3 Cara Sederhana Mengelola Beban Kerja Freelance Kamu

mengelola beban kerja freelance

Freebuddies masih kesulitan mengatur waktu untuk mengelola beban kerja sebagi seorang freelancer? Tidak perlu risau, kamu bisa belajar bagaimana cara yang paling tepat untuk mengatur apa saja pekerjaan yang akan kamu kerjaan, dan kapan pekerjaan tersebut harus selesai sesuai permintaan klien.

Pada artikel kali ini Fastwork akan berbagi informasi mengenai cara sederhana untuk mengelola beban kerja seorang freelancer yang perlu kamu ketahui.

Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Bangun komunikasi dengan klien

Hal pertama yang akan kamu lakukan sebelum mengerjakan job adalah berkomunikasi terlebih dahulu dengan calon klien yang kamu miliki.

Pada saat ini kamu harus yakin sudah paham menganai apa saja permintaan dari klien. Freebuddies juga harus menentukan bayaran yang sesuai untuk pekerjaan kamu tersebut.

Pastikan pula tanggal yang diminta oleh klien sebagai deadline yang harus kamu kejar. Jika ada informasi yang kurang jelas dan kurang kamu pahami dengan baik maka mintalah klien untuk menjelaskannya kembali.

Inilah cara sederhana untuk mengelola beban kerja seorang freelancer yang perlu kamu lakukan dengan baik dan benar.

2. Buat daftar pekerjaan dari para klien

Setelah berkomunikasi dengan baik maka kamu akan mendapatkan informasi penting mengenai hal apa saja yang diminta oleh klien.

Cara sederhana untuk mengelola beban kerja seorang freelancer yang selanjutnya adalah Freebuddies harus mencatatnya dengan benar.

Buatkan daftar dari setiap job yang kamu terima dan urutkan sesauai dengan tanggal penerimaan job atau tanggal deadline. Inilah daftar yang setidaknya harus kamu miliki.

Tanggal terima job

Tanggal terima job adalah tanggal kapan Freebuddies mulai menerima job yang diberikan oleh klien. Hal ini tentu saja sesudah komunikasi yang dibutuhkan antar kedua belah pihak sudah selesai dan disepakati oleh keduanya.

Kamu harus mencatat kapan kamu menerima job tersebut agar dapat kamu urutkan dengan mudah.

Detail job

Selain menuliskan mengenai tanggal terima job kamu juga harus menulis detail job yang harus kamu kerjakan. Jangan sampai karena lupa mencatat permintaan klien Freebuddies tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai yang diminta.

Tulis detail job secara rinci dan sejelas mungkin sebelum memulai mengerjakan.

Tanggal selesaikan job

Setiap klien pasti menentukan tanggal yang harus kamu jadikan patokan sebagai tanggal kamu menyelesaikan pekerjaan yang diminta oleh klien.

Klien biasanya memutuskan tanggal sesuai dengan keputusan bersama. Sesuaikan dengan beban kerja serta daftar pekerjaan yang mungkin sudah kamu miliki sebelumnya.

Jangan memaksakan diri jika memang tidak memungkinkan. Pikirkan pula waktu istirahat yang harus kamu nikmati dengan cukup.

3. Kerjakan sesuai urutan daftar pekerjaan

Setelah memiliki daftar pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan dengan lengkap maka kamu harus mulai meyusunnya sesuai dengan urutan yang paling dekat waktunya.

Urutkan sesuai deadline yang diminta oleh klien. Jadi kamu bisa memantau hari ini harus mengerjakan job yang mana.

Jika salah jadwal maka yang akan terjadi bukannya semua pekerjaan selesai sesuai jadwalnya justru kamu bisa kesulitan sendiri karena waktu yang terbuang karena salah mengerjakan job yang paling dekat waktunya dengan deadline yang telah di tetepkan.

Inilah cara sederhana untuk mengelola beban kerja seorang freelancer yang perlu kamu terapkan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara sederhana untuk mengelola beban kerja seorang freelancer. Semoga bermanfaat untuk para Freebuddies.

banner fastwork id

Sumber:
99designs: 3 simple ways to manage your freelance workload

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *