Cara Mengatasi Ulasan Negatif Pelanggan

Hi, Freebuddies! Semua Freelancer pasti akan melihat artikel yang menceritakan rahasia tentang membuat profile yang menarik pelanggan, atau bagaimana cara bekerja agar disenangi oleh pelanggan sehingga mendapatkan rating tinggi.

Namun hampir tidak ada artikel yang menjelaskan tentang kegagalan yang mungkin terjadi di dalam kehidupan freelancer, seperti mendapatkan ulasan yang buruk atau mendapatkan keluhan dari pelanggan.

Padahal kesalahan ini bisa menjadi bermanfaat jika kamu bisa memperbaikinya. Nah, maka dari itu yuk kita berdiskusi bagaimana cara kita menghadapi saat kita menerima ulasan buruk dari pelanggan.

Seberapa pentingkah ulasan? Ulasan merupakan salah satu parameter utama yang dilihat oleh pelanggan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa kamu.

Dengan adanya ulasan buruk, pelanggan berikutnya mungkin saja langsung kehilangan kepercayaan dan meragukan kemampuan kamu, meskipun sebelumnya kamu bekerja dengan sangat baik dan memiliki lebih banyak ulasan yang memuaskan.

Ini merupakan hal yang wajar, karena manusia cenderung lebih fokus pada kesalahan dibandingkan kesuksesan. Maka dari itu, kita harus menemukan cara yang tepat untuk mengatasi hal ini.

special40

Menjaga Komunikasi

Komunikasi yang baik antara Freelancer dan Pelanggan adalah salah satu kunci agar tidak mendapatkan ulasan yang buruk. Tentu saja kita tidak dapat memaksa pelanggan untuk memberikan ulasan bagus ketika beliau tidak menyukai dengan pekerjaan kita.

Pelanggan harus memberikan ulasan sesuai dengan kenyataan, dan ini adalah hal yang normal. Namun bukan berarti kita tidak memiliki kemampuan yang baik atau tidak cocok menjadi freelancer, tapi mungkin kamu hanya belum memahami apa yang diinginkan oleh pelanggan.

Maka dari itu, tanyakan semua informasi yang kamu butuhkan terkait pekerjaan dan bagaimana pelanggan ingin pekerjaannya dikerjakan, seperti jenis artikel apa yang dibutuhkan, topiknya akan seperti apa, durasi waktu yang dibutuhkan, dan lainnya sehingga kamu bisa mengerjakan dengan baik.

Selain ingin membangun komunikasi yang baik, hal ini menunjukan bahwa freelancer peduli dengan pekerjaannya dan akan mendapatkan respon baik dari pelanggan.

Tetap Semangat

Untuk Freebuddies yang mendapatkan ulasan buruk, jangan stress ataupun berkecil hati. Ingatlah bahwa kesalahan saat bekerja merupakan hal yang wajar dan bisa terjadi pada siapa saja. Hal yang paling penting adalah dapat belajar dari kesalahan, tidak mengulangi lagi dan fokus pada pengembangan diri!

Ketika menerima ulasan buruk, segera hubungi pelanggan dan tanyakan hal apa saja yang membuat pelanggan kurang puas terhadap pelayanan atau hasil kerja kamu.

Jika kamu sudah mengetahui kesalahan apa saja yang telah kamu lakukan dari pekerjaan sebelumnya, temukan solusi yang tepat untuk memperbaiki kekurangan tersebut dan segera lakukan! Kembangkan juga keterampilanmu agar hasil kerja semakin memuaskan. Setelah pengembangan dan perbaikan ini, yakinlah bahwa ulasan berikutnya pasti bagus!

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *