Bagaimana Menjadi Blogger Professional?

Dunia maya tidak hanya menjadi tempat bermain atau mencari informasi. Bagi beberapa orang, dunia maya juga telah menjadi ladang uang yang menyimpan berjuta peluang.

Bahkan aktivitas blogging yang awalnya hanya menjadi hobi bisa diubah menjadi kerja sampingan bahkan profesi. Namun untuk mendulang uang dari aktivitas ini, ada beberapa hal yang sebaiknya harus dikuasai.

Kemampuan Menulis

jasa penulis artikel Blogger adalah profesi yang banyak mengandalkan kemampuan menulis sebagai modal utamanya. Mereka adalah penjual cerita dan informasi dalam artian yang positif.

Mereka menawarkan satu perspektif yang lebih kasual, santai dan ringan. Pendapat jujur mereka akan sesuatu juga membuat banyak orang menjadikan beberapa blogger sebagai referensi dalam mengambil keputusan.

Karena banyak menulis, kemampuan menulis jelas menjadi kemampuan wajib para blogger. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang blogger, Anda harus menguasai kemampuan ini.

Bukan hanya sekedar menulis, Anda juga harus mampu menyajikan sebuah tulisan yang disukai oleh para pembaca. Kreativitas juga akan menentukan kesuksesan usaha sampingan yang satu ini.

Pengetahuan Content Management

jasa blogger Blogging sebagai kerja sampingan tidak hanya sekedar menulis artikel atau cerita dan mempublikasikannya di blog. Anda tidak akan mendapatkan banyak pembaca jika hanya melakukan hal tersebut.

Harus ada strategi manajemen konten yang tepat. Mulai dari bagaimana konten dipublikasikan dan kapan waktu mempublikasikan konten juga perlu dipertimbangkan.

Seorang blogger profesional memiliki kemampuan content management yang baik. Mereka tahu bagaimana cara mempublikasikan konten buatannya agar berpeluang lebih tinggi untuk dibaca oleh banyak orang.

Itulah kenapa urutan konten yang mereka publikasikan terlihat runtut dan saling berkaitan. Mereka mampu membuat setiap konten tidak berdiri sendiri-sendiri melainkan berdiri sebagai satu kesatuan utuh.

Baca juga:  4 Tips Membuat CV Menarik dan Kreatif

Pengetahuan Teknis Website

Seorang blogger profesional bisa saja memiliki tim yang membantunya dalam membuat konten dan berbagai urusan lain yang berkaitan dengan blogging.

Meski demikian, tidak sedikit juga blogger profesional yang bekerja seorang diri, terlebih para blogger yang baru merintis blog-nya. Segala urusan dikerjakan seorang diri. Bahkan urusan teknis website juga dikerjakan seorang diri.

Karena itulah, seorang blogger biasanya memiliki pengetahuan teknis website yang cukup mendalam. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang memiliki kemampuan programming dasar, khususnya HTML.

Jika Anda benar-benar serius ingin menjadikan blogging sebagai usaha sampingan, Anda harus menguasai teknis website. Tidak harus ahli programmer web, cukup tahu dasar-dasarnya seperti bagaimana cara menggunakan CMS dan bagaimana membuat blog Anda live dan bisa diakses saja sudah lebih dari cukup.

Pengetahuan Bisnis dan Marketing

Blogging sebagai usaha sampingan tentu berbeda dengan blogging sekedar sebagai hobi. Anda harus menyikapinya sebagai sebuah bisnis yang serius. Jadi selain ketiga kemampuan di atas, Anda juga harus memiliki pengetahuan yang cukup seputar bisnis dan marketing.

Dari kemampuan inilah blog yang Anda buat akan menghasilkan uang. Kemampuan marketing juga dibutuhkan untuk membantu memasarkan konten yang Anda buat. Memasarkan konten memang penting. Dengan memasarkan konten inilah, konten yang Anda buat bisa menjangkau banyak orang.

Blogging memang memiliki peluang untuk mendulang uang. Aktivitas blogging pun terus berkembang. Sumber pemasukan dari aktivitas ini semakin beragam.

Mulai dari iklan, jasa pembuatan konten hingga jualan produk buatan sendiri, semua bisa dilakukan jika blog yang dibangun sudah memiliki traffic yang cukup tinggi. Namun sebelum menjadikan blogging sebagai kerja sampingan, pastikan untuk menguasai semua kemampuan yang diperlukan.

Baca juga:  6 Pekerjaan Freelance yang Bisa Dilakukan Mahasiswa

banner fastwork id

One Response

  1. Kalau saya menjadi blogger sederhana saja sudah cukup mas, cukup buat ide kreatif dan rajin menulis serta memahami seluk beluk algoritma google 🙂
    Salam kenal 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top