus membuatnya tampil di peringkat teratas mesin pencari.

Memperkaya Website dengan Konten

Seandainya Anda berniat membangun marketplace, perkaranya bukan hanya pada cara menyodorkan barang jualan ke calon pelanggan, tapi juga bagaimana memperkaya website ecommerce dengan konten-konten bermanfaat untuk pengunjung atau calon pelanggan.

Coba terapkan cara, misalnya dengan menyediakan konten seputar informasi olahraga, kuliner, wisata, dan tips-tips, dan berita terbaru. Konten yang tersaji bisa hadir dalam berbagai bentuk, termasuk artikel, video, maupun desain infografis.

Sebagai ilustrasi, kalau Anda membangun situs jual beli benda-benda kerajinan, Anda bisa memperkaya situs dengan konten (video maupun artikel) berisi informasi tentang bahan-bahan ramah lingkungan, review produk, tips membuat craft unik, dan lain sebagainya.

Pendek kata, buatlah konten yang membantu konsumen memecahkan masalah yang mereka hadapi. Akan lebih baik bila kemudian produk yang dijual mampu membantu memecahkan masalah yang muncul.

Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan konten dengan core bisnis yang Anda jalankan. Adalah hal buruk bila Anda membuat konten tentang tips merangkai bunga, sementara situs Anda mengembangkan bisnis fintech.

Untuk menghindari kesalahan macam itu, ajaklah blogger bekerjasama membuat konten yang membahas isu-isu paling update guna memperkaya konten di situs marketplace yang Anda operasikan.

Konten yang dihadirkan untuk memperkaya situs bisnis online pada dasarnya berfungsi menarik lebih banyak traffic ke situs bisnis yang Anda bangun. Lebih banyak traffic yang masuk, berarti lebih besar kemungkinan produk Anda laku di pasaran.

Memperkaya situs bisnis dengan konten menarik, segar, dan inovatif akan membantu Anda mengembangkan bisnis dengan metode dan langkah yang lebih terarah. Dan dengan metode yang lebih terarah, Anda bisa menarik lebih banyak pelanggan untuk berinteraksi dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Upaya membangun bisnis yang stabil dan kuat akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Awalnya memang sulit, namun dengan konsistensi dan perencanaan terarah, bisnis Anda akan menghasilkan keuntungan kompetitif di masa depan. Di era ketika kehidupan bisnis tak bisa mengelak dari ekonomi digital, Anda perlu mengembangkan inovasi yang penting untuk menjaga kelangsungan bisnis.

Hanya saja untuk mencapai stabilitas bisnis, Anda perlu mempelajari hal-hal dasar terlebih dahulu; nah dasar-dasar itulah yang bisa dipelajari melalui tips-tips yang tertulis di bagian atas artikel ini.

Meski terdengar sederhana, tips-tips tentang cara memulai bisnis diatas merupakan panduan fundamental untuk memulai bisnis secara online. Sebetulnya masih banyak tips dan trik mengembangkan bisnis online yang perlu disebut di sini.

Namun sejumlah tips yang sudah ditulis di atas adalah dasar yang baik untuk memulai bisnis, dan merupakan tips-tips yang paling mudah diterapkan. Semoga sejumlah tips diatas membantu Anda menjalankan bisnis dengan lancar dan tanpa kendala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *