4 Pekerjaan Menarik dari Industri Game

pekerjaan menarik industri game

Kendati dunia gaming kerap diremehkan, tapi sekarang industri game menjadi sebuah wadah yang cukup menjanjikan untuk berkarir. Pernahkah Anda berpikir kerja sampingan di dunia gaming? Dikutip dari Career 5CA, peluang menjadi game developer meningkat hingga 11% untuk setahun kedepan.

Seiring makin berkembangnya teknologi gaming, semakin banyak jenis game yang ditawarkan ke konsumen. Dengan nilai yang sangat tinggi, industri gaming jadi sebuah lahan basah yang menjanjikan.

Nah, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa jenis pekerjaan yang cukup menjanjikan di dunia industri game.

3D Artist

Pernahkan anda menemukan sebuah game dengan visual karakter dan latar background yang memanjakan mata dengan keindahan persis seperti dengan dunia nyata? Pencapaian ini adalah berkat kerja keras dari seorang 3D artist.

Seperti namanya, seorang 3D artist bertanggung jawab untuk mendesain visual dalam game. Kualitas dari animasi yang dihasilkan dalam game tersebut bergantung pada kemampuan sang 3D artist dalam memanipulasi visual supaya hasilnya tampak nyata.

Game Programmer

Programmer dalam industri game memiliki konsep yang sama dengan programmer di bidang industri teknologi manapun. Dalam keseharian, seorang programmer harus berhadapan dengan rentetan kode bahasa komputer.

Biasanya, alur kerja seorang programmer baru berjalan setelah konsep dan skenario sudah didapat dari game designer, visual sudah dibuat oleh tim desainer grafis, dan materi audio juga sudah selesai dibuat. Baru setelah itu programmer mulai bekerja menggabungkan itu semua.

Umumnya tim programmer game terdiri dari banyak orang dengan pembagian kerja yang luas; meliputi perancang artificial intelligence (AI), program gameplay, hingga game engine.

Desainer Aplikasi

Seorang desainer aplikasi atau desainer game merupakan seorang yang menanamkan pondasi dalam game yang akan dibuat. Seorang desainer aplikasi bertanggung jawab dalam meletakkan pondasi tampilan aplikasi ketika sebuah game akan dimainkan dalam lingkungan mobile.

Sederhananya, seorang desainer aplikasi bertanggung jawab atas tampilan game ketika dialihkan ke versi mobile. Itulah mengapa biasanya seorang desainer aplikasi kerap berkonsultasi dan berdiskusi dengan tim lain, termasuk programmer dan desainer, mengenai eksekusi terbaik terhadap tujuan yang ingin dicapai.

Secara garis besar, seorang desainer aplikasi hadir dengan peran terbesar terhadap output dari sebuah game.

Desainer Grafis

Berbeda dengan desainer aplikasi, seorang desainer grafis secara langsung bertanggung jawab terhadap tampilan visual dari game tersebut, mulai dari tampilan menu, desain level, hingga storyboard.

Kemampuan tinggi di bidang software design, sense keindahan yang tinggi, dan pengalaman panjang di bidang desain tentunya wajib dimiliki oleh seorang desainer grafis game.

Valuasi industri game tahun lalu mencapai $139,4 miliar di seluruh negara, yang berarti peningkatan sebesar 10,9% dibanding tahun lalu. Kalau dilihat dari nilainya, sah-sah saja bila kita menyebut industri gaming sebagai ladang basah dimana setiap orang punya kesempatan untuk berkarir disana.

Entah itu menjadi desainer game atau menjadi programmer, itulah 4 pekerjaan yang cukup menarik di industri game masa kini. Patahkan anggapan bahwa bermain game hanya buang-buang waktu, jadilah seorang yang produktif di dunia gaming.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *