Online Marketing untuk Lebih Banyak Pengunjung ke Toko Offline Anda

online marketing toko offline

Online marketing tidak hanya efektif untuk memasarkan bisnis online. Bisnis offline juga bisa menggunakan cara serupa, hanya saja dengan gol sedikit berbeda.

Salah satu gol yang dimaksud adalah mendatangkan pengunjung ke toko fisik dan melakukan transaksi jual beli. Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda akan membutuhkan lebih dari sekadar jasa pembuatan website.

special40

1. Jual Online, Ambil Barang di Toko Fisik

Prosedur jual-beli online biasanya berawal dari membuat pesanan, bayar tagihan hingga akhirnya barang dikirim ke alamat tujuan. Namun, jika tujuannya adalah menarik pengunjung ke toko offline, Anda bisa menyediakan satu opsi baru. Anda bisa membuka pemesanan secara online dan mempersilahkan pembeli mengambil barang pesanannya dari toko offline.

Cara seperti ini memberi dua keuntungan sekaligus kepada pelaku usaha. Selain berhasil mencetak penjualan, online marketing yang dilakukan juga mampu menarik pengunjung datang langsung ke toko offline.

2. Gunakan Data Insight untuk Meningkatkan Personalisasi

Online marketing memang mampu menjangkau pasar yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Namun, keunggulan tersebut akan terasa sia-sia jika pesan yang disampaikan tidak berhasil menyentuh pasar yang tepat dan dengan cara tepat pula. Daripada membuat materi pemasaran generik, cobalah untuk membuatnya lebih personal.

Gunakan data insight perihal target market Anda. Kenali isu yang mereka pedulikan dan buat konten pemasaran yang relevan dengan hal tersebut. Hanya dengan menyebutkan nama konsumen ke dalam materi pemasaran, mereka akan merasa cukup diperhatikan.

3. Prioritaskan Perangkat Mobile

Sebelum Anda menghubungi jasa pembuatan website, ingat bahwa saat ini ada lebih banyak orang yang mengakses internet melalui perangkat mobile, khususnya smartphone. Jika ingin membuat website atau strategi pemasaran online, pastikan untuk mobile-first.

Pastikan website yang Anda buat sudah mobile friendly. Jika ingin memasarkan solusi, gunakan media sosial atau marketplace yang ramah perangkat mobile. Bahkan, saat membuat materi pemasaran seperti desain banner, ukurannya harus disesuaikan dengan perangkat mobile.

4. Kembangkan Online dan Offline SEO

Saat ingin mengunjungi tempat tertentu tapi tidak tahu lokasinya, apa yang akan Anda lakukan? Pada era digital seperti sekarang ini, pasti banyak yang menggunakan aplikasi peta digital untuk menemukan tempat-tempat seperti ini. Namun, aplikasi peta digital pun berkembang. Selain mampu menjadi penunjuk arah, aplikasi ini kini juga mampu menampilkan tempat-tempat rekomendasi beserta review terkait tempat tersebut.

Bayangkan bagaimana jadinya jika toko offline Anda banyak mendapat review positif bahkan menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan. Orang tentu akan merasa lebih yakin. Tidak jarang mereka akan merasa penasaran dan mencoba mengunjungi toko offline Anda.

5. Fleksibel dengan Kampanye Bisnis

Selera pasar akan terus berubah. Begitu juga kompetitor dan strategi pemasaran yang mereka terapkan. Karena itu, Anda harus fleksibel dengan kampanye bisnis atau strategi pemasaran yang diterapkan. Jangan ragu mengubah strategi jika memang sudah tidak efektif lagi.

Efektivitas online marketing sangat bergantung pada media promosi yang digunakan dan pesan yang disampaikan. Jika tujuannya adalah meningkatkan jumlah pengunjung toko offline, pastikan untuk memadukan keduanya dengan cara sesuai.

Jika ingin membuat website, jangan lupa masukkan kata kunci yang relevan dengan solusi yang ditawarkan dan lokasi tempat toko offline Anda. Pastikan Anda menggunakan jasa pembuatan website. Dengan demikian, website Anda akan terlihat profesional dan memenuhi tujuannya untuk memancing pengunjung ke toko offline.

Refernsi: business.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *