Dari Karyawan Kantoran, Menjadi Full Time Freelancer, Kini Sudah Memiliki Studio Sendiri!

Hi Freebuddies! Kami ingin mengenalkan salah satu Freelancer kami, Khun Patchara Jirajaturapak atau biasa dipanggil Khun Mui. Khun Mui merupakan salah satu penulis freelance di Fastwork yang memiliki kisah menginspirasi!

Khun Mui dulunya adalah seorang karyawan kantoran, namun memutuskan untuk menjadi full-time freelancer dan kini memiliki studionya sendiri hanya dalam satu tahun! Yuk simak kisahnya melalui wawancara yang dilakukan oleh Fastwork dengan Khun Mui.

Ia juga berbicara tentang bagaimana cara agar pekerjaan kita laris lho.

special40

Apa pekerjaanmu saat ini?

Sekarang aku sebagai full time freelancer, membuka studio, bekerja sebagai graphic designer dan membuat line stiker dalam satu tahun terakhir.

Berapa lama kamu telah bekerja sebagai freelancer?

Awal mulai bekerja setelah selesai sekolah, namun karena pekerjaannya tidak berkelanjutan, jadi aku memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan.

Pulang kantor, masih harus melanjutkan pekerjaan. Sampai akhirnya aku melihat iklan Fastwork di Facebook, iseng mendaftar, lalu mendapat order hingga sekarang. Kalau di Fastwork saat ini sudah 2 tahun.

Apa pekerjaanmu sebelum di Fastwork?

Aku bekerja sebagai Graphic Designer untuk salah satu brand kosmetik. Pekerjaannya cukup bermacam-macam mulai dari desain kemasan, banner, logo, booth. Cukup melelahkan.

Mengapa dulu memilih freelance dibandingkan menjadi karyawan?

Sebenarnya karena aku menyadari bahwa pekerjaan di perusahaan tersebut menghasilkan lebih sedikit uang dibandingkan pekerjaan dari Fastwork. Lalu ketika aku memiliki cukup uang yang cukup “hanya untuk makan”, aku memutuskan untuk meninggalkan pekerjaanku dan bekerja full time sebagai freelancer.

Bisa berikan tips bagi teman-teman freelancer lain agar pembeli tertarik dan membeli jasa?

Yang paling penting adalah profil dan foto produk pekerjaan. Coba gunakan warna-warna yang mencolok sehingga menarik pelanggan.

Baca juga:  7 Tips Sederhana Menulis Cerpen untuk Pemula

Jangan lupa untuk selalu online. Cobalah online lebih sering saat malam hari. Selalu balas chat pelanggan dengan cepat, karena semakin cepat, kesempatan mendapat pekerjaan semakin besar.

Jika kamu tidak bisa membalas dengan cepat, setidaknya balas tidak lebih dari 1 hari. Jika ada pelanggan yang mengirimkan pesan untukku, aku selalu memperkenalkan diri terlebih dahulu dan aku menunjukkan pekerjaan apa yang pernah aku lakukan sebelumnya.

Jika pelanggan tidak langsung meminta penawaran kerja, aku akan memulai diskusi tentang apa yang dibutuhkan pelanggan. Sebelumnya, aku memiliki template briefing tentang pekerjaan, pricelist dan hasil yang akan didapatkan.

Briefing tersebut aku kirimkan setiap pelanggan mengirimkan pesan. Namun dengan briefing seperti itu, pelanggan tidak akan mengerti bagaimana kita bekerja dan hasilnya tidak akan menggunakan jasa kita.

Tips:

  • Gunakan foto produk dengan warna-warna mencolok yang menarik perhatian
  • Online sesering mungkin
  • Membalas chat pelanggan dengan cepat
  • Tawarkan tambahan jasa untuk pelanggan
  • Diskusikan pekerjaan secara detail agar pelanggan paham sebelum mengirimkan penawaran pekerjaan.

Apa arti Fastwork untukmu?

Fastwork benar-benar membantuku sebagai Freelancer karena Fastwork menyediakan cara untuk menemukan pelanggan dan Freelancer tidak harus melakukan apapun, hanya membuat produk pekerjaan.

Pelanggan yang datang kepada freelancer. Aku, sebagai freelancer, hanya harus melayani pelanggan dan mengerjakan pekerjaan dengan baik. Hanya itu kewajibanku di sini.

Ada yang ingin disampaikan seputar freelance?

Ada, kepada teman-teman yang tertarik untuk bekerja sebagai freelancer: Aku mengenalkan dunia freelancer ke banyak temanku, namun tidak ada yang sungguh-sungguh melakukannya.

Hanya ada satu orang teman dekatku yang akhirnya benar-benar mendaftar dan kini akhirnya bekerja sebagai part-time freelancer yang cukup sukses. Freelance tentunya tidak mudah, tapi tentunya akan ada hasil yang sepadan dengan usaha yang kita keluarkan.

Baca juga:  Hal-hal Penting dalam Membuat Multilingual Website

Hal paling penting dalam dunia freelance: niat dan tindakan. Dua hal inilah yang aku ingin semua orang coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top