5 Pertimbangan Penting dalam Menentukan Harga Jual Produk

menentukan harga jual produk

Ketika kamu memutuskan untuk memulai suatu usaha atau bisnis. Salah satu bagian yang tak bisa dilewatkan adalah ketika harus menentukan harga jual produk yang akan kamu pasarkan.

Menentukan harga jual produk atau jasa tidak bisa dianggap sebagai hal sepele. Menentukan harga dari suatu produk tentu menjadi salah satu keputusan paling menantang yang harus diambil para pebisnis.

Harga terlalu tinggi akan membuat bisnis kamu sangat sulit menarik minat pembeli. Sebaliknya, harga terlalu murah akan membuat keuntungan kamu tidak dapat menutupi biaya pengeluaran usaha kamu.

Lalu apa sebaiknya yang harus kamu lakukan? Berikut adalah 5 pertimbangan penting dalam menentukan harga jual produk.

1. Menentukan jumlah pendapatan yang ingin didapat

Jumlah pendapatan yang dimaksud disini adalah hasil pemasukan dimana uang tersebut tidak hanya untuk menutupi berbagai biaya yang muncul tapi juga mendapatkan keuntungan yang digunakan untuk mengembangkan usaha.

2. Menentukan jumlah biaya yang diperlukan untuk menghasilkan produk

Dalam menentukan sebuah produk, penting sekali untuk membuat perincian biaya yang kita keluarkan di dalam membuat sebuah produk.

Buat detail yang rinci dan jelas dan jangan lupakan biaya yang bersifat operasional seperti biaya listrik, internet, transportasi, dll yang tidak langsung mempengaruhi produksi.

Ketepatan perhitungan biaya dapat membantu kamu untuk memutuskan harga jual yang tentunya tidak akan merugikan usaha kamu.

3. Mengetahui harga pesaing

Bila kita berbicara sebuah produk tentunya tak lepas dari produk pesaing lainnya. Selalu ada saja bandingan untuk satu produk.

Dalam menentukan harga pasar sebaiknya harga jual produk atau jasa yangkamu tawarkan tidak jauh berbeda dengan harga pesaing.

Namun sah-sah saja menetapkan harga sedikit lebih tinggi jika produk yang kamu tawarkan mempunyai kelebihan dibanding produk pesaing serupa.

4. Menentukan siapa pelanggan dan calon pelanggan

Tentu ketika mempunyai ide untuk membuat sebuah produk, kamu sudah tahu siapa sajakah sasaran produk kamu? Pertanyaan ini harus dapat kamu jawab sebelum menempelkan label harga pada produk kamu.

Karena jika kamu sampai salah memasang harga produk, kamu akan menghadapi masalah dimana orang-orang memutuskan untuk tidak membeli produk yang kamu tawarkan.

Sederhana saja, kalangan menengah ke atas tidak akan melirik produk kamu jika harga yang ditawarkan terlalu murah (meskipun dengan kualitas baik).

Sebaliknya, kalangan menengah ke bawah tidak akan melirik produk kamu jika harga yang kamu tawarkan sangat tinggi.

5. Mengetahui trend yang ada

Bila berbicara tentang trend tentu kita akan selalu berpikir kepada perubahan. Tidak ada trend yang abadi bukan? Dengan memahami trend masa kini dan bersifat lebih terbuka dengan kemajuan, kamu dapat mengetahui kebutuhan pelanggan bahkan sebelum pelanggan tahu apa yang mereka butuhkan.

Hal ini bisa menjadikan kamu sebagai pelopor dalam suatu inovasi produk yang memungkinkan usaha kamu merajai pasar.

Demikianlah 5 pertimbangan yang perlu kamu pikirkan sebelum kamu memutuskan untuk menetapkan suatu harga kepada produk.

Perlu kamu ingat bahwa harga akan sangat mempengaruhi berapa jumlah keuntungan yang bisa kamu nikmati dan berapa lama jangka waktu yang kamu perlukan sampai bisa meraih balik modal dan tentunya berapa lama produk kamu tetap bertahan bersaing di pasar.

Maka kami harap pertimbangan di atas dapat bermanfaat kamu. Setelah harga ditentukan, maka memonitor harga secara berkelanjutan harus dilakukan karena harga juga menentukan tingkat keuntungan yang didapatkan.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *