5 Langkah Memulai Karier Sebagai Freelancer Ditengah Kesibukan Kerja Full-Time

memulai karier sebagai freelancer

Hai Freebuddies, apakah kamu sedang butuh penghasilan tambahan di samping kerja full-time? Memulai karir sebagai freelancer bisa kamu coba sebagai pengisi kegiatan diwaktu free tanpa mengganggu pekerjaan utama kamu.

Ada banyak pekerjaan freelancer yang dapat kamu geluti. Terlebih bagi kamu yang memang memiliki kemampuan lebih baik dibidang tertentu, seperti desain grafis, menulis konten, atau web designer.

Lalu bagaimana cara memulai karir sebagai seorang freelancer? Silahkan simak 5 langkah memulai karir sebagai freelancer ditengah kesibukan kerja full-time yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

1. Tentukan tujuanmu

Kamu bisa memulai 5 langkah memulai karir sebagai freelancer ditengah kesibukan kerja full-time dengan menentukan tujuan mengapa kamu bekerja sebagai freelancer.

Apakah kamu hanya ingin menyalurkan hobi, atau ingin menambah penghasilan, atau kamu ingin berubah haluan ingin menjadi bos dan berhenti menjadi karyawan full time.

Setelah kamu mengetahui apa tujuan kamu memulai karir ini maka berusahalah untuk dapat fokus pada satu tujuan.

2. Fokus pada satu bidang yang paling kamu kuasai

Langkah yang selanjutnya adalah freebuddies harus memilih bidang apa yang ingin kamu geluti. Apakah itu sebagai seorang desain grafis, penulis konten, atau sebagai web designer.

Freebuddies harus memilih salah satu dari itu dan benar-benar bidang yang kamu kuasai. Hal ini sangat penting untuk meminimalisir beban kerja yang akan terasa lebih ringan.

Selain itu dengan fokus pada satu bidang saja maka nantinya klien tidak akan bingung untuk melihat sebenarnya jasa apa yang kamu kuasai.

3. Buat portofolio semenarik mungkin

5 langkah memulai karir sebagai freelancer ditengah kesibukan kerja full-time selanjutnya adalah membuat portofolio yang menarik. Portofolio yang menarik akan menentukan freebuddies untuk bisa segera mendapatkan klien.

Klien akan tertarik dengan portofolio yang lengkap. Jangan lupa untuk menyertakan pula contoh pekerjaan yang pernah freebuddies buat. Buat biografi singkat tentang dirimu agar para klien bisa lebih mengenal kamu.

4. Berikan satu contoh pekerjaanmu

Freebuddies, sebelum menawarkan jasa kamu harus membuat contoh layanan yang ingin kamu tawarkan terlebih dahulu. Jika freebuddies ingin menjadi penulis lepas maka lampirkanlah contoh tulisan terbaik yang pernah kamu buat.

Hal ini dapat menjadi pertimbangan yang sangat berpengaruh untuk kamu bisa mendapatkan seorang klien dengan mudah. Lampirkan contoh tulisan yang pernah kamu buatr tersebut kedalam portofolio.

Dengan demikian maka para klien akan semakin yakin terhadap kemampuan yang memang freebuddies miliki.

5. Promosikan dirimu sendiri

5 langkah memulai karir sebagai freelancer ditengah kesibukan kerja full-time yang paling terakhir adalah mempromosikan diri sendiri.

Kamu harus pandai mempromosikan dirimu sendiri dan tawarkan pada calon klien yang memang kamu rasa cocok dengan bidang layanan yang kamu tawarkan.

Jangan lupa pula meminta para klien yang pernah bekerja sama dengan kamu untuk memberikan testimoni atau komentar positif dalam profil kamu.

Semakin banyak freebuddies mempromosikan diri maka akan semakin banyak klien yang mengenal kamu dan tidak akan segan untuk menggunakan layanan kamu.

Berusahalah untuk selalu memeberikan yang terbaik untuk para klien yang kamu hadapi. Dengan demikian dia akan merasa puas dan kembali lagi mencari kamu untuk mengerjakan proyek darinya kembali.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai 5 langkah memulai karir sebagai freelancer ditengah kesibukan kerja full-time. Semoga dapat membantu freebuddies untuk lebih mudah memulai karir sebagai seorang freelancer.

banner fastwork id

Sumber:
Ryrob: 10 Steps to Start a Freelancing Business While Working Full-Time

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *