5 Cara Mudah Meningkatkan User Engagement pada Website

Membangun relasi dan tetap berhubung kepada pelanggan merupakan hal yang sangat penting terutama untuk kita yang menekuni dunia bisnis.

Hal ini merupakan bagian dalam user engagement yang mana mempunyai makna penilaian respon individu terhadap beberapa jenis penawaran, seperti produk, layanan, atau situs web.

Didalam sebuah web keteribatan pengguna (user engagement) merupakan kunci utama dan sama pentingnya dengan visibilitas di search engine.

Selain meningkatkan nilai merek kamu, hal itu juga membantu untuk meningkatkan peringkat SEO kamu. Secara tidak langsung, user engagement mempengaruhi banyak tidaknya jumlah pengunjung sebuah web.

Dalam meningkatkan user engagement, maksimalkan kesan pertama ketika seorang pelanggan mengunjungi situs web. Kamu harus bisa meyakinkan mereka bahwa situs web yang kamu miliki berguna untuk mereka.

Jika pelanggan mulai meninggalkan website kamu dalam durasi waktu yang singkat, hal itu akan meningkatkan tingkat bouncing dan menurunkan posisi kamu di Google SERPs.

Untuk meningkatkan user engagement, berikut 5 langkah-langkahnya :

hire sekarang

1. Desain web yang sederhana namun menarik

Saat seorang pengunjung web mengunjungi situs anda, selain isi konten yang dia perhatikan salah satunya adalah desain web.

Sebuah desain web yang sederhana akan mempertajam fokus dari elemen penting yang ada di website anda. Selain itu, desain yang minimalis akan mempersingkat waktu muat dari sebuah halaman web.

Pertimbangkan hal ini jika anda akan membuat desain suatu web

2. Menyediakan kolom komentar

Adanya kolom komentar akan membuat pelanggan jauh lebih. Menurut sebuah laporan Demand Metric, 45% dari pelanggan telah melaporkan bahwa konten Interaktif ini sangat efektif dalam mendidik pelanggan dan dengan demikian meningkatkan keterlibatan para pelanggan.

Ajak pengunjung website kamu untuk ikut berpartisipasi dengan meminta saran mereka melalui kolom komentar tentang suatu gagasan atau tulisan yang kamu publish.

3. Lakukan survei online untuk memahami motif pelanggan

Selain kolom komentar, menyediakan jajak pendapat dan survei merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan keterlibatan pengunjung website.

Untuk melakukan hal ini kamu tidak perlu mengirimkan sebuah email secara personal ke masing-masing pelanggan karena hal ini akan memiliki tingkat respons yang relatif lebih sedikit.

Cukup sertakan sebuah jajakan/poll pendapat generik di tengah-tengah halaman web kamu atau di samping atau membungkusnya sebagai pop-up.

Kamu dapat meminta pengguna untuk memberikan keterangan mengenai motif mereka untuk mengunjungi halaman web dan jika mereka merespon, kamu dapat menggunakan kesempatan ini untuk menganalisis efisiensi dari sumber lalu lintas kamu.

4. Berikan reward dan insentif

Memberikan reward kepada pengguna web bukanlah suatu hal yang jarang. Ini banyak dilakukan oleh semua pemilik web guna meningkatkan traffic kunjungan ke web mereka.

Memberikan reward berupa give away cara yang baik memancing pengguna agar aktif di web kamu.

Cara-cara yang biasa dilakukan oleh pemilik website adalah meminta pengguna web mengisi survey atau data diri lalu pengunjung akan mendapatkan e-book gratis dan sebagainya.

Dengan cara seperti ini, pengunjung akan lebih aktif untuk berinteraksi di website kamu.

5. Sebarkan review pelanggan di media sosial

Selain untuk mempromosikan produk kamu, media sosial bisa menjadi sarana untuk melakukan pendekatan diri kepada pelanggan dengan cara menyebarkan review dari pelanggan kamu.

Review yang positif akan membangun kepercayaan pada calon pelanggan untuk menggunakan jasa atau produk kamu.

Calon pelanggan tentunya akan lebih mempercayai review dari pelanggan lain dibandingkan dengan iklan. Karena review itu bersifat lebih jujur dan aktual daripada iklan yang bersifat persuasif (mengajak).

Review positif dari pelanggan menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap website kamu dan itu akan menjadi salah satu nilai positif yang meningkatkan user engagement website kamu. Meningkatkan user engagement adalah hal yang terus kamu lakukan.

Apapun strategi yang kamu gunakan, selalu lakukan dengan konsisten. Berikan mereka pengalaman yang konsisten dan ciptakan rasa percaya terhadap brand kamu mulai dari interaksi pertama mereka hingga menjadi pelanggan setia produk kamu.

Hal ini akan membuat brand kamu dihargai. Inilah alasan mengapa keterlibatan pelanggan sangat penting dalam strategi pemasaran.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *