Inilah Freelancer Fastwork yang Telah Menjadi Konsultan Brand Terkenal

Yuk berbagi pengalaman dengan Freelancer Fastwork yang telah menjadi konsultan dari berbagai brand terkenal!

Hi Freebuddies, Kali ini Fastwork melakukan wawancara dengan Mr. Santi Apakah, konsultan pemasaran brand yang telah sukses dan mendapat banyak pengetahuan mengenai bidang ini dengan menjadi Freelancer di Fastwork.

Santi memberikan pelanggannya teknik-teknik pemasaran yang sangat menarik. Nah Freebuddies wajib baca nih! Jangan lupa diterapkan juga ya.

special40

Apa pekerjaan Anda saat ini?

Saat ini saya membantu mengelola usaha di rumah. Saya juga freelance consultant untuk banyak sekali brand-brand serta perusahaan kecil di provinsi lain. Lalu saya juga menjadi dosen di beberapa institusi.

Sudah berapa lama Anda bekerja sebagai freelancer?

Sekitar satu tahun. Awalnya saya hanya bekerja di rumah yang tidak berhubungan dengan marketing. Malah saya merasa saya tidak akan bekerja di bagian itu lagi.

Sampai seorang teman saya merekomendasikan jasa saya ke banyak orang, lalu saya mencoba mendaftar sebagai freelancer di Fastwork. Dan sekarang saya sudah memiliki 3 orang untuk membantu saya untuk pekerjaan ini karena banyaknya permintaan dan saya ingin dapat melayani setiap konsumen yang ada.

Apa pekerjaan Anda sebelum menjadi freelancer?

Saya mengelola pemasaran brand sebuah perusahaan kosmetik. Sampai akhirnya saya keluar dan mengelola bisnis di rumah lalu menjadi freelancer di Fastwork.

Saya masih memiliki passion di bidang marketing lalu mencoba di Fastwork dan ternyata berhasil!

Apa kelebihan yang Anda miliki agar pembeli tertarik dan menggunakan jasa Anda?

Sebenarnya, saya pikir saya belum sebagus yang lain tapi saya selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas saya. Pertama, bayangkan diri Anda sebagai pembeli.

Kira-kira apa yang ingin tahu, pertanyaan apa yang Anda ajukan, nah dari situ saya membuat profil saya selengkap mungkin agar pembeli tidak memiliki keraguan setelah melihat profil saya. 

Baca juga:  Optimalkan Pengalaman Konsumen dengan Kemasan Menarik

kan diri Anda sebagai pembeli. Kira-kira apa yang ingin tahu, pertanyaan apa yang Anda ajukan, nah dari situ saya membuat profil saya selengkap mungkin agar pembeli tidak memiliki keraguan setelah melihat profil saya. 

Kedua, mungkin tidak semua pembeli paham dengan produk pekerjaan yang dituliskan. Mereka datang, namun tidak paham dengan prosedur, paket atau hal lainnya.

Nah saya menambahkan pelayanan baru yaitu team kami akan menjelaskan secara detail ke pelanggan sehingga dia paham dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan jasa team saya.

Hal penting lainnya adalah jelaskan pekerjaan selengkap dan menjadi semudah mungkin. Beberapa pembeli mungkin langsung paham dan membayar.

Tapi banyak juga yang tidak mengerti sehingga terus-terusan bertanya. Yang saya lakukan adalah melatih team saya untuk berkomunikasi dengan pelanggan sehingga kedua belah pihak lebih mudah untuk saling mengerti.

Tips: Posisikan diri Anda sebagai pelanggan. Apa yang ingin Anda ketahui? Apa yang ingin Anda tanyakan? Buat FAQ dan tuliskan penjelasan yang mendetail di produk pekerjaan. Selalu tingkatkan pelayanan. 

Sekarang kita memiliki kesempatan yang besar. Banyak perusahaan besar yang membutuhkan jasa kita. Yang harus kita lakukan adalah memberikan pelayanan terbaik dan menghadirkan hal-hal baik dan baru untuk komunitas ini, meskipun saat mendapat pekerjaan kita tidak selalu saling bertatap muka. 

Tips untuk menghadapi pelanggan:

  • Coba untuk mengerti pelanggan lebih baik lagi sehingga setiap pekerjaan berjalan lebih lancar. 
  • Selalu mencoba lebih baik di setiap pekerjaan. 
  • Penjelasan menggunakan bullet points atau gambar akan membuat pelanggan lebih mudah mengerti.
  • Selalu beri pelayanan terbaik untuk pelanggan. Jika ia puas, maka ia pasti akan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top