Mengenal Layanan Cloud Computing yang Dibutuhkan Perusahaan

layanan cloud computing

Taukah Freebuddies tentang cloud computing? Secara bahasa, cloud computing diartikan sebagai komputasi awan, yaitu paduan teknologi yang menggunakan komputer dan pengembangan berbasis internet.

Sebetulnya, cloud adalah istilah yang biasa digunakan dalam dunia teknologi dan diharapkan dapat diakses melalui jaringan internet.

Teknologi yang berbasis cloud semua data disimpan dalam server dan diakses menggunakan jaringan internet. Jadi tak perlu lagi melakukan instalasi aplikasi pada perangkat komputer, tetapi sebagai gantinya harus terhubung dengan internet untuk mengakses data demi menjalakan aplikasi pada cloud tersebut.

Penting bagi Freebuddies untuk mengenal layanan cloud computing yang dibutuhkan perusahaan.

Apa itu Cloud Computing?

Seperti yang sudah diulas tadi, bahwa cloud computing tak perlu menginstall software tetapi hanya perlu terhubung ke internet.

Untuk mengetahui lebih jelas apa itu sistem cloud computing bagi perusahaan khususnya? Simak sistem kerja cloud computing berikut ini.

Sistem Kerja Cloud Computing

Banyak pertanyaan tentang cloud computing itu seperti apa, sebetulnya sistem ini merupakan jaringan yang memanfaatkan teknologi komputer/laptop dengan basis internet.

Dimana dalam mengembangkan teknologi ini semua data akan disimpan ke dalam server-server internet. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi atau jenis software yang juga akan tersimpan di server internet.

Biasanya cloud server Indonesia akan memudahkan penggunaan cloud computing bagi para pengguna, terutama perusahaan yang berskala besar.

Pada proses menjalankan aplikasi maka akan memberikan instruksi di aplikasi yang sedang dijalankan.

Dimana instruksi tersebut terkirim pada server melalui internet, dan kemudian diolah server dengan hasil bisa dilihat di data komputer. Inilah cara kerja cloud computing yang sangat menguntungkan.

Layanan Cloud Computing bagi Perusahaan

Bagi perusahaan besar, layanan cloud computing mungkin akan sangat penting karena untuk menunjang bisnis yang dijalankan. Inilah layanan cloud computing yang dibutuhkan perusahaan, antara lain:

PaaS/Platform as a Service

Taukah Freebuddies layanan cloud computing ini mempunyai bentuk platform yang menarik? Pasalnya bisa diterapkan untuk membuat layanan aplikasi dengan fitur utama PaaS.

Nah, PaaS merupakan skalabilitas yang banyak digunakan oleh pengguna aplikasi. Penyedia PaaSS akan membantu aplikasi untuk melayani para pengguna media online.

Beberapa contoh PaaSS adalah IMB Bluemix. Uniknya para Freebuddies akan bisa membuat aplikasi sendiri berkat ftur yang tersedia pada layanan PaaSS.

IaaS/Infrastructure as a Service

Selain Penyedia layanan IaaS, Freebuddies juga bisa mengetahui layanan lain seperti IaaS atau Infrastructure as a Service.

Pada layanan ini menawarkan sumber komputasi yang lumayan memadai, misalnya server, jaringan, storage, dan ruang data center. Biasanya jika menggunakan layanan IaaS, Freebuddies sama saja sedang meminjam jenis komputer virtual yang masih kosong.

Lantas, mengapa demikian? Hal ini karena saat layanan disewa, Freebuddies bisa dengan mudah menambahkan komponen komputasi. Adapun kompunen komputasi termasuk hardware dan software pada perangkat komputer, seperti CPU, RAM, Publik IP, dan storage.

SaaS/Software as a Service

Satu lagi SaaS atau Software as a Service yang merupakan layanan cloud computing dalam bentuk software unik.

Bahkan layanan ini biasa digunakan untuk kegiatan kantor atau tugas kuliah para pengguna komputer dan internet. Beberapa contohnya adalah Spreadsheet, Google Docs, dan Adobe Creative Cloud.

Tidak hanya itu, Freebuddies dapat mengakses jenis aplikasi dengan mudah tanpa harus menggunakan perangkat storage khusus sebagai penyimpan aplikasi. Secara tidak langsung, aplikasi tersebut tidak diketahui secara fisik.

Namun penyedia SaaS akan menjamin reliabilitas aplikasi atau software miliknya, sehingga pengguna tak akan dikecewakan.

Bagaimana, Freebuddies sudah mengenal layanann cloud computing yang dibutuhkan perusahaan? Semoga saja berkat layanan tersebut pekerjaan perusahaan akan semakin mudah dalam menjalankan sistem software dan aplikasi.

banner fastwork id

1 thought on “Mengenal Layanan Cloud Computing yang Dibutuhkan Perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *