4 Pekerjaan Freelance yang Paling Menjanjikan

pekerjaan freelance menjanjikan

Siapa bilang menjadi seorang freelancer tidak dapat menjadikan kantong kamu penuh secara finansial?

Dengan kondisi yang sudah banyak mengandalkan teknologi seperti sekarang, menjadi seorang freelancer malah bisa jadi merupakan salah satu pilihan cerdas untuk dapat tetap memiliki hubungan sosial yang baik namun tetap memiliki pendapatan yang menarik.

Maklum keseharian seorang freelancer biasanya tidak terikat dengan ruang dan juga waktu. Kamu dapat mengerjakan pekerjaan di mana saja, bisa dirumah, taman, kafe ataupun saat kumpul keluarga. Yang terpenting kamu memilki koneksi internet yang mumpuni.

Jika kamu tertarik untuk mencoba berprofesi sebagai seorang pekerja freelance, inilah beberapa jenis pekerjaan cukup menggiurkan yang bisa kamu lakoni. Yuk cek!

1. Editor

Ada banyak tawaran kerja freelance menjadi editor tersebar yang bisa diakses di internet. Beberapa pekerjaan jenis ini antara lain untuk editor buku, proofreader, hingga editor untuk beberapa media online.

Sistem kerja freelance ini setidaknya terbagi ke dalam dua skema. Untuk editor buku misalnya, biasanya kamu diharuskan datang ke kantor untuk briefing dalam waktu tertentu.

Pihak perusahaan biasanya memiliki aturan-aturan tertentu yang mengharuskan freelancer dan perusahaan harus membicarakan aturan main dalam kerja pengeditan.

Ada juga skema lain yang tidak mengharuskan antara freelancer dan klien untuk bertemu. Jadi hasil pekerjaan yang dikerjakan freelancer cukup dikirim dengan melalui email saja.

Bayaran kerja freelance untuk editor ini cukup menggiurkan. Ada yang dihitung berdasarkan jumlah jumlah projek yang dikerjakan, ada juga yang dihitung bulanan.

Misalkan untuk editor buku, kamu berhasil mengedit 5 buku dalam sebulan. Maka fee kamu akan dibayar sesuai banyaknya buku yang diedit.

Ada juga yang dibayar bulanan. Seberapapun buku yang selesai kamu edit, fee kamu tetap dibayar untuk satu bulan.

2. Writer

Jenis pekerjaan satu ini sangat banyak dibutuhkan dan menjadi peluang besar bagi penulis kerja freelance. Para penulis freelance bisa bekerja untuk penerbut buku, media online, hingga penulis konten untuk beberapa situs perusahaan.

Sistem pembayaran atau fee yang dibayarkan untuk penulis freelance juga beragam. Ada yang dibayar sesuai jumlah viewers seperti yang diberlakukan oleh media online UCNews atau Babe.

Untuk menulis di dua situs tersebut, semakin artikel kamu banyak dibaca, semakin banyak uang yang masuk ke rekening kamu dengan menulis di di situs-situs tersebut.

Jangan salah, ada banyak penulis freelance yang meraup jutaan hingga puluhan juta berkat menulis di dua situs tersebut. Semakin viral tulisan kamu, semakin banyak duit kamu.

Ada juga sistem upah lain untuk seorang penulis freelance yaitu sesuai jumlah artikel yang ditulis. Jika kamu membuat 100 artikel dalam sebulan, maka klien akan membayarkan fee sesuai besaran yang telah disepakati dari awal.

3. Web developer

Peluang mendapat uang dari seorang web developer saat ini makin terbuka lebar. Di zaman internet dan digital seperti sekarang pasti banyak pihak-pihak yang ingin membuat website untuk menopang bisnis atau kebutuhan kerjanya.

Maka jangan salah, menjadi web developer adalah pilihan tepat bagi kamu. Selain banyak yang butuh jasa pembuatan web, duitnya pun bisa bikin kantong tebal.

Untuk pembuatan satu web saja misalnya, seseorang bisa mengeluarkan kocek mulai dari jutaan, puluhan hingga ratusan juta. Semakin portofolio kamu bagus, semakin banyak kerja web developer kamu direkomendasikan.

4. Desainer grafis

Desiner grafis mungkin jadi salah satu profesi yang sedang banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan saat ini. Kebutuhan tenaga desainer grafis ini tentu diperlukan untuk mendukung kerja perusahaan dalam membuat konten-konten visual.

Tak jarang para perusahaan ini melirik desainer grafis lepas. Untuk bujet jangan khawatir, perusahaan biasanya tidak takut untuk keluar banyak uang untuk para desainer.

Beberapa contoh yang bisa dikerjakan desainer grafis freelance mulai dari pembuatan logo, desain presentasi hingga infografis.

Beberapa perusahaan yang membutuhkan desainer grafis antara lain advertising agency, media massa, percetakan, penerbit hingga branding agency.

Tapi perlu dicatat, menjadi desainer grafis atau profesi kerja freelance lainnya butuh jejaring. Dengan jaringan yang luas, maka kamu akan mudah mendapat projek dari para klien kamu.

Jika kamu kesulitan mendapat klien, kamu wajib mencoba cek peluang kerja freelance sesuai profesi kamu di beberapa situs yang khusus menawarkan jada bagi para freelancer.

Situs-situs tersebut di antaranya adalah Fastwork, Sribulancer, Freelancer, Studentjob, iWriter, Ruangguru dan banyak lagi. So, apakah kamu sudah tertarik menjadi freelancer?

Memang untuk menjadi freelancer tidaklah semudah seperti yang dibayangkan, mental kamu sudah harus lebih kuat dulu.

Itu mengapa menjadi seorang freelancer tidak ubahnya seperti memulai bisnis, kamu diwajibkan untuk dapat bertahan dengan keahlian kamu.

Artikel ini telah tayang di kumparan.com dengan judul “Ini Pekerjaan Freelancer Yang Menjanjikan!”

Artikel asli

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *